Ketika liwetan Indonesia jadi sensasi kuliner di Amerika Serikat

Senin, 21 Agustus 2017 16:04 Reporter : Tantri Setyorini
Ilustrasi liwetan. © Red & Co

Merdeka.com - Nasi liwetan atau bancakan yang belakangan jadi tren makanan kekinian di antara para pecinta kuliner dan pengguna Instagram ternyata juga sampai ke luar negeri. Sama seperti di Indonesia, makanan yang disajikan secara berderet tersebut juga jadi sensasi kuliner.

Beberapa waktu lalu Saveur, majalah kuliner di Amerika Serikat mengulas jamuan ala liwetan yang disajikan oleh Queens Dinner Club. Suguhan liwetan disiapkan oleh Awang Kitchen, restoran Indonesia di New York. Restoran ini populer di kalangan penikmat kuliner khas Indonesia karena menyajikan panganan dengan cita rasa yang otentik.

Ilustrasi liwetan © Red & Co

Jasmine P. Ting dari Saveur menyoroti etiket makan nasi liwetan dengan menggunakan tangan kanan. Sebuah sensasi kuliner yang berbeda, karena orang-orang barat terbiasa menyantap hidangan dengan sendok, garpu, dan pisau.

Ilustrasi liwetan © YouTube/Jermi Haning

"Meja dipenuhi makanan yang bisa dirasakan dengan indera pengecap maupun sentuhan," tulisnya. Makanan yang dihidangkan terdiri dari nasi yang ditata berderet di atas daun pisang, lauk berupa ikan teri petai, tahu goreng, tempe goreng, bebek goreng sambal hijau, dan bandeng presto. Tak ketinggalan krupuk, sayur asam, dan sambal yang mantap untuk menambah selera.

Penyajian liwetan digagas oleh chef Jonathan Forgash dan jurnalis kuliner Joe DiStefano. Tujuan mereka adalah memperkenalkan pengalaman bersantap dari seluruh dunia kepada para pecinta kuliner Amerika Serikat. [tsr]

Topik berita Terkait:
  1. Kuliner Indonesia
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.