Kapal Bawa 1.700 Ton Semen Tenggelam Usai Ditabrak di Lembata

Rabu, 11 Desember 2019 01:31 Reporter : Ananias Petrus
Kapal Bawa 1.700 Ton Semen Tenggelam Usai Ditabrak di Lembata Ilustrasi Kapal Tenggelam. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Kecelakaan laut kembali terjadi di perairan Nusa Tenggara Timur, Selasa (10/12). Kali ini salah satu kapal tol laut yakni Shinpo 16, ditabrak kapal Maju 08 di depan pelabuhan Lewoleba, Lembata. Akibatnya, kapal Shinpo 16 mengangkut beban berat langsung tenggelam.

Informasi yang dihimpun merdeka.com, sekitar pukul 18.15 Wita, kapal Shinpo 16 sedang melakukan pembengkakan barang, kapal tersebut disenggol kapal Maju 08 yang hendak bersandar di Pelabuhan Lewoleba.

Kapal tersebut bermuatan semen yang diangkut dari Surabaya, Jawa Timur dan bersandar untuk melakukan pembongkaran barang di Pelabuhan Lewoleba.

1 dari 1 halaman

Kapal Shinpo 16 membawa muatan sebanyak 42.500 sak semen atau 1.700 ton. Muatan yang telah dibongkar sebanyak 3.325 sak, sementara sisa muatan yang masih ada di kapal berjumlah 39.175 sak, atau 1.567 ton sedangkan muatan lain berupa BBM untuk kapal berjumlah sekitar 15 ribu liter.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perhubungan Kabupaten Lembata, Paskalis Tapobali, membenarkan tenggelamnya kapal tersebut.

"Kapal KM Maju 08 itu diduga bermasalah pada pengertian, sehingga kecepatan tidak bisa terkendali saat hendak bersandar," ujarnya.

Menurut Paskalis, pada bagian kapal terdapat tulisan Tol Laut Perintis, namun informasi yang diperoleh menyebutkan bahwa kapal tersebut kini sudah difungsikan sebagai kapal kargo, walaupun awalnya merupakan kapal tol laut. [rnd]

Baca juga:
Korban LCT Terbalik di Kutai Kartanegara Bertambah Jadi Dua Orang
Kapal LCT Mutiara 77 Terbalik, 1 Karyawan Tambang Tewas
Polisi Selidiki Dugaan Pidana Terbaliknya LCT di Perairan Kutai Kartanegara
Kapal Terbalik Diterjang Ombak, Ayah dan Anak di Gunungkidul Dinyatakan Hilang
Dua Nelayan Korban Kapal Terbalik di Pantai Watu Lumbung Ditemukan Tewas
Kapal Elisa Putri Terhempas di Pantai Sancang, Satu Nelayan Hilang

Topik berita Terkait:
  1. Kapal Tenggelam
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini