Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

12 Wisata Probolinggo Terpopuler 2024, Simak Rekomendasinya

<b>12 Wisata Probolinggo Terpopuler 2024, Simak Rekomendasinya</b>

12 Wisata Probolinggo Terpopuler 2024, Simak Rekomendasinya

Probolinggo menawarkan variasi wisata yang terjangkau namun tetap indah, cocok untuk liburan keluarga.

<a class=Probolinggo adalah sebuah kota yang terletak di pesisir utara Jawa Timur, 100 km di sebelah tenggara kota Surabaya. Kota ini menawarkan pesona alam yang memukau dan berbagai destinasi wisata menarik bagi para pengunjung. Tempat wisata Probolinggo pun beragam, mulai dari pantai, air terjun, pegunungan, dan bangunan bersejarah." loading="lazy">

Probolinggo adalah sebuah kota yang terletak di pesisir utara Jawa Timur, 100 km di sebelah tenggara kota Surabaya. Kota ini menawarkan pesona alam yang memukau dan berbagai destinasi wisata menarik bagi para pengunjung. Tempat wisata Probolinggo pun beragam, mulai dari pantai, air terjun, pegunungan, dan bangunan bersejarah.

Probolinggo terutama terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah dan eksotis. Hal ini karena Probolinggo dikelilingi oleh pegunungan Tengger, Gunung Semeru, dan Gunung Argopuro.

Letak Probolinggo yang strategis dan berbatasan langsung dengan Selat Madura menjadikan wisata Probolinggo destinasi wisata yang mudah dan ramai dikunjungi.

Lantas, apa saja tempat wisata Probolinggo terpopuler dan paling direkomendasikan? Mengutip Liputan6, ini dia daftarnya.

<b>Rekomendasi Wisata Probolinggo</b>

Rekomendasi Wisata Probolinggo

1. Museum Dr. Mohamad Saleh

Museum Dr. Mohamad Saleh terletak di Jalan Dr. Mohamad Saleh, Probolinggo. Museum ini dulunya merupakan rumah dokter pribumi pertama di Probolinggo yakni Dr. Mohamad Saleh.

Di rumah ini dahulu pemuda dari berbagai suku sering berkumpul untuk berdiskusi bersama Dr. Mohamad Saleh, yang merupakan salah satu pendiri Boedi Oetomo. Karena hal tersebut, rumah ini sering disebut sebagai Rumah Bhinneka Tunggal Ika.

Museum ini menyimpan koleksi berbagai peralatan medis yang sering digunakan pada masa penjajahan Belanda, seperti peralatan bedah, peralatan pelayanan kesehatan, meja autopsi dan lain sebagainya. Dengan demikian, pengunjung dapat mengetahui seperti apa pelayanan kesehatan pada masa penjajahan Belanda.

2. Museum Probolinggo

Museum Probolinggo merupakan salah satu tempat wisata di Probolinggo yang menyimpan peninggalan masa lalu Probolinggo seperti artefak, uang kertas Probolinggo, replika patung, benda-benda pusaka hingga beberapa foto Probolinggo pada masa lampau.

Museum yang terletak di Jalan Suroyo, Kota Probolinggo ini memiliki arsitektur bangunan khas peninggalan Belanda.

Museum ini dulunya merupakan sebuah gedung Societiet Gebouw Harmony yang digunakan sebagai tempat berkumpulnya orang-orang Belanda untuk kegiatan hiburan seperti main bilyard, berinteraksi, berdansa dan lain sebagainya.

Dengan memiliki berbagai koleksi benda-benda peninggalan sejarah, Museum Probolinggo sangat tepat untuk anda yang ingin mengetahui seperti apa Kota Probolinggo pada masa lampau.

3. Air Terjun Madakaripura

Tempat wisata Probolinggo yang ketiga adalah Air Terjun Madakaripura. Berlokasi di daerah Sapih, Branggah, Kecamatan Lumbang, tempat wisata ini merupakan air terjun tertinggi kedua yang ada di Pulau Jawa. Jadi tak heran jika tempat wisata ini menjadi primadona di Probolinggo.

Letaknya berada di kawasan lereng Gunung Bromo, dan memiliki ketinggian mencapai 200 meter. Air terjun ini berada di ujung lembah yang sempit dan berbentuk ceruk serta dikelilingi tebing curam.

Nama air terjun yang berada di ketinggian 1.000 mdpl ini berasal dari kata Madakaripura, tanah perdikan milik mahapatih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit. Air Terjun Madakaripura juga kerap disebut Air Terjun Abadi. Hal itu karena air yang dialirkan oleh air terjun ini selalu melimpah dan tak pernah berkurang debitnya.

Air Terjun Madakaripura dijadikan objek wisata dan dibuka pada tahun 1986. Dengan harga tiket masuk sekitar Rp11.000/orang yang dikenakan oleh pihak Perhutani sebesar Rp6000/orang serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Probolinggo sebesar Rp5.000/orang.

4. Candi Kedaton

Selanjutnya, tempat wisata Probolinggo keempat adalah Candi Kedaton. Candi Kedaton merupakan candi Hindu yang terletak di Dusun Lawang Kedaton, Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo.

Candi ini berasal dari masa akhir Kerajaan Majapahit sekitar abad ke 14. Pada tangga Candi Kedaton tertulis angka sekitar tahun 1292 Saka (1370 Masehi). Pada Candi berbahan batu andesit ini juga terdapat relief yang bercerita tentang kisah Arjunawiwaha di sisi Barat, kisah Garudeya di sisi Selatan, dan kisah Bhomantaka di sisi timur.

5. Gili Ketapang

Obyek wisata di Probolinggo yang keempat adalah Gili Ketapang. Gili Ketapang adalah sebuah desa dan pulau kecil di Selat Madura, tepatnya 8 km di lepas pantai utara Probolinggo. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Menurut legenda setempat, pulau ini dulunya menyatu dengan daratan Desa Ketapang (Pulau Jawa), yang kemudian secara gaib bergerak lamban ke tengah laut, karena gempa yang dahsyat akibat letusan Gunung Semeru.

Nama Gili Ketapang berasal dari bahasa Madura, gili yang artinya mengalir, dan Ketapang merupakan nama asal desa tersebut.

Di Gili Ketapang, aktivitas yang bisa Anda lakukan adalah snorkeling karena laut di pulau ini memiliki pemandangan bawah laut yang sangat indah dan eksotis. Kebersihan dan keasrian kawasan wisata ini juga terjaga dengan baik, sehingga Anda tidak perlu khawatir perihal sampah yang bertebaran.

Gili Ketapang memang diakui memiliki panorama alam yang indah. Pesisirnya dihiasi hamparan pasir putih nan bersih sejauh mata memandang dan sangat menghipnotis karena menawan. Kurang lebih 200 meter dari area pantai adalah titik snorkeling yang bisa digunakan untuk melihat berbagai macam keindahan bawah laut.

6. Pantai Bentar

Obyek wisata di Probolinggo yang ketujuh adalah Pantai Bentar. Pantai Bentar adalah pantai yang ada di pesisir utara Probolinggo dan berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Pantai Bentar tidak memiliki pesisir berpasir putih, namun anjungan berupa jembatan kayu yang menjorok ke tengah lautan.

Anjungan kayu di Pantai Bentar ini menyambung pada sebuah tempat konservasi mangrove di sebelah timur pantai.

Jadi, selain menikmati pemandangan pantai yang biru Anda juga bisa berjalan-jalan menikmati suasana teduh yang hijau di taman mangrove sambil berswafoto. Selain pemandangan rimbunnya mangrove juga ada pembibitan mangrove di tempat ini.

Selain konservasi mangrove, pantai Bentar juga menyediakan aneka jajanan khas Probolinggo yang tersedia di warung-warung di area pinggir pantai. Layaknya kebanyakan objek wisata, Pantai Bentar juga banyak dikunjungi oleh keluarga yang membawa anak-anak kecil.

7. Danau Ronggojalu

Obyek wisata Probolinggo yang ketiga adalah Danau Ronggojalu. Danau Ronggojalu Probolinggo adalah sebuah obyek wisata dengan panorama alam yang indah. Selain dipergunakan sebagai tempat wisata, air danau ini juga dimanfaatkan untuk sumber air bersih guna memenuhi kebutuhan industri penduduk setempat.

Kapasitas air di danau ini mencapai 3.000 liter setiap harinya. Air danau Ronggojalu berasal dari sumber mata air murni dari alam.

Danau Ronggojalu terletak di Banjarsawah, Kecamatan Tegalsiwalan, Probolinggo. Jalan menuju ke danau tidak terlalu lebar, tapi bisa dilalui oleh mobil. Danau ini terletak sekitar tiga kilometer dari Pabrik Kertas Leces. Danau Ronggojalu biasa dikunjungi untuk sekadar piknik atau melepaskan penat sejenak dari kebisingan kota dan berfoto-foto ria.

8. Gunung Argopuro

Tempat wisata di Probolinggo yang selanjutnya adalah Gunung Argopuro. Di wilayah Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, dan Situbondo, berdirilah sebuah gunung setinggi 3.088 mdpl yang disebut Gunung Argopuro.

Bagian dari Pegunungan Iyang ini memiliki beberapa puncak. Puncak paling tinggi dan terkenal adalah Puncak Rengganis, yang dipercaya dulunya sebagai kediaman Dewi Rengganis, putri Raja Brawijaya.

Gunung Argopuro menjadi tantangan tersendiri bagi para pendaki. Jalur trekking gunung ini cukup panjang dan berat. Namun, keindahan alam berupa hutan dan mata air tersembunyi bisa membuat Anda lupa sejenak dengan pendakian. Selain itu, terdapat situs bersejarah di sini berupa puing-puing candi, kolam, dan pura.

9. Air Terjun Watu Lawang

Tempat wisata di Probolinggo yang selanjutnya adalah Air Terjun Watu Lawang. Dua tebing besar mengapit sebuah air terjun menakjubkan di Ngepung, Sukapura. Namanya Air Terjun Watu Lawang. Diberi nama begitu karena Anda akan mendapati tebing besar tadi menyerupai sebuah lawang dalam bahasa Jawa, artinya pintu. Jadi, watu lawang bermakna pintu batu.

Kecantikan tempat ini benar-benar memukau. Udaranya sejuk, airnya terasa dingin dan menyegarkan. Tempat yang sempurna untuk melepaskan rasa penat Anda.

10. Wisata Mangrove Bee Jay Bakau Resort (BJBR)

BeeJay Bakau Resort atau BJBR adalah tempat wisata yang eksotis, unik dan cukup lengkap karena menggabungkan 2 jenis wisata, yaitu wisata buatan dengan wisata alam.

Aspek alam di BJBR adalah hutan bakau, sedangkan aspek buatannya berupa wahana-wahana permainan yang dibangun untuk melengkapi kebutuhan para wisatawan. Beejay Bakau Resort lantas populer sebagai alternatif tujuan wisata di Probolinggo selain pegunungan, kuliner dan tempat perbelanjaan.

Selain mempunyai hutan mangrove yang bisa dinikmati pada saat siang, tempat ini juga terlihat cantik dengan gemerlapnya lampu-lampu saat malam tiba. BJBR terletak di Pelabuhan Tanjung Tembaga yang berada di pesisir pantai Probolinggo.

Dulunya, BJBR hanya merupakan hutan mangrove biasa, sebelum disulap menjadi sebuah obyek wisata di Probolinggo yang cukup menarik minat wisatawan.

11. Padang Rumput Savana

Tempat wisata Probolinggo yang selanjutnya adalah Padang Rumput Savana. Sebuah padang hijau membentang luas dengan bukit-bukit adalah pesona yang ditawarkan Padang Rumput Savana, yang ada di sebelah selatan Gunung Bromo.

Keberadaan bukit-bukitnya yang mirip latar di sebuah acara anak-anak membuat tempat ini kerap disebut Bukit Teletubbies. Namun, beberapa orang juga menyebutnya Lembah Jemplang. Anda bisa berjalan kaki atau menyewa mobil jeep untuk bisa sampai ke sini.

12. Patung Kuda Cipta Wilaha

Tempat wisata Probolinggo yang berikutnya adalah Patung Kuda Cipta Wilaha. Tempat ini merupakan tempat yang cocok untuk berfoto, karena terdapat Patung Kuda Cipta Wilaha.

Dengan latar patung kuda raksasa ini, akan memberikan hasil foto yang keren dan unik. Selain itu, patung kuda terbesar kedua di dunia ini juga dapat Anda naiki, dan tentu saja, keindahan pemandangan yang didapat juga ikut meningkat. Pesona pantai utara beserta hutan bakau yang eksotis merupakan tawaran terbaik yang akan Anda dapatkan dari tempat wisata ini.

Wisata Purbalingga Populer, Destinasi Liburan Murah dan Terjangkau

Wisata Purbalingga Populer, Destinasi Liburan Murah dan Terjangkau

Purbalingga memiliki beberapa objek wisata alam yang indah dan memesona.

Baca Selengkapnya
15 Wisata Jawa Barat Terpopuler 2024, Ini Rekomendasinya

15 Wisata Jawa Barat Terpopuler 2024, Ini Rekomendasinya

Ada banyak pilihan tempat wisata di Jawa Barat yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga.

Baca Selengkapnya
15 Wisata di Magelang Terbaik 2024, Ini Pilihan Populernya

15 Wisata di Magelang Terbaik 2024, Ini Pilihan Populernya

Ada banyak pilihan wisata di Magelang yang sayang untuk dilewatkan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
8 Wisata Kota Malang Populer 2024, Simak Rekomendasinya

8 Wisata Kota Malang Populer 2024, Simak Rekomendasinya

Wisata Kota Malang memang selalu menarik untuk dikunjungi.

Baca Selengkapnya
8 Wisata Temanggung yang Populer, Indah dan Menakjubkan

8 Wisata Temanggung yang Populer, Indah dan Menakjubkan

Keindahan alam wisata Temanggung menawarkan pesona yang memukau bagi para pengunjung.

Baca Selengkapnya
10 Tempat Wisata Ponorogo Paling Populer dan Wajib Dikunjungi Saat Libur Tiba

10 Tempat Wisata Ponorogo Paling Populer dan Wajib Dikunjungi Saat Libur Tiba

Penasaran dengan tempat wisata Ponorogo? Simak deretan wisata populer Ponorogo berikut ini yang wajib dikunjungi saat hari libur.

Baca Selengkapnya
10 Wisata Kaliurang Terpopuler yang Wajib Disambangi, Intip Rekomendasinya

10 Wisata Kaliurang Terpopuler yang Wajib Disambangi, Intip Rekomendasinya

Dikenal dengan keindahan alamnya yang memesona, Kaliurang menawarkan pengalaman wisata yang menyegarkan.

Baca Selengkapnya
Rekomendasi Trawas Wisata Alam dan Rekreasi Paling Populer yang Cocok Untuk Dikunjungi Bareng Keluarga

Rekomendasi Trawas Wisata Alam dan Rekreasi Paling Populer yang Cocok Untuk Dikunjungi Bareng Keluarga

Simak rekomendasi Trawas wisata alam dan keluarga yang layak dikunjungi bareng keluarga.

Baca Selengkapnya
7 Wisata Lampung Terpopuler yang Menarik Dikunjungi, Ini Daftarnya

7 Wisata Lampung Terpopuler yang Menarik Dikunjungi, Ini Daftarnya

Lampung bisa menjadi destinasi wisata menarik bagi Anda yang mencari pengalaman liburan unik dan berkesan.

Baca Selengkapnya