JK: Bantuan Awal, PMI Kirim Kebutuhan Dasar Korban Erupsi Gunung Semeru

Minggu, 5 Desember 2021 20:37 Reporter : Merdeka
JK: Bantuan Awal, PMI Kirim Kebutuhan Dasar Korban Erupsi Gunung Semeru Basarnas dan TNI Sisir Lokasi Terdampak Erupsi Semeru. ©2021 AFP/Juni Kriswanto

Merdeka.com - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla memerintahkan mengirim bantuan untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12). Bantuan yang dikirim yakni kebutuhan dasar dari Gudang darurat Nasional di Jakarta dan Gudang Regional Gresik.

"Kami sudah menyiapkan sejumlah langkah dalam respons erupsi Semeru ini, yang utama kita mengirimkan kebutuhan dasar dulu, sesuai hasil kaji cepat. Kemudian evakuasi, layanan kesehatan, dan juga pendampingan pengungsi," kata pria yang akrab disapa JK dalam keterangan pers diterima, Minggu (5/12).

Selain bantuan logistik, PMI juga mengerahkan relawan untuk melakukan kaji cepat (asesmen) kebutuhan serta evakuasi masyarakat sekitar. Mereka diterjunkan sejak Sabtu (4/12) dan sudah dibekali melalui rapat koordinasi dengan PMI Pusat dan PMI Provinsi Jawa Timur.

Pada tahap awal pengiriman bantuan, PMI mengirimkan paket kebersihan sebanyak 200 pcs, 50 helai terpaulin, 200 selimut, 100 matras, 50.000 masker bedah, 20.000 masker kain, 2.000 pelindung wajah (face Shield), 6 unit tenda, 7 unit truk tangki air, serta 350 pcs pakain baru.

"Dari (PMI) Jawa Timur dan Jakarta (Pusat) akan bantu, 2 unit kendaraan Haglund, family kit dan sebagainya, insya Allah permintaan itu akan dipenuhi, dana juga akan kami transfer sesuai kebutuhan ," imbuh JK.

JK juga meminta PMI Jawa Timur menyediakan masakan cepat saji berupa roti ataupun mi instan. Hal tersebut, sambungnya, untuk memenuhi kebutuhan makan pagi untuk pengungsi.

"Roti atau mie instan mendesak, siapkan untuk pengungsi. Sambil berjalan operasional dapur umum, " ucap JK.

Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi pada Sabtu (4/12) sore. Gunung seetinggi 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) tersebut juga mengeluarkan panas guguran dan hujan abu vulkanis cukup tebal. Sejumlah warga di dua Kecamatan di Lumajang, yakni Candipuro dan Kecamatan Pronojiwo.

Dilaporkan, Erupsi tidak hanya menyemburkan awan panas, tapi juga mengalirkan lava panas. Berdasarkan pengamatan Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung Semeru di Pos Gunung Sawur, Dusun Poncosumo, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, getaran banjir lahar atau guguran awan panas tercatat mulai pukul 14.47 WIB dengan amplitudo maksimal 20 milimeter.

Reporter: Muhammad Radityo
Sumber: Liputan6.com [noe]

Baca juga:
Pesan Kapolri pada Korban Erupsi Gunung Semeru: Jangan Sungkan Minta Bantuan Polisi
Gunung Semeru Berstatus Waspada, Ini Imbauan Penting untuk Warga
Mensos Risma Tinjau Distribusi Bantuan Korban Erupsi Gunung Semeru
PLN Target Listrik di Wilayah Terdampak Erupsi Gunung Semeru Pulih Besok
ESDM: Awan Panas Guguran Adalah Karakteristik Ancaman Khas Gunung Semeru
Tak Terdampak Erupsi Gunung Semeru, Kawasan Bromo Beroperasi Normal

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini