Apa yang Disiapkan KPU dan Kubu Jokowi Hadapi Gugatan Prabowo di MK?

Rabu, 29 Mei 2019 06:15 Reporter : Syifa Hanifah
Apa yang Disiapkan KPU dan Kubu Jokowi Hadapi Gugatan Prabowo di MK? Vertikal Jokowi-Prabowo. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Tim Hukum Prabowo Subianto - Sandiaga Uno sudah mengajukan sengketa kecurangan Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi pada Jumat (24/5) pekan lalu. Sebagai pihak terkait yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Jokowi - Ma'ruf Amin telah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi Prabowo-Sandi di MK.

Persiapan mulai dari menyiapkan kuasa hukum sampai menyiapkan bukti-bukti terkait pemilu. Ini persiapkan KPU dan kubu Jokowi untuk menghadapi gugatan Prabowo Subianto di MK:

1 dari 4 halaman

KPU Siapkan 20 Pengacara

Menghadapi gugatan sengketa Pilres 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyiapkan 20 kuasa hukum untuk menghadapi Prabowo-Sandi di MK.

"Dari tim kuasa hukum kami ada 20 orang," ujar ketua tim hukum sengketa permohonan hasil pemilihan umum, Ali Nurdi, dilansir dari Antara.

2 dari 4 halaman

Siapkan Bukti-Bukti

Ketua KPU Arief Budiman akan menyiapkan dokumen-dokumen, bukti dan data Pemilu untuk menghadapi gugatan sengketa Pemilu di MK. Bukti-bukti akan disiapkan oleh KPU di berbagai daerah.

"KPU sudah menyimpan seluruh dokumen yang digunakan sebagai bahan sampai rekap nasional. Jadi sudah kita siapkan, mulai form C, DA, form DB, form DC, sampai nanti form DD," kata Arief.

3 dari 4 halaman

TKN Jokowi Siapkan Dokumen Kepemiluan

Serupa dengan KPU, Tim Kampanye Nasional (TKN) dan tim kuasa hukum Jokowi-Ma'ruf Amin akan menyiapkan bukti-bukti seperti formulir C1.

"Kami menyiapkan, kami mengompilasi semua dokumen-dokumen kepemiluan tentu yang terkait dengan pilpres," kata Wakil Ketua TKN Arsul Sani di Gedung MK, Jakarta Senin (27/5).

Arsul Sani memastikan dokumen yang disiapkan TKN adalah dokumen kepemiluan, bukan dokumen asal-asalan seperti bukti SMS atau WhatsApp. "Apa dokumen kepemiluan itu? Kalau dari TPS kita mulai misalnya dengan dokumen C1 kemudian ada DA, ada DB, DC, nah itu kami kompilasi semua. Tentu selama proses ini kan mengikuti juga daerah-daerah mana yang selama ini dianggap ada persoalan atau dipersoalkan. Nah itu kami fokus juga," kata Arsul.

4 dari 4 halaman

Didampingi Advokat Ternama

Kubu Jokowi juga menyiapkan deretan pengacara ternama untuk menghadapi sengketa Pilpres 2019 di MK. Tim hukum Jokowi dikomandoi oleh Yusril Ihza Mahendra. Yusril mengatakan ada puluhan pengacara.

"Beberapa hari lalu sudah menyiapkan para pengacara yang tergabung tim advokasi pembelaan TKN. Insyaallah, jika pasangan calon 02 dalam waktu tiga hari mendaftarkan permohonan, maka kami mengajukan surat permohonan ke MK, sebagai pihak terkait nantinya. Kami berharap perkara berjalan fair dan adil," kata Yusril Ihza Mahendra.

Tim Hukum Jokowi terdiri dari Mantan Ketua KPU Juri Ardiantoro, Ade Irfan Pulungan, Luhut Pangaribuan, Teguh Samudera, Taufik Basari, Dini Purwono, Juri Ardiantoro, Nelson Simanjuntak. [has]

Baca juga:
KPU Optimis Bisa Menangkan Gugatan Sengketa Pemilu di MK
Kubu Jokowi Terkaget-kaget Baca Dalil Gugatan Prabowo-Sandi di MK
Ajukan Jadi Pihak Terkait di MK, TKN Jokowi Siapkan Dokumen Kepemiluan
Kubu 02 Minta MK Tetapkan Prabowo Jadi Presiden, Yusril Tertawa
Golkar Ancam Pecat Dorel Almir Jika Masih Jadi Pengacara Prabowo di MK
Fadli Zon Sebut Link Berita di Gugatan MK Bukan Bukti, Tetapi Indikator

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini