Tanggapan KPK soal 9 Nama Pati Polri Daftar Jadi Calon Pimpinan

Kamis, 20 Juni 2019 16:14 Reporter : Merdeka
Tanggapan KPK soal 9 Nama Pati Polri Daftar Jadi Calon Pimpinan Juru bicara KPK Febridiansyah. ©2019 Merdeka.com/Nur Habibie

Merdeka.com - Muncul nama sembilan perwira tinggi (Pati) Polri mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tercatat ada empat pati berpangkat inspektur jenderal dan lima brigadir jenderal.

"Kalau pun ada surat, itu bukan disampaikan ke KPK, tapi ke panitia seleksi. Jadi KPK secara kelembagaan tidak tepat untuk menanggapi secara spesifik terhadap sembilan nama itu atau nama per nama," tutur Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (20/6).

Meski begitu, KPK mengajak dan meminta seluruh instansi penegakan hukum, baik kepolisian atau pun kejaksaan agar dapat membantu menjaga marwah lembaga antirasuah tersebut. Termasuk juga ke masyarakat luas termasuk panitia seleksi itu sendiri.

"Jangan sampai proses seleksi ini menjadi celah atau ruang bagi pihak-pihak yang selama ini ingin menyerang atau melemahkan KPK, itu mendapatkan ruang dalam proses seleksi ini. Karena itulah KPK berharap hasil dari proses seleksi ini nanti dapat memperkuat KPK, bukan justru melemahkan KPK dari dalam," jelasnya.

"Karena itu sangat berbahaya kalau pimpinan KPK itu nantinya orang-orang yang tidak punya komitmen pemberantasan korupsi, integritas tidak di-review secara baik. Karena itulah mari kita bantu panitia seleksi untuk memberikan informasi sebanyak mungkin soal rekam jejak capim KPK," lanjut Febri.

Terlebih, KPK pernah mendapatkan hasil kajian bahwa dari banyaknya upaya pelemahan, salah satunya adalah lewat seleksi pimpinan.

"Titik rawan ini harus kita jaga bersama. Maka kita mengajak banyak pihak, masyarakat, jurnalis, di kampus, dan panitia seleksi untuk sama-sama menjaga hal tersebut tidak terjadi. Ini respons kami terkait proses seleksi secara keseluruhan, bukan respons terhadap nama-nama tertentu," Febri menandaskan.

Sembilan perwira tinggi atau jenderal polisi dikabarkan masuk dalam bursa calon pimpinan KPK. Beberapa nama di antaranya menduduki jabatan penting di kepolisian.

Berdasarkan Surat Kapolri bernomor B/722/VI/KEP/2019/SSDM tertanggal 19 Juni 2019, para jenderal tersebut adalah Wakabreskrim Irjen Antam Novambar, Irjen Dharma Pongrekun yang saat ini bertugas di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Irjen Coki Manurung yang merupakan Widyaiswara Lemdiklat, Analis Kebijakan Utama bidang Polair Baharkam Irjen Abdul Gofur.

Ada juga Brigjen Muhammad Iswandi Hari yang bertugas di Kemenakertrans, dosen Sespim Polri Brigjen Bambang Sri Herwanto, Brigjen Agung Makbul di Divisi Hukum Polri, Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Brigjen Juansih, serta Wakapolda Kalbar Brigjen Sri Handayani.

Reporter: Nanda Perdana Putra

Sumber: Liputan6.com [did]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini