7 Tempat yang jadi 'singgasana' hantu wanita paling menyeramkan

Kamis, 9 Februari 2017 00:03 Reporter : Tantri Setyorini
7 Tempat yang jadi 'singgasana' hantu wanita paling menyeramkan Ilustrasi hantu Anne Boleyn di Tower of London. © Dfiles.me

Merdeka.com - Cerita mistis selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi warga urban, terutama jika berkaitan dengan suatu tempat atau bangunan. Meskipun membuat bulu kuduk berdiri, gedung atau daerah yang diyakini berhantu akan mengundang para petualang bernyali besar untuk menjelajah.

Dalam beberapa kasus, sebuah tempat justru lebih terkenal karena arwah penasaran yang menghantuinya daripada nilai sejarah yang dimilikinya. Apalagi kalau hantu yang diyakini menghuni tempat itu adalah wanita. Biasanya selalu ada cerita memilukan di baliknya. Seperti tempat-tempat yang jadi 'rumah' hantu-hantu paling terkenal dalam sejarah berikut.

2 dari 8 halaman

Puri Himeji, Jepang - Okiku

jepang okiku rev1Puri Himeji. © Yakiba.com - Tsukioka Yoshitoshi

Puri Himeji merupakan salah satu benteng sekaligus kastil bernilai sejarah yang ada di Prefektur Hyogo. Kastil ini merupakan tempat keberadaan Okiku-ido atau sumur Okiku.
Okiku-ido merupakan bagian dari legenda mistis paling terkenal di Jepang. Di sinilah tempat bersemayam arwah Okiku, seorang gadis cantik yang dibunuh dengan dilemparkan ke dalam sumur. Konon Okiku dihukum mati karena menghilangkan satu dari sepuluh pusaka milik tuannya.

Kadang saat malam terdengar suara ratapan Okiku dari dalam sumur. Dia melolong sedih setiap menghitung jumlah pusaka yang tak genap. Jika ada yang mendengar tangisan Okiku, mereka harus meneriakkan kata 'sepuluh' agar arwah tersebut tenang dan berhenti menangis.

3 dari 8 halaman

Tower of London, Inggris - Anne Boleyn

london inggris anne boleyn rev1Tower of London, Inggris. © Visit London - DeviantArt

Di sinilah hantu tanpa kepala Anne Boleyn gentayangan. Anne adalah satu dari 8 istri Raja Henry VIII. Anne dihukum pancung atas perintah suaminya sendiri setelah gagal memberikan pewaris lelaki.

Sejak meninggal dunia pada tanggal 19 Mei 1536, hantu Anne Boleyn kerap berkeliaran di Tower of London. Sang ratu kerap mengisengi para penjaga dengan sosoknya yang putih pucat tanpa kepala. Selain di Tower of London, penampakan hantu Anne juga dilaporkan terjadi di Hever Castle, Blickling Hall, Salle Church, dan Marwell Hall.

4 dari 8 halaman

Warren Occult Museum, Amerika Serikat - Annabelle

museum amerika serikat annabelle rev1Warren Occult Museum. © Warren Occult Museum - TravelChannel.com

Masih ingat dengan boneka Annabelle yang muncul di film The Conjuring dan Annabelle? Boneka ini ternyata benar-benar ada dan sekarang menjadi bagian dari Warren Occult Museum. Museum yang berada di Moodus, Connecticut ini menyimpan benda-benda mistis dan berhantu. Pemilik sekaligus pengelolanya adalah pasangan investigator fenomena paranormal Ed dan Lorraine Warren.

Di sana Annabelle mendapat perlakuan istimewa. Boneka yang aslinya bersosok imut ini diletakkan di dalam sebuah lemari kaca kecil. Di depan pintunya yang tersegel tertera larangan keras untuk membuka lemari. Pasalnya, boneka Annabelle masih sering menunjukkan keanehan di malam hari. Konon boneka ini kerap bergerak dan mengeluarkan suara-suara misterius dari dalam lemari tempatnya berada.

5 dari 8 halaman

French Fort Cove, Kanada - The Headless Nun

cove kanada the headless nun rev1French Fort Cove, Kanada. © TripAdvisor - iStock

Dilansir Mentalfloss, The Headless Nun adalah hantu wanita yang bergentayangan di kawasan French Fort Cove, Kanada. Sang biarawati terus mencari kepalanya yang hilang sejak tewas pada tahun 1700-an. Pada masa itu, banyak wanita terhormat dari Prancis yang dikirim ke Kanada untuk menjadi biarawati.

Naas, biarawati yang satu ini menemui ajal saat bertemu dengan sepasang pelaut keji yang tengah memburu harta karun. Dalam cerita yang lain, sang biarawati dibunuh oleh seorang pria. Akhir dari masing-masing versi tetap sama, The Headless Nun berkeliaran selama berabad-abad untuk mencari bagian tubuhnya yang hilang.

6 dari 8 halaman

Jembatan Ancol, Indonesia - Si Manis Jembatan Ancol

indonesia si manis jembatan ancolJembatan Ancol. © Fourlook.com - IndoCropCircle

Siapa yang tak mengetahui kisah Si Manis Jembatan Ancol? Cerita hantu perempuan ini sudah menjadi salah satu urban legend di Jakarta. Bahkan sempat diadaptasi ke film dan sinetron horor.

Konon Si Manis Jembatan Ancol adalah seorang gadis lugu yang tinggal di Betawi pada zaman VOC. Gadis perawan yang katanya bernama Siti Ariah atau Mariyam ini menjadi incaran juragan-juragan kaya, namun memutuskan untuk melarikan diri daripada harus menjadi gundik. Namun nyawanya justru melayang di tangan dua orang centeng. Jasadnya dibuang dari Jembatan Ancol yang saat itu masih berupa jembatan gantung dan sejak saat arwahnya bergentayangan di sana.

7 dari 8 halaman

Huntingdon College - The Red Lady of Huntingdon College

the red lady of huntingdon collegeHuntingdon College. © Huntingdon College

Kisah The Red Lady of Huntingdon College diketahui publik melalui buku 13 Alabama Ghosts and Jeffrey karya Kathryn Tucker Windham. Melalui buku itu, Kathryn menceritakan kisah gadis malang bernama Martha. Martha merupakan murid pindahan dari New York. Gadis ini sangat pemalu dan kesulitan bersosialisasi. Setiap malam dia suka berkeliaran di asrama-asrama untuk memandang langit penuh bintang. Tak pernah keluar satu kata pun dari bibirnya.

Meskipun tak memiliki seorang teman pun, teman-teman seangkatan Martha mengingatnya sebagai seorang gadis pendiam yang menggilai warna merah. Seluruh perabotan di kamar berikut baju-bajunya berwarna merah terang. Hingga kematiannya tiba, Martha masih terus berkeliaran di asrama-asrama Huntingdon College. Sosoknya dikenali dari pakaian serba merah yang masih dikenakannya hingga hari ini.

8 dari 8 halaman

New Amsterdam Theater - Olive Thomas

theater olive thomasNew Amsterdam Theater. © Zozi - Screenplay.biz

Olive Thomas adalah seorang bintang film bisu, aktris panggung ternama, dan gadis flapper dari tahun 1920-an. Hidupnya benar-benar glamor bak Kim Kardashian dan Paris Hilton. Namun Olive meninggal di usia yang masih sangat muda. Perempuan ini tewas karena keracunan cairan merkuri yang seharusnya digunakan untuk mengobati penyakit sifilis suaminya.

Tak diketahui apakah Olive sengaja menenggak cairan mematikan tersebut sebagai upaya bunuh diri atau tidak. Yang pasti, sejak kematiannya hantu Olive kerap muncul di New Amsterdam Theater. Teater itu pernah menyaksikan zaman kejayaan Olive sebagai aktris. Olive kerap muncul dalam balutan gaun hijau penuh manik-manik seperti yang dia kenakan saat mementaskan Ziegfeld Follies. Tangannya menggenggam botol biru dan dia kerap menggoda para pria sebelum lenyap.

Karena sering muncul di teater, para pengelola tempat itu jadi punya kebiasaan menyapa Olive sebelum pergi. Katanya ucapan "Selamat malam, Olive" akan membuat arwah sang aktris tenang dan tak lagi mengganggu. [tsr]

Baca juga:
Puja Pantai, ritual mistis Suku Mah Meri menjamu roh laut
Hubungan intim, pelaku sebut Sumarminah ingin air maninya buat jimat
Ritual mengusir hantu musim dingin ala masyarakat Ceko
Tak berpintu, rumah-rumah di Shani Shingnapur tak pernah kecurian
Melihat lebih dekat perayaan Hari Tengkorak di Bolivia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini