Jokowi Tunjuk Setiawan Wangsaatmaja Jadi Sekda Jabar

Jumat, 14 Februari 2020 02:05 Reporter : Aksara Bebey
Jokowi Tunjuk Setiawan Wangsaatmaja Jadi Sekda Jabar Jokowi bertolak ke Australia. ©2020 Setpres RI

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) segera melantik Setiawan Wangsaatmaja sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) definitif. Dia dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggantikan Iwa Karniwa yang saat ini menjalani persidangan atas kasus dugaan suap proyek Meikarta.

Sejak Iwa berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), posisi sekda selama kurang lebih delapan bulan diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Daud Ahmad. Setiawan Wangsaatmaja dijadwalkan dilantik sebagai Sekda definitif pada Jumat (14/2) di Gedung Sate.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjelaskan penunjukan Sekda itu ditetapkan oleh Jokowi lewat Keputusan Presiden Nomor 31/TPA tahun 2020 tanggal 30 Januari 2020, tentang pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Surat Keputusan Presiden tentang pengangkatan sekda terpilih, diterima oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat pada 11 Februari 2020, sesuai surat pengantar dari Menteri Dalam Negeri tertanggal 10 Februari 2020.

"Surat Keputusan Presidennya sudah ada, dan dalam surat keputusan tersebut, Saya selaku Gubernur Jawa Barat diminta melaksanakan pelantikan kepada Sekda terpilih dalam waktu secepatnya," kata dia melalui siaran pers yang diterima.

Ia berharap Sekda yang baru bisa beradaptasi dan mengenal Jawa Barat serta mampu membangun sinergitas di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.

Sekda Jabar terpilih, sebelumnya sempat berkarir di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Terakhir, ia menjabat Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD), sebelum kemudian pada April 2013 diangkat sebagai Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi.

Setiawan terpilih setelah melalui proses open bidding. Dua kandidat sekda hasil open bidding yang juga diajukan kepada Presiden adalah Dedi Taufik (Kepala Disparbud Provinsi Jawa Barat) dan Yerri Yanuar (Kepala BKD Provinsi Jawa Barat). [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini