Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Sedekah Subuh Lengkap dengan Niat dan Doanya

<b>Cara Sedekah Subuh Lengkap dengan Niat dan Doanya</b>

Cara Sedekah Subuh Lengkap dengan Niat dan Doanya

Sedekah Subuh adalah amalan berbagi atau memberikan sedekah pada waktu Subuh, yaitu setelah melaksanakan shalat Subuh dan sebelum matahari terbit.

Sedekah Subuh merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam, terutama karena waktu Subuh dianggap sebagai saat yang penuh berkah.

Amalan ini tidak hanya membantu kita untuk membersihkan harta dan jiwa, tetapi juga mendekatkan kita kepada Allah SWT dengan berbagi kebaikan kepada sesama.

Dalam menjalankan sedekah Subuh, niat merupakan kunci utama. Niat yang tulus dan ikhlas akan membawa berkah yang melimpah, baik untuk pemberi maupun penerima. Lalu, lakukan sedekah subuh dengan cara-cara yang benar.

Mungkin banyak orang yang masih bingung bagaimana mereka harus bersedekah saat subuh. Padahal, ada banyak cara sedekah subuh selain berinfak di masjid. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara sedekah subuh yang bisa kita lakukan serta bacaan doa dan niat yang menyertainya.

Cara Sedekah Subuh

Sedekah subuh adalah amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam karena memiliki banyak keutamaan, termasuk mendapatkan doa dari malaikat dan Rasulullah, serta pahala yang dilipatgandakan.

Sebelum bersedekah subuh, pastikan niat Anda tulus untuk beramal. Kemudian siapkan materi yang ingin Anda sedekahkan. Materi ini tak harus dalam bentuk uang, tapi bisa barang yang masih layak pakai atau makanan. Dan yang tak kalah penting, tentukan kelompok penerima sedekah dengan tepat.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk beramal sedekah Subuh:

  • Memasukkan Uang ke Dalam Kotak Amal. Anda bisa menyiapkan sejumlah uang yang akan disedekahkan dan memasukkannya ke dalam kotak amal yang biasanya tersedia di masjid. Ini bisa dilakukan ketika Anda pergi ke masjid untuk melaksanakan shalat Subuh.

  • Mengirim Uang Sedekah Lewat Rekening. Di era digital ini, Anda juga bisa bersedekah dengan cara mengirimkan uang melalui transfer bank ke rekening orang yang membutuhkan, lembaga amil zakat, atau lembaga sosial lainnya.

  • Memberi Makanan di Waktu Subuh. Memberikan makanan kepada orang yang membutuhkan juga merupakan bentuk sedekah. Anda bisa memberikan makanan kepada tetangga, orang-orang yang tinggal di pinggir jalan, atau lembaga yang menampung anak yatim dan dhuafa.

  • Mengantarkan Bantuan. Anda juga bisa mengantarkan bantuan berupa barang atau logistik kepada yang membutuhkan. Ini bisa dilakukan dengan mengunjungi langsung rumah-rumah yang membutuhkan atau lembaga sosial di waktu Subuh.

  • Titip Suami atau Anak. Anda bisa menitipkan sedekah kepada suami atau anak yang akan pergi ke masjid untuk melaksanakan shalat Subuh. Mereka bisa membantu Anda untuk memasukkan sedekah ke dalam kotak amal atau memberikannya kepada yang membutuhkan.

  • Transfer Pulsa. Bentuk sedekah tidak hanya berupa uang atau barang, tetapi juga bisa berupa pulsa. Anda bisa mentransfer pulsa kepada orang yang membutuhkan sebagai bentuk sedekah.

Niat Sedekah Subuh

Niat ini penting karena merupakan dasar dari segala amalan, termasuk sedekah. Berikut adalah bacaan niat sedekah Subuh:

Nawaitu taqoruba ilallahi ta’ala wattiqoaa ghadlabir rabbi jalla jalaluhu wattiqoa nari jahannama wattarakhkhuma ‘ala ikhwani wa shilatur rahimi wa mu’awanatadh dlu’afai wa mutaba’atan nabiyyi shallallahu ‘alaihi wa sallama wa idkholas sururi ‘alal ikhwani wa daf’il balai ‘anhu wa ‘an sairil muslimina wal infaqo mimma razaqohullahu wa qohran nafsi wasy syaithoni.

Artinya:

“Aku niat (bersedekah) untuk mendekatkan diri kepada Allah, menghindari murka Tuhan, menghindari api neraka jahanam, berbelas kasih kepada saudara dan menyambung silaturahmi, membantu orang-orang yang lemah, mengikuti Nabi Saw, memasukkan kebahagiaan pada saudara, menolak turunnya dari mereka dan semua kaum muslimin, menafkahkan rezeki yang diberikan oleh Allah, dan untuk mengalahkan nafsu dan setan.”

Doa Sedekah Subuh

Doa sedekah Subuh adalah sebuah amalan yang dilakukan di waktu Subuh, yang merupakan salah satu waktu yang dianggap mustajab untuk berdoa dan beribadah. Bacaan doa sedekah Subuh ini dibaca setelah kita bersedekah subuh. Berikut adalah bacaan doa sedekah Subuh:

Rabbana taqabbal minna innaka antas sami’ul alim.

Artinya:

“Ya Tuhan kami, terimalah amalan kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

merdeka.com

Sedekah Pembuka Rejeki

Setiap amalan baik dalam Islam pasti menyimpan keutamaan dan kebaikan bagi para pelakunya, termasuk bersedekah.

Mungkin ada yang berpikir bahwa dengan mengeluarkan sebagian harta kita akan mengurangi apa yang kita miliki. Padahal sebaliknya. Harta yang kita keluarkan tersebut merupakan jalan untuk membuka rejeki lain bagi kita. Dan jika kita menahan-nahan harta dengan tidak bersedekah, maka Allah juga akan menahan rejeki kita.

Dari Asma’ binti Abi Bakr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda padaku,

Janganlah engkau menyimpan harta (tanpa mensedekahkannya). Jika tidak, maka Allah akan menahan rizki untukmu.

Dalam riwayat lain juga disebutkan,

Infaqkanlah hartamu. Janganlah engkau menghitung-hitungnya (menyimpan tanpa mau mensedekahkan). Jika tidak, maka Allah akan menghilangkan barokah rizki tersebut. Janganlah menghalangi anugerah Allah untukmu. Jika tidak, maka Allah akan menahan anugerah dan kemurahan untukmu.” (HR. Bukhari dan Muslim.)

Allah juga Ta’ala berfirman,

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 261).

Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri, Lengkap dengan Doanya
Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri, Lengkap dengan Doanya

Cara sedekah Subuh di rumah sendiri ini sebaiknya diamalkan umat muslim. Sedekah Subuh adalah amalan yang dikerjakan setelah sholat Subuh.

Baca Selengkapnya
Doa Ketika Sedekah Subuh beserta Tata Caranya
Doa Ketika Sedekah Subuh beserta Tata Caranya

Doa ketika sedekah Subuh ini mengandung harapan agar apa yang kita kerjakan bisa diterima oleh Allah dan menjadi pujian bagi-Nya.

Baca Selengkapnya
Pengganti Doa Qunut Subuh, Pendek Mudah Dihafalkan
Pengganti Doa Qunut Subuh, Pendek Mudah Dihafalkan

Terdapat bacaan pengganti doa qunut yang bisa diamalkan saat sholat Subuh.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Doa Qunut Subuh, Lengkap dengan Cara Sholat Subuh, Niat dan Keutamaannya
Doa Qunut Subuh, Lengkap dengan Cara Sholat Subuh, Niat dan Keutamaannya

Biasanya doa qunut subuh dipanjatkan bersama dengan sholat subuh.

Baca Selengkapnya
Waktu Sholat Subuh dan Hukumnya Jika Kesiangan, Wajib Dipahami
Waktu Sholat Subuh dan Hukumnya Jika Kesiangan, Wajib Dipahami

Sholat subuh menjadi salah satu sholat 5 waktu dengan keutamaan besar. Namun, kita juga harus tahu kapan waktu dimulainya subuh dan batas waktu sholat ini.

Baca Selengkapnya
Niat Puasa Senin Kamis, Lengkap Beserta Tata Cara dan Keutamaannya
Niat Puasa Senin Kamis, Lengkap Beserta Tata Cara dan Keutamaannya

Niat puasa Senin Kamis bisa dibaca umat Muslim saat hendak menunaikan ibadah sunah ini.

Baca Selengkapnya
Sholat Subuh Bacaan Doa dan Tata Caranya Sesuai Syariat Islam
Sholat Subuh Bacaan Doa dan Tata Caranya Sesuai Syariat Islam

Bacaan sholat subuh lengkap dan tata cara lengkapnya.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Qunut Subuh Sendiri & Berjamaah, Lengkap Beserta Keutamaannya
Bacaan Doa Qunut Subuh Sendiri & Berjamaah, Lengkap Beserta Keutamaannya

Berikut bacaan doa qunut Subuh sendiri dan berjamaah yang perlu untuk diketahui oleh Umat Islam.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Subuh yang Lengkap Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW, Disertai Artinya
Bacaan Doa Subuh yang Lengkap Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW, Disertai Artinya

Selain berzikir, ada beberapa bacaan doa subuh yang bisa diamalkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca Selengkapnya