Tak Lagi di Kabinet, Para Mantan Menteri Jokowi Ini Dikabarkan Bakal Jadi Bos BUMN

Rabu, 27 November 2019 06:40 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Tak Lagi di Kabinet, Para Mantan Menteri Jokowi Ini Dikabarkan Bakal Jadi Bos BUMN Erick Thohir di Kementerian BUMN. ©2019 Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Menteri BUMN Erick Thohir mulai melakukan perombakan pejabat BUMN. Pada 22 November 2011, Erick Thohir menunjuk mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjadi Komisaris Utama Pertamina. Tak hanya Ahok, beredar kabar para mantan menteri dan wakil menteri Jokowi juga akan menempati posisi penting di BUMN.

"Ada mantan menteri, ada wamen, pokoknya ada lagi yang lain, kita akan cari yang cocok untuk kita, ya. Nanti kami akan evaluasi seluruh direksi dan komisaris," kata Staf Khusus Bidang Komunikasi Menteri BUMN Arya Sinulingga, Senin (25/11).

Lalu, siapakah mantan menteri yang dimaksud? Berikut ulasannya:

1 dari 3 halaman

Ignasius Jonan

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan dikabarkan akan masuk dalam jajaran pejabat BUMN. Kabarnya, Ignasius Jonan akan menempati posisi sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia. Meski begitu, belum ada keputusan resmi soal kabar tersebut.

Diketahui, sebelum menjabat sebagai menteri di era Jokowi-Jusuf Kalla, Ignasius Jonan pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI pada 2009-2014. Jonan menceritakan, kala itu banyak pihak justru meragukan dirinya untuk menangani persoalan yang ada di sektor kereta api.

"Waktu saya ditugaskan di kereta api, semua teman-teman saya bilang 'ini amat sulit dibenahi, karena 80 persen pegawai tetapnya aparatur negara, ada yang sipil dan non'. Saya bilang, sudah kita coba saja," kata Jonan saat menjadi pembicara dalam Rapat Koordinasi Nasional Badan Layanan Umum, di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Kemudian, Jonan ditunjuk sebagai Menteri Perhubungan periode 2014-2016. Kemudian, Jonan lengser dan jabatannya berganti menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral periode 2016-2019.

2 dari 3 halaman

Susi Pudjiastuti

Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti juga dikabarkan akan masuk dalam jajaran pejabat BUMN. Kabarnya, Susi akan masuk ke Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo). Namun belum ada tanggapan kebenaran kabar tersebut.

Susi Pudjiastuti, salah satu perempuan paling nyentrik di era Jokowi-Jusuf Kalla, pernah menjabat sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan. Ada beragam kebijakan yang menuai pro dan kontra, seperti melarang nelayan menggunakan cantrang untuk menangkap ikan hingga penenggelaman kapal asing yang mencoba masuk ke wilayah laut Indonesia.

Susi juga diketahui memiliki perusahaan penerbangan bernama PT ASI Pudjiastuti Aviation atau biasa dikenal Susi Air di Jawa Barat.

3 dari 3 halaman

Rudiantara

Berbeda dengan Jonan dan Susi, mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sudah dipastikan menjabat sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Rudiantara hanya tinggal menunggu pelantikan saja.

"Mudah-mudahan segera dilantik, yang jelas saya sudah tanda tangan," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung dikutip dari Antara, Senin (25/11).

Pramono menyampaikan hal tersebut saat ditanya wartawan mengenai hasil Tim Penilai Akhir (TPA) untuk Rudiantara. "Mudah-mudahan segera dilantik, ini banyak perubahan lah di BUMN," tambah Pramono.

Rudiantara adalah Menkominfo periode 2014-2019. Sebelum menjadi Menkominfo, Rudiantara pernah menjadi Wakil Dirut PT PLN pada 2008-2009 lalu.

Selama di PLN, dia terlibat dalam pencarian pendanaan perusahaan terutama pinjaman untuk proyek pembangkit listrik 10 ribu megawatt. Setelahnya, dia mengundurkan diri.

"(TPA) sudah selesai. Bolanya di Menteri BUMN," tambah Pramono. [dan]

Baca juga:
Erick Thohir Evaluasi Besar-besaran Sejumlah Perusahaan BUMN
Setor Rp4,2 Triliun, Freeport jadi Perusahaan Tambang Penyumbang PNBP Terbesar
Direksi PLN Sambangi Kementerian BUMN, Ada Apa?
Perombakan Direksi dan Komisaris PLN Paling Lambat 29 November 2019
Istana Sebut Ahok Jadi Komisaris Utama untuk Benahi Pertamina

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini