Mengenal clean beauty, tren perawatan kecantikan dengan bahan-bahan non-toksin

Senin, 3 September 2018 11:43 Reporter : Tantri Setyorini
Mengenal clean beauty, tren perawatan kecantikan dengan bahan-bahan non-toksin Ilustrasi kulit cantik. © Skinmatters.com.ph

Merdeka.com - Mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah clean eating, yaitu penerapan pola makan sehat dengan bahan pangan yang bernutrisi baik dan mengalami proses pengolahan seminim mungkin. Setelah clean eating, sekarang ada pula yang namanya clean beauty.

Apakah yang dimaksud clean beauty? Meski tidak ada definisi khusus, namun sebagian besar pakar perawatan kulit pun setuju bahwa clean beauty atau kecantikan yang bersih artinya menggunakan bahan-bahan yang tidak beracun. Konsep ini berlaku sama dengan clean eating yang Anda temui dalam pola makan.

Tak harus dari bahan herbal, yang penting bebas toksin


Ilustrasi produk kecantikan ©2018 Merdeka.com/Pixabay


Clean beauty
sebenarnya tidak fokus pada penggunaan bahan-bahan yang benar-benar alami saja, misalnya tumbuh-tumbuhan herbal. Beberapa bahan yang dibuat melalui teknologi laboratorium yang aman pun juga bisa digunakan dalam rutinitas kecantikan clean beauty. Syaratnya, bahan yang dibuat dengan teknologi laboratorium harus terbebas dari kandungan berbahaya. Seperti paraben, sodium lauryl sulfate, triclosan, dan pewangi dan pewarna sintetis.

Mulai saat ini, Anda bisa memulai clean beauty dengan menggunakan produk perawatan kulit dan makeup yang menggunakan bahan-bahan non-toksin. Bahan-bahan alami ini aman bagi kulit dan tidak akan menyebabkan iritasi kulit jangka panjang.

Namun permasalahannya terdapat di industri kecantikan yang sebenarnya tidak diatur dalam undang-undang yang jelas soal bahan pembuatnya. Terlebih mengatur soal penggunaan bahan alami dalam produk kecantikannya.

Konsumen perlu bijak memilih produk yang selaras dengan konsep clean beauty

Ilustrasi produk kecantikan ©2018 Merdeka.com/Pixabay


Sebagai konsumen bijak, Anda perlu memastikan produk dengan label clean beauty yang Anda gunakan benar-benar tidak mengandung bahan membahayakan. Anda hanya perlu lebih teliti membaca label pada kemasan atau cari tahu merek apa saja yang sudah mengklaim bahwa produknya menggunakan bahan alami atau diproses dengan teknologi terbaik.

Harus diakui, produk perawatan kulit dengan label clean beauty pun tidak akan membuat kulit cahaya bercahaya dalam waktu semalam. Namun segala sesuatu yang instan umumnya juga memberikan dampak negatif untuk jangka panjangnya. Sementara kunci dari kulit cantik dan sehat yang sesungguhnya adalah komitmen dalam merawat diri.

Reporter: Vinsensia Dianawanti
Sumber: Liputan6.com [tsr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini