Daging Mentah yang Sudah Dibumbui Tak Boleh Lama-Lama di Lemari Es, Ini Alasannya

Senin, 21 Oktober 2019 16:06 Reporter : Tantri Setyorini
Daging Mentah yang Sudah Dibumbui Tak Boleh Lama-Lama di Lemari Es, Ini Alasannya Ilustrasi daging ayam. ©Shutterstock

Merdeka.com - Anda yang sudah biasa memasak pasti sudah akrab dengan teknik marinasi. Agar bumbu masakan bisa meresap, daging biasanya direndam bumbu dan didiamkan selama beberapa saat.

Selain menjadikan bumbu meresap, marinasi juga menjadikan daging lebih empuk. Biasanya daging yang sudah dimarinasi disimpan di dalam lemari es agar tidak mudah busuk. Namun langkah ini pun sebenarnya tetap berisiko.

Alangkah baiknya jika tidak terlalu lama menyimpan atau membiarkan daging mentah yang sudah dibumbui, apalagi jika dibiarkan di suhu ruangan.

1 dari 3 halaman

Tekstur Daging Bakal Berubah

Daging mentah berbumbu yang sudah terlalu lama disimpan di dalam lemari es akan kehilangan teksturnya. Daging jadi tidak padat lagi dan mudah hancur saat dimasak. Rasanya pun bakal berubah. Bisa jadi citarasa khas dari cairan daging sudah tidak tersisa lagi.

2 dari 3 halaman

Rawan Jadi Tempat Berkembangnya Bakteri

Daging mentah bakal lebih berisiko menjadi tempat berkembang biak bakteri, meskipun sudah disimpan di dalam lemari es. Daging yang masih basah bisa menimbulkan bau tak sedap dan berlendir jika disimpan terlalu lama.

3 dari 3 halaman

Sebaiknya Tak Lebih dari Semalam

Daging yang sudah dibumbui sebaiknya disimpan semalam saja. Jika tidak memungkinkan untuk segera dimasak, simpan maksimal dua hari.

Reporter: Febi Anindya Kirana
Sumber: Fimela.com [tsr]

Baca juga:
Cara Membuat Ayam Cola yang Empuk, Gurih, dan Kaya Rasa
Resep Sate Taichan, Inspirasi Menu BBQ Buat Tahun Baru

Topik berita Terkait:
  1. Daging Ayam
  2. Masak Ayam
  3. Tips Memasak
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini