Jokowi Minta Gubernur dan Wali Kota Terus Ingatkan Masyarakat Disiplin Prokes

Minggu, 2 Mei 2021 21:59 Reporter : Rifa Yusya Adilah
Jokowi Minta Gubernur dan Wali Kota Terus Ingatkan Masyarakat Disiplin Prokes Jokowi dan Kanselir Angela Merkel Lakukan Pertemuan Bilateral, Bahas Kerja Sama Kesehatan - Perubaha. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo mengimbau para pemimpin daerah untuk mengajak warganya tetap disiplin terhadap protokol kesehatan Covid-19. Dia menegaskan bahwa masyarakat harus tetap waspada terhadap penularan virus yang telah menyebabkan 45 warga Indonesia meninggal dunia.

"Saya minta gubernur dan Wali Kota untuk terus ingatkan masyarakat dalam disiplin menjalankan protokol kesehatan," kata Presiden Joko Widodo disiarkan langsung di youtube Sekretariat Presiden, Minggu malam (2/5).

Jokowi meminta masyarakat untuk tidak lengah, sekalipun tinggal di zona hijau. Untuk itu, dia menegaskan kepada kepala daerah untuk melarang warganya mudik ke kampung halaman.

"Saya minta gubernur dan Wali Kota untuk bersinergi dengan pemerintah pusat melarang mudik warganya pada lebaran tahun ini," pintanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengakui bahwa program vaksinasi dan PPKM pemerintah telah terbukti menurunkan jumlah kasus aktif dan tren kasus harian setiap harinya. Namun, menurutnya hal itu bukan menjadi alasan bagi masyarakat untuk lengah dan menjadi lalai dalam menerapkan protokol kesehatan. Karena kata dia, meskipun sudah divaksin, namun setiap orang harus tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan agar kasus aktif bisa tetap turun.

"Upaya menekan kasus aktif harus terus dilakukan dan sangat bergantung pada kedisiplinan kita semua dalam menjalankan protokol kesehatan," katanya.

"kita semua, baik yang sudah divaksin, maupun yang belum divaksin. Yang (tinggal) di zona merah, oranye, hijau harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan," lanjutnya.

Diketahui, selama dua hari ini video kerumunan di Pasar Tanah Abang viral di media sosial. Gubernur DKI Jakarta mengatakan bahwa jumlah pengunjung Pasar Tanah Abang siang tadi diperkirakan mencapai 100.000 orang. Terlihat dengan jelas dalam video-video tersebut, para pengunjung maupun pedagang tidak menerapkan jaga jarak. Dari video yang diunggah di twitter resmi Satpol PP DKI Jakarta, terlihat para Satpol PP terus mengimbau masyarakat untuk menjaga jarak namun tidak dihiraukan. [eko]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini