Suzuki Perlakukan Istimewa Konsumen Loyalnya yang Ingin Beli New Jimny

Senin, 30 September 2019 17:49 Reporter : Syakur Usman
Suzuki Perlakukan Istimewa Konsumen Loyalnya yang Ingin Beli New Jimny Suzuki Jimny. ©2018 Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Suzuki Indonesia terus-terang memberikan perlakuan istimewa kepada konsumen loyal mobil Suzuki yang memesan New Suzuki Jimny. Konsumen loyal Suzuki ini akan diprioritas mendapatkan unit baru Jimny dibandingkan konsumen non-loyal.

Hal tersebut ditegaskan oleh Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat media test drive New Suzuki Jimny di Sirkuit Off-Road Pagedangan, BSD City, Tangerang, Senin (30/9).

Perlu diketahui, sejak Agustus lalu hingga kini jumlah unit inden New Jimny lebih dari 2.000 unit. Dengan pengiriman unit per bulan hanya 50 unit akibat pembatasan kuota dari Jepang, maka dibutuhkan waktu 40 bulan atau 3 tahun 4 bulan untuk memenuhi inden 2.000 unit tersebut.

"Target kami adalah New Jimny diberikan kepada orang-orang yang cinta Suzuki. Jadi pertama, New Jimny dipasarkan untuk konsumen loyal Suzuki. Kedua, pemesan yang sudah memiliki nomor antrean di masing-masing daerah (diler). Tujuannya supaya mobil ini terdistribusi di seluruh Indonesia. Tidak terpusat di kota-kota besar, bagi yang punya duit banyak saja," kata Donny.

Menurutnya, pihaknya sudah memiliki data konsumen loyal Suzuki Indonesia. Data tersebut termasuk data loyal setiap diler Suzuki di seluruh Indonesia, karena jumlah inden dikelola oleh diler. Jadi diler pun berhak memberikan unit prioritas kepada konsumen loyalnya.

Dipasarkan di Indonesia sejak 1979, Jimny dikenal sebagai mobil off-road yang terbukti lincah dan tangguh mengarungi berbagai medan ekstrem. Disempurnakan oleh beragam fitur fungsional terkini, New Suzuki Jimny merupakan satu-satunya SUV kompak di pasar otomotif Indonesia.

"Jadi kalau inden New Jimny mau cepat, mesti memenuhi beberapa persyaratan tersebut," ujarnya.

Kebijakan ini dibuat berdasarkan pengalaman Suzuki saat menjual secara terbatas Suzuki Jimny sebanyak 88 unit pada 2017. Akibat tidak ada aturan mainnya, maka penjualan Suzuki Jimny saat itu sebanyak 60 persen terpusat di Jakarta sehingga pemasarannya tidak merata.

Pada tahun ini, kata Donny, kami mau pemerataan penjualan New Jimny dan aksesorisnya. Jadi bila konsumen Jakarta dapat 10 unit, di kota lain seperti Banjarmasin juga dapat 10 unit. Terjadi pemerataan di sini.

New Suzuki Jimny diluncurkan pada Juli lalu saat pamertan GIIAS 2019. Harga on the road (OTR) Jakarta dimulai Rp 315,5 juta untuk varian single tone transmisi manual (MT). Rp 317,5 juta untuk varian two tone (MT), Rp 328 juta untuk varian single tone transmisi otomatis (AT), dan Rp 330 juta untuk varian two tone AT (varian termahal). Per September, harga jual di Jakarta naik Rp 20 juta akibat kenaikan BBN dan sebagainya. [sya]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini