300 Personel Polda Bali Dikirim ke Jakarta Bantu Amankan Ibu Kota

Kamis, 26 September 2019 21:03 Reporter : Moh. Kadafi
300 Personel Polda Bali Dikirim ke Jakarta Bantu Amankan Ibu Kota 300 Personel Polda Bali. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kepolisian Daerah Bali (Polda Bali) mengirimkan pasukan untuk melaksanakan tugas dalam rangka Bantuan Kendali Operasi (BKO) ke Polda Metro Jaya.

Pelepasan pasukan ini dilaksanakan dalam apel pelepasan yang berlangsung di halaman Base Ops Ngurah Rai, Bali, Rabu (25/9) malam kemarin. Apel tersebut, dipimpin langsung oleh Wakapolda Bali Brigjen I Wayan Sunartha.

Sunartha, dalam amanatnya menyampaikan kepada 300 anggota Sampta Polda Bali yang akan melaksanakan tugas negara tersebut untuk memahami apa tujuan sebenarnya dari tugas perbantuan pasukan tersebut.

"Jangan mengartikan berlebihan dan jangan membesar-besarkan berlebihan, karena ini diikuti oleh personel Polri dari seluruh Polda se-Indonesia untuk ikut menjaga dan membantu keamanan dan ketertiban di Ibu kota," kata Sunartha dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/9) sore.

"Jangan memberi cerita dan kesan berlebihan kepada masyarakat, bahwa tugas kita adalah menjaga keamanan dan ketertiban pada pengamanan aliansi BEM Mahasiswa Seluruh Indonesia dan Komite Nasional Pembaharuan Agraria," sambung Sunartha.

BKO pasukan dari Polda Bali ini, bertujuan untuk membantu menjaga keamanan dan ketertiban di ibukota dalam rangka pengamanan aliansi BEM Mahasiswa Seluruh Indonesia dan Komite Nasional Pembaharuan Agraria.

Namun Sunartha, berpesan kepada anggota Dalmas untuk tidak mengartikan dan membesarkan situasi secara berlebihan karena tugas ini merupakan upaya preventif Pimpinan Polri untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban ibukota negara.

Ia juga menyampaikan, saat ini Polri tidak mau mengambil resiko, untuk itu sesuai protap disiapkan pengamanan yang cukup sehingga Mabes Polri meminta bantuan personel dari seluruh Indonesia.

"Saya harapkan anda sekalian yang mendapat kepercayaan untuk melaksanakan tugas, jaga ketertiban jaga keamanan dan paling penting jaga nama baik Polda Bali. Jangan berbuat hal yang dapat memalukan nama pribadi, nama kesatuan dan nama Polri pada umumnya," katanya.

Tidak hanya itu, Sunartha menyampaikan lima poin pesan atau pedoman kepada anggota BKO yang akan melaksanakan tugas pengamanan tersebut.

Pertama, jaga kesehatan fisik dan sikap selama bertugas, Kedua, selalu lakukan aktivitas dengan prinsip pada buddy system lengkap dengan senjata untuk keamanan diri dan orang lain yang sesuai dengan SOP yang berlaku.

"Ketiga lakukan setiap penugasan dengan ikhlas dan penuh kebanggaan. ingat bahwa tugas yang kalian laksanakan ini merupakan tugas mulia," ujar Brigjen Sunartha.

"Sedangkan yang keempat anggota harus menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, etika, disiplin dan loyalitas yang telah tertanam sebagai personel Polri dan yang terakhir tunjukan jiwa kesatrian selama bertugas, jaga nama baik diri, keluarga dan kesatuan serta hindari tindakan yang merugikan maupun membahayakan diri sendiri dan kesatuan," ujar Brigjen Sunartha. [rhm]

Baca juga:
Mabes Polri Usul Wartawan Liput Kerusuhan Pakai Rompi Tulisan 'Pers'
Kabareskrim Pastikan Tak Ada SP3 Kasus Kebakaran Hutan
Polisi Tuding Kelompok White Baret Penyebar Hoaks Mahasiswa Tewas Saat Demo di DPR
Polisi Sebut Sejumlah Aksi Mahasiswa Disusupi Kelompok JAD dan Anarco
Merancang Demo Rusuh, Membenturkan Anggota TNI dan Polri
Alasan Jokowi Beri Kemenhan dan Kepolisian Anggaran Terbesar di 2020

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini