Mahasiswa Diduga Otak Prostitusi Online Publik Figur PA Tertangkap

Rabu, 30 Oktober 2019 09:57 Reporter : Erwin Yohanes
Mahasiswa Diduga Otak Prostitusi Online Publik Figur PA Tertangkap Muncikari Prostitusi Publik Figur PA. ©2019 Merdeka.com/Erwin Yohanes

Merdeka.com - Soni Dewangga, mahasiswa yang ditetapkan sebagai buron oleh Polda Jatim terkait prostitusi online yang menjerat seorang publik figur berinisial PA akhirnya tertangkap. Pria yang dianggap polisi sebagai muncikari ini disebut memiliki jaringan anak buah yang cukup banyak.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, polisi telah menangkap Soni di sebuah tempat. Saat ini, Soni sudah dalam perjalanan menuju Mapolda Jatim.

"Saya sudah dapat laporan dari penyidik dari Dirkrimum bahwa betul ada penangkapan terkait dengan prostitusi dan kami waktu itu perintahkan coba dikembangkan dan sampai sejauh mana. Saya dapat laporan tadi pagi inisial S sudah ketangkap. Ditangkap di Jakarta," tegasnya, Rabu (30/10).

Dia menambahkan, untuk membongkar jaringan ini, pihaknya melakukan pemeriksaan secara digital forensik. "Kami perintahkan lagi untuk membongkar digital forensiknya karena kita dapat laporan baru sepintas bahwa orang-orang yang dulu ada di kelompok yang pernah kami ungkap sebelumnya, ternyata orang-orang itu sudah sebagian hijrah ke kelompok ini," tegasnya.

Luki mengaku, selain mendalami jaringan muncikari ini, pihaknya juga mendalami nama-nama yang sama yang pernah muncul dalam kelompok sebelumnya.

"Ada beberapa nama yang sama dengan tarif-tarifnya. Kami sudah ada semuanya dan kami kembangkan untuk proses kepada ITEnya, ada atau tidak komunikasi konten pornografi yang dikirim, ditransfer kepada klien, muncikarinya. Ini masih kami kembangkan," katanya.

Sementara itu, tidak berapa lama, petugas Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim, tampak datang membawa seorang pemuda dengan menggunakan mobil fortuner warna putih. Pemuda yang diyakini adalah Soni tersebut, tak mengucapkan sepatah kata pun saat digelandang menuju ruangan Jatanras.

Dia hanya berusaha menutupi wajahnya dengan menggunakan tudung yang dipakainya. Mahasiswa bernama Soni Dewangga ini, diduga merupakan otak sekaligus muncikari diatas tersangka muncikari JL. Penetapan Soni Dewangga sebagai buron ini disampaikan oleh Dirreskrimum Polda Jatim Kombes Pol Gideon Arif Setyawan.

Ia menyatakan, tersangka Soni ini merupakan satu jaringan dengan tersangka muncikari JL yang telah ditahan. Dikonfirmasi apakah Soni merupakan otak dari kasus prostitusi ini, secara diplomatis Gideon mengatakan, secara hierarki, tersangka Soni merupakan 'atasan' dari tersangka JL.

"Dia diatasnya (tersangka) JL. Perannya satu rangkaian, dalam konteks jaringan prostitusi, bisa dikatakan muncikari karena dia telah mensuplai atau memberikan data, yang menerima keuntungan memudahkan terjadinya prostitusi," katanya, Selasa (29/10).

Sebelumnya, polisi menggerebek sebuah kamar hotel di Kota Batu, Malang, Jawa Timur pada Jumat (25/10) malam. Dalam penggerebekan itu, polisi mendapat sepasang lelaki dan perempuan usai melakukan persetubuhan.

Si perempuan diketahui merupakan seorang publik figur berinisial PA. Sedangkan lelaki hidung belang diketahui berinisial JW. Selain kedua orang itu, polisi juga menangkap seorang pria berinisial JL yang diduga sebagai muncikari dari PA. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini