8 Aktor Laga Ini Ternyata Kuasai Lebih dari 4 Seni Bela Diri

Kamis, 3 Oktober 2019 00:05 Reporter : Tantri Setyorini
8 Aktor Laga Ini Ternyata Kuasai Lebih dari 4 Seni Bela Diri Aktor laga yang kuasai banyak cabang bela diri. ©REX/Shutterstock/Alamy

Merdeka.com - Nama seperti Jet Li dan Jason Statham diakui sebagai aktor-aktor laga terbaik, karena mereka memiliki kemampuan bela diri sebagai modal untuk menghidupkan adegan action. Walaupun begitu, sebagian besar dari mereka hanya menekuni satu atau dua cabang bela diri saja.

Sebaliknya, ada pula aktor seperti Wesley Snipes yang mempelajari berbagai seni bela diri untuk mengasah kemampuannya sebagai aktor laga. Atau mendiang Bruce Lee yang bahkan menciptakan seni bela diri jeet kune do.

Siapa saja aktor laga yang menguasai banyak cabang bela diri? Berikut ini kami tampilkan beberapa di antaranya.

1 dari 8 halaman

Jason Statham - 5 Cabang Bela Diri

5 cabang bela diri rev1

Jason Statham. REX/Shutterstock

Sebelum menjadi seorang aktor laga, Jason Statham adalah atlet renang yang cukup berprestasi. Dia juga sempat menjadi model, profesi yang mengantarkannya ke dunia film.

Aktor Inggris ini kerap melakukan aksi berbahaya untuk film-filmnya tanpa stuntman. Pasalnya dia memang terlatih dalam bela diri. Statham belajar wing chun, karate, kickboxing, dan brazilian jiu-jitsu. Dia juga berlatih Mixed Martial Arts (MMA).

2 dari 8 halaman

Mark Dacascos - 5 Cabang Bela Diri

5 cabang bela diri rev1

Mark Dacascos (kiri) bersama Iko Uwais (tengah). Instagram/dacascosmark

Aktor laga yang satu ini lebih dikenal lewat serial Hawaii 5-0 dan Marvel's Agents of S.H.I.E.L.D. Dia juga tampil di John Wick: Chapter 3 - Parabellum.

Mark Dacascos adalah seorang aktor laga yang mumpuni dengan kemampuan bela diri yang dipelajarinya sejak usia 7 tahun. Aliran bela diri yang paling dia kuasai adalah wun hop kuen do. Gaya bertarung ini diciptakan oleh ayahnya, Al Dacascos yang seorang master kung fu.

Dacascos memenangkan sejumlah kejuaraan kung fu dan karate hingga usia remaja. Walaupun begitu, dia juga menekuni muay thai, capoeira, dan wushu.

3 dari 8 halaman

Steven Seagal - 5 Cabang Bela Diri

5 cabang bela diri rev1

Steven Seagal. REX/Shutterstock

Aktor kawakan Steven Seagal adalah seorang master aikido. Bahkan sempat membuka dojo bersama salah satu muridnya.

Selain aikido, Seagal juga jago kendo, judo, dan brazilian jiu-jitsu. Dia menekuni karate shito-ryu selama bertahun-tahun. Bahkan sempat menjadi mentor Lyoto Machida, seorang petarung MMA asal Brasil.

4 dari 8 halaman

Jackie Chan - 6 Cabang Bela Diri

6 cabang bela diri rev1

Jackie Chan. REX/Shutterstock

Jackie Chan sudah menekuni bela diri sejak usia muda. Dia memperdalam bela diri di Peking Opera School, di kemudian hari tampil di grup pertunjukan yang berisi murid-murid terbaik bersama dua sahabat baiknya, Sammo Hung dan Yuen Biao. Dua nama ini kelak juga menjadi aktor laga terkenal.

Selama masa sekolah, Chan belajar kung fu. Dia mulai menekuni hapkido saat memasuki industri perfilman hingga mendapat sabuk hitam. Chan juga menekuni karate,judo, taekwondo, dan jeet kune do.

Chan juga menciptakan sub-genre bela diri yang disebut wu da pian. Cabang ini memadukan bela diri, aksi akrobatik berbahaya, dan komedi.

5 dari 8 halaman

Wesley Snipes - 6 Cabang Bela Diri

6 cabang bela diri rev1

Wesley Snipes. REX/Shutterstock

Aktor laga yang tenar lewat peran sebagai Blade si pembasmi vampir, Wesley Snipes mulai belajar bela diri sejak usia 12 tahun. Dia memegang sabuk hitam dan lima di shotokan karate dan sabuk hitam dan dua di hapkido.

Tak cukup sampai di situ, Snipes belajar capoeira di bawah bimbingan Mestre Jelon Vieira, brazilian jiu-jitsu, dan kickboxing. Snipes bahkan belajar kung fu secara khusus di USA Shaolin Temple.

6 dari 8 halaman

Jet Li - 7 Cabang Bela Diri

7 cabang bela diri rev1

Jet Li. REX/Shutterstock

Jet Li adalah seorang mantan atlet wushu yang sukses sebagai aktor laga di Asia maupun Amerika Serikat. Dia telah mencapai status master di berbagai aliran wushu dari Shaolin Utara, antara lain changquan dan fanziquan. Selain itu, Li juga mempelajari seni bela diri China lainnya, yaitu baguazhang, taijiquan, xing yi quan, zui quan, ying zhao quan, dan tanglangquan.

7 dari 8 halaman

Chuck Norris - 14 Cabang Bela Diri

14 cabang bela diri rev1

Chuck Norris. REX/Shutterstock

Carlos Ray Norris atau Chuck Norris, 79, adalah seorang aktor laga dan master bela diri yang sangat dihormati. Setelah menjalani karir militer bersama United States Air Force, dia memenangkan sejumlah turnamen bela diri dan lantas membuka sebuah sekolah bela diri. Di sanalah dia mengembangkan aliran chun kuk do.

Norris memegang sabuk hitam di cabang bela diri tang soo do, brazilian jiu jitsu, karate, dan judo. Semasa menjadi atlet, Norris juga mempelajari shotokan, goju-ryu, shito-ryu, arnis, enshinkaikan, kyokushin, taekwondo, kenpo gaya Amerika, dan hapkido.

8 dari 8 halaman

Donnie Yen - 15 Cabang Bela Diri

15 cabang bela diri rev1

Donnie Yen. REX/Shutterstock

Tak heran jika Donnie Yen dikenal sebagai aktor laga, koreografer laga, dan stuntman yang dihormati di dunia perfilman. Aktor 56 tahun itu menguasai belasan cabang bela diri, yaitu tai chi, tinju, kickboxing, jeet kune do, hapkido, taekwondo, karate, muay thai, gulat, brazilian jiu-jitsu, judo, wing chun, wushu, hung ga, dan MMA.

Perannya sebagai master wing chun di trilogi Ip Man turut mempopulerkan bela diri tersebut. Dia dianggap sebagai koreografer laga terbaik di dunia perfilman, hingga diundang untuk menjadi koreografer Blade II, Highlander: Endgame, dan Shanghai Knights. Bahkan Jackie Chan dan Jet Li menyebut Donnie Yen sebagai petarung terbaik dalam hal bela diri praktis di dunia sinema Asia. [tsr]

Baca juga:
Tak Banyak Diketahui, 15 Selebriti Ini Ternyata Berdarah Ningrat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini