Pihak SDN Karangtengah III Revisi Surat Edaran Siswa Wajib Berbusana Muslim

Selasa, 25 Juni 2019 16:41 Reporter : Purnomo Edi
Pihak SDN Karangtengah III Revisi Surat Edaran Siswa Wajib Berbusana Muslim Seragam Muslim Murid SD. ©2019 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Pihak SD Negeri Karangtengah III, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul akhirnya merevisi surat edaran yang dibuatnya pada (18/6) yang lalu. Dalam surat edaran untuk orangtua siswa itu, pihak sekolah mewajibkan kepada siswa untuk mengenakan seragam muslim.

Surat edaran tersebut sempat ramai diperbincangkan di media sosial. SD Negeri Karangtengah III pun akhirnya merevisi kata wajib berseragam muslim yang ada di surat tersebut. Revisi itu dilakukan usai berkoordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul.

"Sudah kami ubah. Itu hasil koordinasi dengan pihak Disdikpora (terkait revisi surat edaran) semalam," ujar Pujiastuti, Selasa (25/6).

Adapun perubahan tersebut adalah:

1. Tahun Pelajaran 2019/2020 peserta didik baru kelas I yang beragama Islam dianjurkan mengenakan seragam dengan pakaian muslim.

2. Sedangkan bagi siswa kelas II-VI yang beragama Islam belum dianjurkan, dan bagi yang akan menggantikan seragamnya, dianjurkan mengenakan seragam dengan pakaian muslim.

3. Jika akan mengenakan seragam pakaian muslim sebagaimana dimaksud nomor 1 dan 2, berikut ini kami sertakan contoh gambarnya.

Pujiastuti menerangkan jika pihak sekolah tak ada keinginan untuk memaksa siswa berseragam muslim. Pujiastuti pun menjamin jika ke depannya tak ada kewajiban seragam muslim bagi siswa SD Negeri Karangtengah III.

"Kami jamin kami tidak mewajibkan kami hanya menyarankan. Karena dianjurkan, kami tidak menekan. Ditaati boleh, tidak pun kami tidak memaksa," papar Pujiastuti. [ded]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini