Cara Mengolah Sayur Pakis, dari Pemilihan hingga Proses Memasak

Kamis, 10 Januari 2019 12:18 Reporter : Tantri Setyorini
Cara Mengolah Sayur Pakis, dari Pemilihan hingga Proses Memasak Ilustrasi pakis. ©iStock

Merdeka.com - Pakis termasuk sayuran yang populer di Indonesia, meskipun tergolong jarang dikonsumsi karena sifatnya musiman. Sayuran ini memiliki tekstur renyah dan rasa yang lezat, namun pengolahannya butuh upaya lebih. Dengan demikian tidak membahayakan kesehatan.

Bagaimana cara mengolah pakis yang benar? Berikut ini kami tampilkan informasi lengkap mengenai pakis dan detail cara pengolahannya.

Sekilas tentang Sayur Pakis

Ilustrasi pakis iStock


Dilansir The Spruce Eats, pakis adalah sayuran yang dipanen dari batang tumbuhan paku yang masih muda. Di luar negeri sayuran ini lebih populer dengan nama fiddlehead fern. Biasa dikonsumsi di Prancis utara, Asia Tenggara, India, Nepal, Jepang, Korea, China, Jepang, dan Taiwan.

Sayur pakis biasanya paling mudah ditemui pada saat musim semi atau musim hujan. Umumnya tumbuh di ngarai, pinggir sungai, atau tebing yang lembap.

Tidak semua jenis tumbuhan paku bisa dikonsumsi pakisnya. Ada juga yang beracun, jadi sebaiknya hati-hati dalam memanennya. Pakis yang aman dan biasa dikonsumsi di Indonesia berasal dari spesies Diplazium esculentum.

Kandungan Nutrisi dan Risiko Mengonsumsi Pakis

Ilustrasi pakis iStock


Sayur pakis memiliki kandungan antioksidan, merupakan sumber asam lemak omega-3 dan omega-6, serta tinggi zat besi. Seratnya juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Walaupun begitu sayur pakis juga mengandung asam sikimat yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Karena itu sayur pakis harus selalu dimasak sebelum dikonsumsi.

Tips Berbelanja Sayur Pakis

Ilustrasi pakis iStock


Sayur pakis yang paling enak dikonsumsi adalah yang masih muda. Teksturnya lebih renyah dan rasanya pun tidak pahit. Berikut ini kami tampilkan cara untuk memilihnya.

1. Pilih Pakis yang Masih Hijau

Sayur pakis yang masih segar adalah yang berwarna hijau tua dan masih liat saat dipegang. Semakin pucat warnanya, semakin lama umurnya.

2. Pastikan Batang Masih Belum Berdaun

Batang pakis yang masih muda adalah yang paling nikmat disantap. Cari yang memang masih kuncup dan belum mengeluarkan daun. Pakis yang sudah berdaun biasanya cenderung lebih pahit saat dimakan.

Cara Mengolah Pakis

Ilustrasi pakis iStock


Sayur pakis sebaiknya juga dicuci dan dipotong dengan cara yang benar. Berikut ini beberapa tips yang bisa dipraktikkan.

1. Buang Pangkal Batangnya

Singkirkan pangkal batang sayur pakis, setidaknya 5-5 cm. Gunakan bagian ujungnya saja, karena bagian inilah yang masih muda dan renyah.

2. Cuci dengan Garam

Pencucian dengan campuran garam berfungsi untuk menghilangkan aroma lembap, bulu, dan rasa sepat yang dimiliki pakis.

3. Segera Olah

Pakis termasuk sayuran yang cepat membusuk. Jika dibiarkan di udara terbuka semalaman warnanya akan berubah coklat. Jadi sebaiknya beli sesuai kebutuhan saja dan segera olah. Jika tidak segera dimasak, sebaiknya simpan di dalam lemari es.

4. Jerang di Air Mendidih

Sebelum memasak pakis, lakukan proses pengolahan awal dengan merebusnya di air panas. Jika pakis akan diolah menjadi masakan lain, rebus sebentar saja hingga cukup layu. Tetapi masak hingga benar-benar matang jika pakis akan disajikan sebagai salad atau lalap.

Jenis-Jenis Olahan Pakis

Ilustrasi pakis iStock


Sayur pakis sebenarnya diolah dengan resep apa saja sesuai selera. Namun jenis masakan yang paling umum adalah:
1. Cah pakis
2. Tumis pakis
3. Pakis balado
4. Gulai pakis
5. Bibimbap (nasi campur ala Korea)
6. Ditumis dengan sedikit minyak untuk salad pendamping makanan utama

Demikian cara-cara mengolah pakis dari proses pemilihan, pencucian, hingga memasak. Konsumsi sayuran ini untuk memperkaya variasi menu dan sumber gizi harian. Olah dengan benar dan makan secukupnya agar manfaatnya saja yang kita dapatkan. [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini