Kemenkes Tunjuk UNS Jadi Percontohan Kampus Sehat

Kamis, 17 Oktober 2019 00:02 Reporter : Arie Sunaryo
Kemenkes Tunjuk UNS Jadi Percontohan Kampus Sehat Kemenkes Tunjuk UNS Jadi Percontohan Kampus Sehat. ©2019 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menunjuk Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, sebagai percontohan kampus sehat di Indonesia. Penunjukkan tersebut diwujudkan dengan penandatangan nota kesepahaman bersama (MoU) dan perjanjian kerja sama (PKS) kedua lembaga di ruang Rektorat UNS, Rabu (16/10).

"Ada 6 PT di Indonesia yang menjadi percontohan kampus sehat, salah satunya UNS ini," kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Anung Sugihantono sesuai penandatanganan.

Menurut dia, setidaknya ada 4 pilar yang harus dimiliki oleh kampus sehat. Yakni, adanya kebijakan yang dibuat dalam mengupayakan hidup sehat. Kemudian terdapat pelayanan yang komprehensif di dalam kampus terutama untuk upaya pencegahan dan pengendalian penyakit, diantaranya penyuluhan, screening dan lainnya.

"Selanjutnya yang ketiga adalah penyiapan sarana dan prasarana untuk perubahan perilaku yang lebih sehat. Bagaimana dengan pengaturan parkir, bagaimana pengaturan berjualan di kampus, penyediaan makanan di kampus yang menjadi aktifitas yang menyehatkan," katanya.

Sedangkan pilar keempat adalah Tri Dharma Perguruan Tinggi. Menurutnya, selain pendidikan perilaku hidup sehat dan pengabdian masyarakat, kampus juga diharapkan mempunyai peran dan tanggung jawab untuk memberikan pendidikan hidup sehat terhadap mahasiswa. Untuk itu, pihaknya mendorong pembelajaran positif dari kampus menjadi khasanah keilmuan.

"Sehingga pada waktu membuka prodi baru, harus ada pengabdian kepada masyarakat yang benar-benar berbasis pada lingkungan," tandasnya.

Anung menambahkan, Indonesia saat ini menghadapi transisi epidemiologi yang mengakibatkan beban ganda penyakit. Ada pergeseran pola penyakit, di mana penyakit tidak menular meningkat secara signifikan dan bahkan berubah menjadi penyebab utama kematian di Indonesia.

Ia menegaskan, perguruan tinggi saat ini harus bisa menjadi wadah pendidik generasi muda. Tak hanya itu, namun juga menjadi tempat berkumpulnya kelompok usia produktif membantu agent of change bagi sektor kesehatan.

Sementara itu, Rektor UNS, Jamal Wiwoho berharap kedepan kampus UNS bisa menjadi barometer untuk kesehatan. Untuk mewujudkannya, UNS akan menyediakan tempat merokok khusus dan warung sehat.

Selain UNS, perguruan tinggi lainnya yang menjadi percontohan adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Andalas, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Diponegoro dan Universitas Airlangga Surabaya. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini