Ini Identitas Pemilik Porsche yang Gunakan Nama Orang Lain Buat Data Kepemilikan

Selasa, 25 Desember 2018 13:42 Reporter : Devi Veviani
Ini Identitas Pemilik Porsche yang Gunakan Nama Orang Lain Buat Data Kepemilikan Rumah Aliyah. ©2018 Merdeka.com/Devi Veviani

Merdeka.com - Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD), DKI Jakarta, tengah mengejar pemilik mobil mewah Porsche yang diduga menggunakan data orang lain sebagai data kepemilikan untuk menghindari pajak progresif. Pemilik asli kendaraan mewah itu menggunakan identitas Aliyah, warga di Jalan Karya Barat IV, RT 09 RW 03, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, untuk data kepemilikan Porsche miliknya.

Andito (52), suami Aliyah, mengaku mengenal pemilik Porsche yang menggunakan identitas istrinya itu. Menurutnya, pemilik asli mobil mewah itu bernama Rendy Wijaya, warga Provinsi Bangka Belitung. Dia juga mengakui meminjamkan identitas istrinya kepada Rendy.

"Iya saya kenal sama pemiliknya, Pak Rendy namanya. Tapi dia enggak tinggal di sini, di Bangka sama keluarganya. Saya kasih pinjam karena dia baik sama keluarga saya, jadi saya sudah percaya," kata Andito saat ditemui merdeka.com di kediamannya, Jakarta Barat, Selasa (25/12).

Andito merupakan petugas keamanan di perumahan yang menjadi tempat tinggal paman dari Rendy. Menurutnya, paman dari Rendy juga meminjam KTP nya untuk identitas kepemilikan mobil.

Dia menceritakan, saat itu Rendy ingin membeli mobil di Jakarta. Namun, tak memiliki KTP Jakarta. Andito lantas meminjamkan KTP Aliyah yang tak lain adalah istrinya. Menurutnya, mobil Porsche tersebut sudah dijual Rendy ke teman istrinya.

"Sebenernya Pak Rendy terakhir pinjam KTP saya itu sudah bilang kalau mobilnya mau dijual ke teman istrinya, abis itu mau balik nama. Terus juga ini kan masih liburan mungkin nanti abis tahun baru akan diurus pajaknya," katanya.

Hingga saat ini, dia mengaku belum dihubungi oleh keluarga Rendy, termasuk paman Rendy yang sedang di luar kota karena liburan.

Dia berharap agar persoalan ini cepat selesai. Dia juga berharap jika pemilik kendaraan tersebut sudah bukan Rendy lagi, agar nama istrinya segera diblokir dari data kepemilikan.

"Di luar keluarga dia si Rendy, kalau masih atas nama dia saya harus tanggung jawab, Kalau bukan ya blokir aja, jadi urusannya sama yang bersangkutan nanti pemilik mobil langsung," katanya.

Sebelummya, pihak Samsat Jakarta Barat sempat mendatangi keluarga Aliyah, Minggu (23/12) lantaran namanya tercantum atas kepemilikan Mobil Porsche yang kedapatan menunggak pajak sebesar Rp 28 juta. Diduga pemilik aslinya menggunakan KTP Aliyah untuk menghindari pajak progresif.

Reporter Magang: Devi Veviani [dan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini