Valentine si Jomblo IV

Valentine si Jomblo: 10 Film Inspiratif buat Ditonton Sendirian saat 14 Februari

Kamis, 13 Februari 2020 16:32 Reporter : Tantri Setyorini
Valentine si Jomblo: 10 Film Inspiratif buat Ditonton Sendirian saat 14 Februari How To Be Single. ©Flower Films

Merdeka.com - Sendirian saat Valentine? Tak masalah, jomblo bukan akhir segalanya. Banyak cara untuk bersenang-senang bareng diri sendiri di hari kasih sayang. Salah satunya adalah menonton film. Jangan tanggung-tanggung, tonton film yang bisa memberikan pelajaran berharga. Jadi fokus hidupmu bukan cuma galau cari pasangan melulu.

Berikut ini deretan film inspiratif yang pas buat ditonton sendirian saat 14 Februari, antara lain How To Be Single dan Mantan Manten.

1 dari 10 halaman

1. How To Be Single (2016)

Flower Films

Film komedi romantis yang rilis tahun 2016 ini menceritakan Alice (Dakota Johnson) yang baru lulus kuliah. Gadis muda ini memutuskan untuk break dari pacarnya agar bisa mencoba hal-hal baru di dalam hidup.

Alice pun mendapat pekerjaan di New York dan berteman dengan Robin (Rebel Wilson). Melalui Robin, Alice belajar tentang nikmatnya menjadi wanita lajang di tengah kota besar.

2 dari 10 halaman

2. Jomblo (2006)

Sinemart

Selanjutnya ada film Indonesia yang cukup lawas, yaitu Jomblo yang diangkat dari novel berjudul sama karangan Adhitya Mulya. Film dengan tema coming of age ini menceritakan empat mahasiswa dengan status jomblo, masing-masing dengan alasan yang berbeda.

Perkenalan mereka dengan lawan jenis membuat keempat pemuda ini belajar tentang arti cinta dan komitmen. Film ini memang sudah dibuat remake-nya. Namun kalau kamu ingin mendapatkan kisah persahabatan yang menyentuh, coba tonton film originalnya saja. Toh, humornya masih terasa segar ditonton sekarang.

3 dari 10 halaman

3. He's Just Not That Into You (2009)

Flower Films

He's Just Not That Into You merupakan film yang diadaptasi dari buku self-help laris berjudul sama. Film ini bertutur tentang sembilan orang dengan masalah percintaan yang berbeda-beda namun saling terhubung. Mereka harus menghadapi konflik dengan pasangan masing-masing karena pandangan dan tujuan yang berbeda.

Menyaksikan jatuh bangun yang harus dialami para tokoh dalam film ini membuat kita tersadar kalau kita juga pernah melakukan kesalahan yang sama. Saat sedang jatuh cinta, seringkali kita melupakan akal sehat hingga kita tidak bisa melihat kalau rasa sayangnya tidak sebesar cinta yang kita berikan untuk mereka. Cinta buta membuat kita melupakan kalau kita berhak untuk dicintai, dihargai, dan diprioritaskan.

4 dari 10 halaman

4. Temen Kondangan (2020)

MNC Pictures

Film yang baru rilis Januari 2020 lalu ini mengangkat masalah yang dialami sebagian besar jomblo milenial. Ditinggal nikah mantan dan masih harus datang ke resepsinya pula. Inilah yang dialami Putri (Prisia Nasution).

Menolak disebut gagal move-on dari sang mantan terindah, Putri kelimpungan sendiri mencari gandengan untuk teman kondangan. Pasalnya Putri sudah kadung menyanggupi tantangan teman-temannya.

5 dari 10 halaman

5. (500) Days of Summer (2009)

Dune Entertainment

Film komedi romantis yang banyak mendapat pujian karena orisinalitas ceritanya ini mengisahkan perjalanan cinta Tom (Joseph Gordon-Levitt). Tom jatuh cinta setengah mati kepada Summer (Zooey Deschanel) yang berkepribadian unik dan misterius. Sayangnya, Summer tak percaya terhadap cinta dan membuat Tom patah hati.

Melalui pergulatan batin yang harus dilalui Tom untuk mengatasi kegalauan hatinya, kita bisa melihat kalau patah hati merupakan pengalaman yang sangat menyakitkan namun bisa dilalui. Seperti Tom, kita mungkin harus bertemu dengan banyak Summer sebelum menemukan seseorang yang benar-benar cocok untuk kita.

6 dari 10 halaman

6. Posesif (2017)

Palari Films

Film yang panen penghargaan di berbagai festival film ini mengusung genre drama psikologis. Kisah Lala (Putri Marino) dan pacar pertamanya yang posesif, Yudhis (Adipati Dolken) menunjukkan bahayanya hubungan toxic. Perlu banget buat pembelajaran bagi kita semua.

7 dari 10 halaman

7. Forgetting Sarah Marshall (2008)

Apatow Productions

Film yang satu ini ceritanya juga hampir sama dengan (500) Days of Summer, namun mengusung jenis komedi yang berbeda. Tokoh utamanya adalah Peter Bretter (Jason Segel) yang benar-benar gagal move-on setelah hubungan lima tahunnya dengan Sarah (Kristen Bell) kandas begitu saja.

Bretter sampai harus 'mengungsi' ke Hawaii demi melupakan Sarah. Namun dasar sial, Sarah ternyata juga berada di Hawaii. Bahkan menginap di hotel yang sama bersama kekasih barunya, seorang bintang rock yang levelnya jelas jauh di atas Peter.

Kalau kamu juga baru putus seperti Peter, film ini bisa menjadi terapi mental buatmu.

8 dari 10 halaman

8. Mantan Manten (2019)

Visinema Pictures

Bagaimana rasanya kalau kamu harus mengatur acara pernikahan buat lelaki yang hampir menjadi suamimu bersama wanita lain?

Itulah situasi yang harus dihadapi Yasnina (Atiqah Hasiholan). Karir cemerlangnya tiba-tiba hancur, hartanya tak bersisa, dan pernikahannya dengan Surya (Arifin Putra) batal. Yasnina seolah kehilangan segalanya dalam semalam.

Yasnina pun pindah ke Tawangmangu, tinggal di satu-satunya properti miliknya yang belum disita. Yasnina mencoba bangkit dari keterpurukan hidupnya dan karena suatu hal memutuskan menjadi asisten seorang dukun manten Jawa, Marjanti.

Tak disangka, klien terakhir Marjanti adalah Surya dan gadis kaya yang dijodohkan dengannya. Apalagi Marjanti meninggal dunia, sehingga Yasnina harus menggantikan tugasnya. Film ini bakal bikin kamu ikutan nyesek bareng Atiqah Hasiholan. Sekalian belajar ilmu ikhlas.

9 dari 10 halaman

9. The Devil Wears Prada (2006)

Wendy Finerman Productions

Film drama komedi yang satu ini mengadu akting cemerlang Meryl Streep dan Anne Hathaway. Andrea baru diterima sebagai editor di majalah mode paling ternama New York. Namun New York adalah kota yang keras, sementara pekerjaan Miranda menuntut dirinya untuk mengorbankan segala hal. Termasuk hubungan dengan sang kekasih yang sudah berjalan lama.

The Devil Wears Prada adalah tontonan yang pas buat wanita lajang di kota besar yang sedang mencari jati diri.

10 dari 10 halaman

10. Eat, Pray, Love (2010)

Plan B Entertainment

Judul yang satu ini adalah film wajib tonton buat para jomblo. Julia Roberts memerankan Liz Gilbert yang awalnya memiliki hidup sempurna. Suaminya luar biasa, rumah mereka indah, dan karirnya pun cemerlang. Namun Liz kemudian bercerai. Perpisahan itu lantas membuat dia mempertanyakan banyak hal di dalam hidup.

Demi mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan besarnya, Liz memutuskan untuk traveling ke tiga negara. Perjalanan ke Italia membuatnya belajar lagi tentang kenikmatan hidup. Kunjungan ke India membuat dirinya menemukan spiritualitas. Sementara di Bali, Indonesia, Liz menemukan kedamaian diri dan cinta sejati.

Film ini mengingatkan kita semua bahwa semua orang pernah berada di titik di mana kita tak tahu apa yang kita inginkan. Ini adalah hal yang wajar.

Itulah deretan film yang pas ditonton sendirian saat Valentine. Tak ada gandengan saat Valentine? No worries! [tsr]

Baca juga:
Valentine si Jomblo: Mengenal Black Day, Perayaan Valentine-nya Kaum Single di Korea
Valentine si Jomblo: Giri Choco, Tradisi yang Bikin Jomblo pun Bisa Nikmati Valentine
Valentine si Jomblo: Hatta sang Jomblo Ideologis, Pantang Nikah sebelum Merdeka

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini