Kasatpol PP selidiki anak buah terima upeti dari PKL Tanah Abang

Selasa, 14 November 2017 17:14 Reporter : Syifa Hanifah
Demo Satpol PP dan Dishub di Kemenpan RB. ©2017 merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Kepala Satpol DKI Jakarta Yani Wahyu tidak tinggal diam jika terdapat anak buahnya yang 'bermain mata' dengan memungut uang pungli kepada para pedagang kaki lima (PKL) yang kembali berdagang di sepanjang trotoar Pasar Tanah Abang. Hal ini yang menyebabkan para PKL aman berjualan di trotoar.

"Saya sudah wanti-wanti kepada seluruh jajaran jangan bermain-bermain di lapangan apalagi melakukan pungli dan sebagainya, kegiatan tercela dan sebagainya ini yang akan kami sanksi," kata Yani di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (14/11).

Jika ada petugas Satpol PP yang kedapatan melanggar aturan, akan segera melimpahkan laporannya ke Inspektorat berdasarkan PP 53 tentang Disiplin Pegawai.

"Yang jelas saya akan selidiki, ini kan baru sekadar informasi di Tanah Abang begitu, begini-begitu, kan baru itu saja, ya kan, kalau memang ada bukti yang jelas, kita bawa ke PP 53 kita akan periksa," katanya.

Terkait kawasan Pasar Tanah Abang agar tidak ditempati PKL, Yani menjelaskan sudah menyiagakan Satpol PP yang siap berjaga disepanjang Pasar Tanah Abang.

"Kami setiap pagi ada 70 personel di sana (Tanah Abang) dan kita akan perkuat, kita akan perkuat, jangan sampai sarana trotoar dikuasai oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab," katanya.

Sebelumnya, Ombudsman Republik Indonesia (ORI) menemukan adanya dugaan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta. Mereka diduga bekerja sama dengan Preman atau Ormas tertentu menerima upeti dari Pedagang Kaki Lima (PKL) untuk mengamankan dari razia dan penertiban.

Temuan itu berasal dari investigasi yang dilakukan Ombudsman pada 9 dan 10 Agustus 2017 di beberapa titik. Antara lain Stasiun Manggarai, Stasiun Jatinegara, Pasar Tanah Abang, Stasiun Tebet, Wilayah Kecamatan Setiabudi, dan sekitaran Mall Ambassador. [dan]

Topik berita Terkait:
  1. Satpol PP
  2. PKL Tanah Abang
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.