Asma Kambuh, Pekerja Terpanggang saat Bakar Sampah di Lahan Perhutani Purwakarta

Kamis, 19 September 2019 04:35 Reporter : Bram Salam
Asma Kambuh, Pekerja Terpanggang saat Bakar Sampah di Lahan Perhutani Purwakarta Pria Buruh Tani Tewas Terpanggang. ©2019 Merdeka.com/Bram Salam

Merdeka.com - Nasib nahas menimpa Rastam, warga Maleber, Kecamatan Banyusari, Karawang, Jawa Barat. Pria 60 tahun ini ditemukan tewas di areal perkebunan milik perhutani di wilayah Bungursari, Purwakarta.

Korban ditemukan sudah terbujur kaku dengan luka bakar di sekujur tubuh pada Rabu (18/9) sore. Peristiwa yang menewaskan Rastam, terjadi saat dia tengah membersihkan areal perkebunan dengan cara dibakar. Namun api dari pembakaran dedaunan kemudian membesar hingga ikut membakar areal kebun.

"Kejadiannya ketika korban sedang membersihkan sampah dengan cara di bakar, berdasarkan pemeriksaan awal korban punya penyakit asma yang kambuh ketika menghirup asap pembakaran sampah ini," ujar Kapolsek Bungursari, AKP Agus.

Korban yang mengalami sesak napas tidak dapat berbuat banyak ketika api membesar dan melahap sedikitnya satu hektare lahan perkebunan. Tiupan angin yang kencang serta kondisi kebun yang mengering, membuat api semakin membesar. Bahkan korban tidak bisa menyelamatkan diri dari kepungan api.

"Jadi ketika api sudah besar korban terjebak di dalamnya, korban pun terbakar hingga meninggal dunia," jelas Agus.

Korban ditemukan oleh rekan sesama buruh di perkebunan tersebut, usai membersihkan lahan. Kemudian dilaporkan ke pihak perhutani selanjutnya ke polisi.

Untuk kebutuhan penyelidikan, jasad korban dievakuasi ke RSUD Bayu Asih Purwakarta untuk di visum, dan kasus ini sudah dalam penanganan tim Inafis dan Satreskrim Polres Purwakarta. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. Kecelakaan Kerja
  2. Purwakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini