Penumpang Keluhkan Bau Pesing di dalam MRT

Rabu, 3 April 2019 19:36 Reporter : Hari Ariyanti
Penumpang Keluhkan Bau Pesing di dalam MRT MRT Jakarta. ©2019 Liputan6.com/JohanTallo

Merdeka.com - Penumpang MRT Jakarta mengeluhkan bau pesing yang sempat tercium ketika menaiki moda transportasi baru tersebut. Padahal, kereta tersebut belum lama beroperasi.

"Dan tadi saya sempat masuk ke MRT kok pesing ya. Kayaknya ada yang pipis ya anaknya mungkin di situ enggak tahan. Di dalam keretanya (bau pesing)," kata salah seorang penumpang, Linda Christine ditemui di Stasiun MRT Bundaran HI, Rabu (3/4).

"Aduh, saya sampai bilang masih baru begini sudah pesing begini. Harusnya kita lebih sadar lah. Jangan sampai (dikotori)," lanjutnya.

Padahal, kata Linda, toilet di tiap stasiun telah tersedia dengan fasilitas lengkap. Seharusnya kegiatan buang air bisa dilakukan di stasiun.

"Di stasiun ada toilet bagus banget. Jangan buang air besar, air kecil di tempat yang tidak layak, tidak pantas," sesalnya.

Linda merupakan anggota organisasi internasional, Lions Clubs. Dia bersama 14 anggota Lions Clubs lainnya sengaja mengunjungi beberapa stasiun MRT untuk memungut sampah yang berserakan. Mereka datang dengan membawa kantong plastik besar untuk memungut sampah.

Aksi ini mereka lakukan setelah melihat foto tumpukan sampah di Stasiun Bundaran HI yang viral akhir pekan lalu. Selain memungut sampah, mereka juga mensosialisasikan gerakan sadar lingkungan kepada penumpang MRT lainnya. Saat melakukan aksinya, Linda mengaku masih menemukan sampah berserakan di beberapa titik sekitar stasiun MRT.

"Ada (sampah). Masih dibuang sembarangan, botol-botol. Tapi ada yang sadar, mereka pas lihat kita 'Bu ini untuk sampah, ya, akhirnya masuk (dibuang) ke sini (dalam kantong plastik)," ujarnya.

Selain di Stasiun Bundaran HI, Linda dan kawan-kawannya juga beraksi di Stasiun Senayan. Pekan depan, pihaknya juga berencana akan turun kembali untuk sosialisasi. Dia berharap warga Jakarta bersama-sama menjaga MRT.

"Saya berharap jangan sampai MRT itu nanti kayak di bus-bus, dicoret. Itu kan kepentingan umum tolong dijaga aja. Kita beruntung ada MRT. Dan harus dijaga bersama-sama. Sayang kalau enggak dijaga," ujarnya.

"Saya meminta agar warga Jakarta lebih sadar soal kebersihan dan cinta lingkungan. Supaya kita menjaga MRT supaya jangan dikotori, supaya terawat," pungkasnya. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. MRT
  2. Transportasi Umum
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini