Malam Ini, Xanana Gusmao akan Kunjungi Rumah Habibie

Sabtu, 14 September 2019 19:58 Reporter : Merdeka
Malam Ini, Xanana Gusmao akan Kunjungi Rumah Habibie Xanana Gusmao dan BJ Habibie. Facebook/Alberto XP Carlos

Merdeka.com - Presiden Pertama Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmao atau Xanana Gusmao dijadwalkan akan bertakziah ke rumah mendiang BJ Habibie. Rencananya akan datang ditemani Dubes Timor Leste.

Sekretaris Pribadi Habibie, Rubijanto mengatakan, Xanana akan diterima oleh anak almarhum, Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie.

"Waktunya berkenan menerima Xanana Gusmao dan Bapak Dubes Timor Leste pada jam 20.30 WIB tiba di kediaman Patra Kuningan XIII Nomor 5 Jaksel," katanya di Kediaman Habibie, Sabtu (14/9).

Rubijanto menceritakan, peristiwa tersebut terjadi pada Agustus 2019. Saat itu Xanana tengah mengunjungi Habibie di rumah sakit. Awalnya, Xanana mengundang Habibie untuk menghadiri peringatan 20 tahun referendum Timor Leste pada 30 Agustus 2019. Namun, Habibie tak bisa hadir karena sakit.

"Xanana sendiri yang hadir ke Jakarta," ujarnya.

Saat itu, dia menjelaskan, keduanya membahas tentang batalnya rencana Habibie untuk datang ke Timor Leste.

"Di mana di Timor Leste sudah disiapkan untuk acara-acara yang cukup berterima kasih dari Timor Leste karena beliau, bisa merdeka," ucap Rubijanto.

Habibie dan Xanana, kata Rubi, memiliki hubungan yang sangat dekat. Di mana ketika BJ Habibie menjadi presiden dia memerintahkan agar semua tahanan politik dibebaskan. Xanana satu di antaranya.

"Dengan demikian Xanana sangat terima kasih karena beliau tidak tahu menahu, tapi dikeluarkan oleh Pak Habibie. Dengan demikian kita bayangkan betapa terharunya dengan kebijakan dan keputusan Pak Habibie," kata Rubijanto.

Kedekatan itu, kata Rubijanto, masih terjalin hingga akhir hayat Habibie.

Reporter: Yopi Makdori
Sumber: Liputan6.com [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini