2.000 Pemotor di Sumsel Ditilang Karena Merokok dan Pakai Headset Saat Berkendara

Kamis, 4 April 2019 18:47 Reporter : Irwanto
2.000 Pemotor di Sumsel Ditilang Karena Merokok dan Pakai Headset Saat Berkendara Razia kendaraan. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Dalam tiga bulan terakhir, sebanyak dua ribu pengendara ditilang karena melakukan pelanggaran berlalu lintas. Di antara pelanggar adalah pemotor yang merokok dan menggunakan headset saat berkendara.

Direktur Direktorat Lalu lintas Polda Sumsel, Kombes Pol Dwi Asmoro, mengungkapkan total tilang tersebut merupakan gabungan dari seluruh pelanggaran, baik surat kelengkapan kendaraan, pelanggaran lalu lintas, ditambah mengendarai motor sambil merokok, memakai headset, serta menggunakan GPS.

"Totalnya ada dua ribu pelanggar yang kita berikan sanksi tilang. Itu terjadi dari awal tahun sampai sekarang," ungkap Dwi, Kamis (4/4).

Menurut dia, tindakan itu berdasarkan Pasal 283 Undang-undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang perlindungan keselamatan pengguna sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat.

"Walaupun Permenhub itu hanya untuk pengemudi angkutan online, tapi masyarakat umum juga bisa ditindak jika mengganggu konsentrasi," kata dia.

Ke depan, sambung dia, pihaknya terus mensosialisasikan aturan ini terutama bagi angkutan daring. Sebab, masih banyak driver online belum mengetahui mengetahuinya.

"Masih banyak yang belum tahu, kita sosialisasikan apa-apa saja yang dilarang," jelas dia. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini