Cara mengatasi rambut rontok secara alami dan cepat

Rabu, 7 Februari 2018 17:25 Reporter : Teguh Widjaja
Cara mengatasi rambut rontok secara alami dan cepat. ©2018 flymedi.com

Merdeka.com - Siapakah yang tidak merasa takut saat mengalami kerontokan rambut? Pasti kita semua, pada suatu saat, mulai merasa takut karena kita mungkin akan mengalami kerontokan rambut. Sebenarnya apa penyebab kerontokan rambut yang tak tak diinginkan?

Jika Anda telah mengalami kerontokan rambut, dan merasa bahwa hal itu bukan hanya sekedar siklus pergantian rambut Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu apa penyebabnya.

Yang perlu anda ketahui tentang rambut anda :

Mitos 1- hanya pria yang mengalami kerontokan rambut

Mitos ini tidak benar. Mengalami kerontokan rambut tidak menunjukkan adanya sesuatu yang salah dengan salah satu kromosom 'X' Anda. Hal ini sebenarnya lumrah dan wajar bagi wanita untuk mengalami kerontokan rambut. Faktanya, 40% wanita menderita kerontokan rambut di beberapa titik dalam kehidupan mereka.

Mitos 2 - mencuci rambut terlalu sering akan menyebabkan kerontokan.

Hal ini tidak benar. Memang, mencuci rambut Anda lebih dari tiga kali seminggu agak berlebihan, tapi hal itu tidak akan menyebabkan rambut rontok.

Mitos 3 - menyisir rambut menyebabkan kebotakan

Menyisir rambut tidak akan membuat rambut Anda rontok. Namun, menyisir rambut saat sedang basah adalah tidak benar. Karena hal ini akan menyebabkan kerusakan dan kerontokan rambut.

Mitos 4- mewarnai dan melakukan perawatan rambut akan menyebabkan rambut rontok

Apa gunanya memiliki rambut jika Anda tidak boleh memperindah rambut Anda? Selama Anda melakukannya dengan cara yang benar dan menghindari pemrosesan yang berlebihan, itu tidak masalah. Namun, ada beberapa perawatan rambut tertentu yang menyebabkan kerontokan rambut karena efek samping yang mungkin terjadi, jadi sebaiknya Anda melakukan penelitian terlebih dahulu sebelum memilih perawatan yang ekstrem.

Mitos 5 - mencukur rambut anda akan memperbaiki masalah kerontokan rambut

Cukurlah rambut Anda jika menginginkannya. Tapi jika Anda mengharapkan rambut Anda menjadi lebih tebal dan lebat saat tumbuh, Anda akan kecewa. Karena hal itu tidak benar.

Sementara hal-hal kecil itu penting, rambut rontok seringkali merupakan akibat dari masalah yang lebih besar. Untuk memahami mengapa Anda kehilangan rambut, Anda perlu terlebih dahulu memahami bagaimana pertumbuhan rambut bekerja. Inilah sedikit informasi yang dapat membantu Anda untuk memahami masalahnya dengan lebih baik:

Pertumbuhan Rambut - Tahapan

Pernahkah Anda berpikir mengapa rambut Anda tidak bisa tumbuh lebih subur dan lebat, sekalipun Anda sudah berusaha keras? Hal ini karena bertentangan dengan kepercayaan populer, faktanya rambut Anda memiliki siklus hidup 3-5 tahun setelah itu mengalami kerontokan untuk mengijinkan tumbuhnya rambut baru.

Tahap 1: Anagen

Ini adalah fase ketika rambut tumbuh dari folikel, dan batang rambut terus dibentuk, meningkatkan panjang rambut Anda. Fase ini bisa berlangsung selama 2-6 tahun.

Tahap 2: Catagen

Pada fase ini, rambut Anda bersiap untuk beristirahat. Tahap ini bisa berlangsung sekitar 2 minggu.

Tahap 3: Telogen

Fase terakhir adalah fase istirahat dimana rambut berhenti tumbuh dan akhirnya jatuh rontok untuk mengijinkan rambut baru tumbuh menggantikannya. Fase ini berlangsung sekitar 5-6 minggu.

10-20% rambut Anda selalu beristirahat pada waktu tertentu. Kerontokan rambut terjadi saat rambut Anda rontok tanpa menyelesaikan siklus 3 tahap ini. Kerontokan rambut menjadi permanen saat folikel berhenti memproduksi rambut, yang bisa menyebabkan kebotakan. Ada dua jenis rambut rontok yang bisa menyebabkan botak :

Pola rambut rontok - jenis rambut rontok

Pola 1: Telogen Effluvium

Jika Anda telah mengalami kerontokan rambut dari seluruh kulit kepala dan tubuh Anda, ada kemungkinan Anda telah mengalami pola Telogen Effluvium.

Telogen Effluvium terjadi ketika lebih dari 20% folikel Anda tiba-tiba masuk ke fase telogen, mengurangi jumlah folikel yang tumbuh secara aktif. Hal ini mengakibatkan hilangnya volume dan, akhirnya menjadi botak.

Pola 2: Androgenik Alopecia

Kondisi ini lebih dikenal dengan sebutan pola kebotakan wanita dan bersifat hormonal. Rambut mulai rontok saat testosteron hormon seks laki-laki diubah menjadi dihidrotestosteron dan mulai menyerang folikel rambut, membuat rambut menjadi tidak berguna dan menghambat pertumbuhan rambut.

Pola kerontokan rambut pada wanita sangat berbeda dengan pola pada pria. Gejala utama kerontokan rambut pola wanita meliputi:

Rambut yang menipis pada pola kebotakan perempuan terutama diamati pada bagian atas dan daerah mahkota. Kebotakan dimulai dengan pelebaran di bagian pusat rambut.
Garis rambut bagian depan tetap tidak terpengaruh pada kebanyakan pasien.
Kerontokan rambut mungkin akut, tapi tidak menyebabkan kebotakan total atau hampir total, seperti pada pria
Kerontokan rambut Lebih banyak terjadi pada saat mandi dan saat menyisir rambut Anda.

Apa Penyebab Rambut Rontok?

Penyebab rambut rontok bervariasi bagi tiap orang. Sementara dalam beberapa kasus, faktor eksternal mungkin jadi penyebabnya, beberapa masalah seperti kondisi medis yang serius, kekurangan nutrisi dan faktor keturunan juga menyebabkan kebotakan pada kebanyakan pasien. Simak beberapa faktor utama yang mungkin menyebabkan rambut rontok pada wanita :

1. Faktor keturunan

Kerontokan rambut seringkali diturunkan melalui gen. Jika orang tua Anda memiliki masalah rambut rontok, kemungkinan Anda juga akan demikian. Sementara hal ini lebih jelas terbukti pada kaum pria, kaum wanita juga menderita alopecia yang diturunkan secara genetik.

2. Perubahan Hormon

Perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh meningkatkan sensitivitas folikel rambut, melemahkan akar rambut, dan menyebabkan rambut rontok. Menopause, kista ovarium, hipotiroid, hipertiroid, dll, membawa perubahan keseimbangan hormonal pada tubuh Anda, yang akhirnya akan menyebabkan rambut rontok.

3. Kehamilan

Kebanyakan wanita, selama, dan pasca kehamilan, sering mengalami dehidrasi, kelelahan, dan ketidakseimbangan hormon. Hal ini menyebabkan peningkatan kepekaan pada folikel rambut. Ini juga menciptakan kondisi kulit kepala yang tidak menguntungkan. Semua faktor ini akan menyebabkan rambut rontok yang kronis.

4. Stres Fisik dan Mental

Penyakit yang terus-menerus diderita, penurunan berat badan secara drastis dan berlebihan, dan kerja fisik yang ekstrim dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi dan kelelahan. Hal ini bisa membuat folikel rambut menjadi kurang gizi dan lemah, dan akhirnya menyebabkan rambut rontok dengan cepat.

5. Infeksi pada kulit kepala

Infeksi jamur, bakteri, dan virus seperti dermatitis seborrhea dan psoriasis di kulit kepala dapat melemahkan akar dan merusak folikel rambut, sehingga menyebabkan penipisan, kerusakan, dan kerontokan rambut.

6. Alopecia Areata

Ini adalah kelainan autoimun dimana sistem kekebalan tubuh menganggap rambut sebagai pencemar asing, lalu mulai menyerang folikel rambut, yang akan menyebabkan rambut rontok. Tidak ada obat untuk kondisi ini dan 10% orang yang mengalaminya menderita kerontokan rambut yang permanen.

7. Pengobatan dan Perawatan

Kondisi medis tertentu memerlukan perawatan dan operasi yang membantu penyembuhan penyakit. Sementara hal ini bisa mengobati kondisi Anda, namun efek samping dari perawatan seringkali bisa merusak folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok dengan cepat. Pengobatan seperti kemoterapi untuk mengobati kanker, steroid, dan pengobatan untuk penyakit tifoid, penyakit jantung, depresi, dan lain-lain diketahui bertanggung jawab atas kerontokan rambut yang ekstrim yang tingkatnya bisa menyebabkan kebotakan.

Berikut daftar obat yang mencantumkan efek samping yang akan menyebabkan rambut rontok yang mungkin terjadi bila memakainya :

  1. Anticoagulants
  2. Obat pelangsing
  3. Pil KB
  4. Obat tiroid
  5. Aleve atau ibuprofen
  6. Gemfibrozil, clofibrate, dan obat kolesterol lainnya
  7. Obat bisul seperti ranitidine, famotidine, dll

8. Gangguan tiroid

Gangguan tiroid dan obat anti-tiroid hampir selalu menyebabkan rambut rontok. Rambut terlihat jarang dan kerontokan rambut merata di seluruh kulit kepala. Pengobatan yang berhasil sering menumbuhkan rambut kembali, namun dalam beberapa kasus terjadi kerontokan rambut yang permanen.

9. Perawatan dan pemrosesan yang berlebihan

Sementara semua orang ingin rambut mereka terlihat indah dan menarik sepanjang waktu, mereka berlebihan dalam menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia dan peralatan pembentuk model rambut yang panas, hal itu dapat menyebabkan rambut rontok.

10. Defisiensi besi, anemia, dan kurang darah

Kekurangan sel darah merah dalam tubuh, kehilangan darah yang mendadak, dan kadar besi yang tidak mencukupi dalam tubuh tidak hanya akan menyebabkan kelelahan, kelemahan, dan sakit kepala, tapi juga rambut rontok.

11. Diet yang tidak benar dan malnutrisi

Kurangnya asupan nutrisi dan mengikuti diet yang tidak sehat dan tidak seimbang dapat menyebabkan kekurangan gizi dalam tubuh. Hal ini menyebabkan dehidrasi pada kulit kepala dan rambut dan bisa memicu rambut rontok yang berlebihan.

Tip Sederhana Untuk mengatasi rambut rontok

Kita tahu bahwa mengatasi rambut rontok bisa sangat memusingkan, tapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rambut rontok berlebihan :
Berikut adalah tips-tips sederhana yang sangat membantu :

1. Mendapatkan diagnosa yang tepat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyebab rambut rontok tak terhitung banyaknya, sehingga menjadi sangat penting untuk menemukan akar masalahnya. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mendapatkan diagnosis yang tepat untuk memulai. Hal ini dapat dilakukan dengan cara yang lebih sederhana dengan menemukan area di mana terjadi penipisan yang paling menonjol dan juga memantau seberapa banyak rambut yang rontok pada saat Anda menyisir atau keramas. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah Anda memiliki masalah medis yang menyebabkan rambut rontok.

2. Gunakan Sisir rambut yang cocok dan tepat

Menyisir rambut bisa menjadi mimpi buruk saat Anda mengalami kerontokan rambut. Hal ini bisa dilakukan lebih mudah dengan menggunakan sisir yang tepat. Gunakan sisir kayu dengan gigi yang lebar untuk menguraikan rambut Anda dari kekusutan; setelah menggunakan sisir kayu di atas, Anda bisa menggunakan sisir biasa. Ini akan mengurangi kerusakan dan kerontokan rambut akibat menariknya. Hal yang juga penting untuk diingat agar tidak menyisir rambut Anda saat sedang basah. Rambut Anda paling rentan saat basah, yang meningkatkan kemungkinan terjadinya kerusakan. Anda juga harus rajin untuk membersihkan sisir dan sikat Anda setiap minggu. Anda bisa melakukan ini saat Anda sedang mandi atau keramas setiap minggu. Membersihkan sisir Anda adalah tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mengendalikan rambut.

3. Mengeringkan rambut menggunakan handuk dengan cara yang benar

Mengusap rambut Anda dengan handuk sepertinya merupakan cara tercepat untuk mengeringkannya, namun hal itu bisa juga merupakan hal terburuk yang Anda lakukan pada rambut Anda. Mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya keras-keras dengan handuk akan menyebabkan kerusakan pada rambut, membuatnya jadi kusut, dan mencabutnya dari kepala. Sebagai gantinya, bersihkan kelembaban dari rambut Anda secara lembut dan hati-hati dengan handuk dan biarkan rambut kering secara alami.

4. Pilih produk perawatan rambut anda dengan bijak

Cobalah untuk beralih ke shampo yang bebas dari kandungan sulfat, silikon, dan paraben untuk menghindari penimbunan bahan kimia yang keras pada kulit kepala dan rambut Anda yang bisa menyebabkan kerusakan, membuat rambut Anda rapuh dan lebih rentan terhadap kerusakan. Mengontrol kerusakan karena bahan kimia tentunya merupakan cara yang pasti untuk mengatasi rambut rontok parah.

5. Cuci rambut anda tiga kali seminggu

Cuci rambut Anda setidaknya tiga hari sekali dengan pembersih rambut atau shampo yang lembut untuk menghilangkan semua akumulasi debu, kotoran, minyak, dan bakteri yang ada. Jaga kebersihan rambut setiap saat untuk menghindari kerontokan rambut akibat folikel yang tersumbat. Perlu juga diperhatikan agar tidak mencuci rambut lebih dari tiga kali seminggu. Keramas yang berlebihan akan menghilangkan minyak alami yang penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat dari kulit kepala dan rambut Anda.

6. Aplikasikan gaya atau style pada rambut dengan bijak

Jangan terlalu sering atau berlebihan melakukan pengeringan, pelapisan, pewarnaan dan perawatan dengan bahan kimia, karena akan menjadikan rambut Anda rontok. Jika Anda ingin mewarnai rambut Anda namun telah mengalami masalah rambut rontok, sebaiknya beri rambut Anda kesempatan beristirahat sejenak sebelum memasukkan lebih banyak bahan kimia ke dalam rambut Anda. Hindari gaya rambut seperti ikatan ekor kuda yang ketat, kuncir atau kepang setiap hari. Menggunakan karet pengikat rambut untuk menarik rambut dengan ketat juga bisa menyebabkan rambut rontok.

7. Jagalah agar kulit kepala anda tetap sehat

Jika Anda memiliki masalah seperti ketombe atau kulit kepala yang berminyak atau kering, Anda perlu mengatasi masalah ini dengan segera. Kesehatan kulit kepala sangat penting untuk pertumbuhan rambut sehat dan untuk menghindari rambut rontok.

8. Yoga dan olahraga

Anda akan terkejut melihat betapa banyak pengaruh dari stres yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Dan tidak ada hal yang bisa meringankan stres sebaik melakukan aktivitas fisik. Olahraga yang teratur seperti yoga bisa mengurangi stres dan membantu untuk mengurangi kerontokan rambut. Sebenarnya, ada beberapa latihan yoga tertentu yang secara khusus menargetkan pada penurunan kerontokan rambut .

9. Mengkonsumsi suplemen

Ada banyak suplemen untuk pertumbuhan rambut di pasaran yang dapat membantu untuk menebalkan rambut dan mengatasi rambut rontok. Bahkan suplemen vitamin tertentu juga dapat membantu meningkatkan kesehatan dan volume rambut Anda. Namun, jangan mengkonsumsi suplemen apapun tanpa berkonsultasi dengan profesional kesehatan terlebih dahulu. Minoxidil (Rogaine) adalah salah satu obat yang paling efektif dan disetujui oleh FDA dari dokter di seluruh dunia karena mampu mengatasi rambut rontok dan bisa mengobati masalah rambut yang terkait alopesia.

10. Perawatan rambut buatan sendiri

Penggunaan minyak untuk perawatan pada rambut Anda dan membiarkannya dalam semalam bisa membuat perbedaan. Hal itu benar. Meskipun Anda mungkin tidak suka dengan bayangan tentang rambut yang lengket dan berminyak, penerapan dengan minyak seperti almond, kelapa, dan biji jarak jauh, dll, dapat membantu rambut Anda dalam jangka panjang.

Membiarkan rambut Anda dalam keadaan berminyak semalaman akan memberi cukup waktu agar setiap helai rambut dilapisi dan agar kulit kepala mendapatkan gizi. Ketombe dan sel-sel mati akan terlepas karena gerakan jari-jari Anda dan bisa terlepas dengan mudah saat mencuci rambut dengan shampo keesokan harinya.

Untuk memberikan perawatan rambut dengan menggunakan minyak dalam semalam, ikutilah langkah-langkah di bawah ini :

1. Perawatan rambut menggunakan minyak

Anda akan memerlukan :

  1. 2 sendok makan Carrier oil (minyak pelarut), gunakan minyak pilihan Anda. Anda juga bisa menggunakan campuran minyak rambut.
  2. Tuangkan dua sendok makan minyak pelarut seperti : kelapa, jarak, zaitun, atau minyak almond ke dalam mangkuk.
  3. Celupkan jari Anda ke dalam mangkuk berisi minyak, lalu pijit-pijitlah kulit kepala Anda.
  4. Pijat kulit kepala selama sekitar 15 menit sampai seluruh kulit kepala Anda terlapisi dengan minyak.
  5. Biarkan minyak dalam semalam dan cucilah rambut Anda dengan shampo keesokan harinya.
  6. Lakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu.

2. Perawatan rambut menggunakan minyak hangat :

Jika Anda tidak tertarik pada perawatan rambut dengan meminyakinya dalam semalam, Anda juga bisa mengoleskan minyak pada kepala, satu jam sebelum mandi. Minyak hangat lebih disukai karena bisa menembus ke dalam pori-pori kulit kepala dengan lebih mudah dan meningkatkan aliran darah di daerah tersebut. Berikut adalah cara mengatasi rambut rontok menggunakan minyak hangat.

Anda membutuhkan :

  1. 2 sendok makan Carrier oil (minyak pelarut), gunakan minyak pilihan Anda. Anda juga bisa menggunakan campuran minyak rambut.
  2. Handuk panas

Prosesnya :

  1. Tuangkan dua sendok makan Carrier oil (minyak pelarut) ke dalam mangkuk, lalu panaskan selama beberapa detik sampai menjadi sedikit hangat.
  2. Celupkan jari Anda ke dalam mangkuk berisi minyak hangat ini dan mulailah memijat sekaligus meminyaki kulit kepala Anda.
  3. Pijat kulit kepala Anda dengan benar selama sekitar 15 menit sampai seluruh kulit kepala Anda tertutup minyak.
  4. Aplikasikan sisa minyak pada sepanjang batang rambut Anda, pastikan Anda telah melapisi dari akar ke ujungnya.
  5. Diamkan minyak di rambut Anda selama 30-45 menit lagi.
  6. Bungkus rambut Anda dengan handuk panas (Anda bisa merendamnya di air panas atau menggunakan pengering rambut untuk memanaskannya) selama melakukan proses ini.
  7. Setelah proses selesai, bersihkan minyak dari rambut dengan mengeramasi rambut Anda dengan shampo.
  8. Lakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu.

3. Masker rambut buatan sendiri

Menggunakan masker rambut buatan sendiri adalah pilihan yang tepat dan murah untuk digunakan mengatasi rambut rontok tanpa mencemari rambut Anda dengan bahan kimia yang berbahaya. Masker alami akan membantu memperkuat, memberi nutrisi, dan mempercantik rambut Anda. Berikut adalah masker rambut sederhana buatan sendiri untuk mengobati rambut rontok :

Masker perawatan rambut menggunakan teh hijau dan telur

Anda membutuhkan :

  1. 2 sdm teh hijau
  2. 1 kuning telur
  3. Shower cap (tutup kepala)

Proses :

  1. Ambil 1 kuning telur dan masukkan ke dalam mangkuk bersih. Tambahkan 2 sendok teh teh hijau ke dalamnya.
  2. Campur dengan baik dan merata sampai campuran berbusa dan lembut. Jika masih terlalu kental, Anda bisa menambahkan lagi teh hijau untuk mencairkannya.
  3. Oleskan masker rambut ini pada kulit kepala dan rambut Anda.
  4. Tutupi rambut Anda dengan tutup rambut.
  5. Biarkan selama sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air dingin dan shampo
  6. Lakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu.

Mengapa ramuan alami ini berkhasiat untuk mengatasi rambut rontok secara alami
? Karena teh hijau sarat dengan antioksidan, yang membantu mencegah rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Telur telah menjadi bahan perawatan rambut yang populer selama beberapa dekade karena kandungan proteinnya tinggi. Ramuan alami ini akan memberi rambut Anda nutrisi penting yang dibutuhkan untuk tumbuh dengan sehat.

4. Perawatan Salon: Hair Spa

Banyak salon yang menawarkan perawatan spa rambut yang bertujuan untuk memperkuat, mengkondisikan, dan memberi nutrisi pada rambut Anda. Perawatan ini sangat ideal untuk wanita yang sibuk dan stres. Perawatan tidak hanya memperbaiki kesehatan rambut, tapi juga merupakan cara yang sempurna untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Di bawah ini adalah manfaat dari perawatan hair spa :

  1. Perawatan ini akan mengkondisikan rambut Anda, mengatasi rambut dan memperbaiki rambut yang kering, rusak, dan kusam, juga membantu mengatasi ketombe dan rambut rontok
  2. Perawatan hair spa akan memberi rambut dan kulit kepala Anda nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Ini akan membantu memperkuat folikel rambut dan merevitalisasi kulit kepala, menciptakan kondisi yang ideal untuk pertumbuhan rambut tanpa adanya hambatan.
  3. Mencegah penuaan kulit kepala dan memperbaiki sirkulasi darah di kulit kepala dengan pijitan yang menstimulasi.
  4. Membantu menghilangkan kotoran dari rambut dan kulit kepala Anda, mencegah penyumbatan dan penumpukan, menghasilkan kesehatan rambut yang lebih baik.
  5. Perawatan spa rambut memberi kelegaan dari stres dan ketegangan.

5. Diet

Apa yang Anda konsumsi sama pentingnya dengan apa yang Anda paparkan pada rambut Anda. Menjaga pola makan yang sehat dan seimbang sangat penting untuk mengatasi rambut rontok. Anda harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan Zinc, Besi, Vitamin A, B kompleks, Vitamin C, Vitamin E, asam lemak omega-3, dan protein.

Makanan ini bisa digunakan untuk mengurangi kerontokan rambut, karena rambut rontok bisa disebabkan karena kekurangan vitamin atau mineral. Diet sehat juga akan membantu menjaga agar rambut Anda tetap lembab dan sehat, lebih sedikit ujung rambut yang pecah, dan mencegah kerusakan.

Pertimbangkanlah untuk menambahkan lebih banyak bahan-bahan ini pada menu makanan Anda: wortel, gandum, biji-bijian, beras merah, sayuran berdaun hijau, buah sitrus, lentil, ubi jalar, biji labu, tiram, kacang-kacangan seperti kenari dan kacang almond, minyak biji rami (minyak biji rami) atau biji rami tanah liat, makanan laut seperti salmon dan tuna yang kaya akan asam lemak omega-3, telur, kacang-kacangan, yogurt, dan keju rendah lemak.

Apa yang kita makan bisa sangat mempengaruhi kesehatan rambut. Peningkatan asupan buah dan sayuran, dan yang terpenting, air, pasti akan menghasilkan rambut yang lebih sehat.
Hindari makanan berlemak dan minuman bersoda
Diet kaya protein dibutuhkan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, dan diet yang tinggi vitamin E dan Omega 3, serta asam lemak Omega 6, bisa menghentikan penurunan rambut yang berlebihan.
Jangan lupa minum banyak air sepanjang hari untuk membersihkan semua racun yang berbahaya dari tubuh Anda.

Itulah beberapa tips dan cara untuk mengatasi rambut rontok. Semoga bermanfaat. [dja]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini