9 Resep Masker Kentang untuk Atasi Berbagai Masalah Kulit

Rabu, 9 Oktober 2019 16:02 Reporter : Tantri Setyorini
9 Resep Masker Kentang untuk Atasi Berbagai Masalah Kulit Ilustrasi kentang. ©Pixabay

Merdeka.com - Mungkin tak banyak yang tahu kalau kentang adalah salah satu bahan alami terbaik untuk mencerahkan kulit. Tak hanya menyamarkan kantung mata, kentang juga bisa memudarkan flek hitam dan meratakan warna kulit yang belang. Semua itu berkat kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam cairan kentang.

Selain diiris dan dijadikan kompres, kentang segar juga bisa dijadikan bahan campuran masker. Cukup ditumbuk dan dikombinasikan dengan beberapa bahan lain untuk mendapatkan khasiat yang lebih kuat. Berikut ini beberapa resep masker kentang yang bisa kamu coba di rumah.

1 dari 9 halaman

Masker Kentang + Yogurt + Minyak Zaitun - Mencegah Penuaan Dini

Campur yogurt dan jus kentang dengan perbandingan yang sama, lalu percikkan 1 sendok minyak zaitun. Aplikasikan masker pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih.

Yogurt merupakan sumber lactic acid yang penting untuk peremajaan kulit. Sementara minyak zaitun kaya akan pelembap dan antioksidan yang bisa menjaga sel kulit awet muda lebih lama.

2 dari 9 halaman

Masker Kentang + Susu + Minyak zaitun - Mencerahkan dan Melembapkan

Campurkan 2 sendok makan susu segar (pasteurisasi), 1 sendok makan minyak zaitun, dan 1 buah kentang yang sudah dikupas dan dihaluskan. Aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan, kemudian diamkan selama 30 menit sebelum dibilas.

Kentang dan susu merupakan duo bahan pemutih alami. Begitu juga dengan susu dan minyak zaitun. Kulit akan terlihat cerah dan lembut jika menggunakan masker ini secara teratur.

3 dari 9 halaman

Masker Kentang + Lemon - Mencerahkan dan Mencegah Jerawa

Kombinasikan parutan kentang segar dengan air lemon dalam perbandingan yang sama. Terapkan masker pada kulit wajah. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih.

Masker dari kentang dan lemon memiliki khasiat pencerah dua kali lipat. Cocok untuk kulit yang mengalami pigmentasi, flek hitam, atau belang.

4 dari 9 halaman

Masker Kentang + Putih Telur - Mencerahkan dan Meringkas Pori

Kombinasikan cairan dari kentang yang sudah diparut dan diperas dengan putih telur ayam kampung organik. Pastikan untuk memilih telur yang masih segar dan bersih agar kulit terhindar dari infeksi bakteri salmonella. Kocok hingga benar-benar tercampur, kemudian terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih.

5 dari 9 halaman

Masker Kentang + Kunyit - Mencerahkan dan Menjadikan Kulit Bercahaya

Campurkan bubuk kunyit dan cairan dari kentang yang sudah diparut untuk membuat masker. Terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih.

6 dari 9 halaman

Masker Kentang Parut - Mengangkat Sel Kulit Mati

Parutan kentang bisa difungsikan sebagai scrub alami yang lembut bagi kulit. Gosokkan parutan kentang segar di wajah dan tubuh. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih. Kulit Anda akan tampak lebih segar dan bercahaya.

7 dari 9 halaman

Masker Kentang + Mentimun - Memudarkan Kantung Mata

Kentang dan mentimun sama-sama bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kantung mata. Campur jus kentang dan jus mentimun dalam jumlah yang sama. Terapkan pada kulit di sekitar mata Anda. Biarkan selama sekitar 15 menit. Keduanya akan mengatasi sembap dan mendinginkan mata.

8 dari 9 halaman

Masker Kentang + Tomat + Kunyit - Mengatasi Sunburn

Tomat dan kunyit kaya akan antioksidan yang penting untuk mengembalikan kondisi kulit ke taraf normal. Karena itulah, keduanya ampuh untuk mengatasi pigmentasi karena paparan sinar matahari.

Campurkan 1 sendok makan jus tomat, 1/2 sendok makan jus kentang segar, dan sejumput kunyit bubuk/parutan kunyit segar. Aplikasikan masker pada wajah dan leher yang mengalami pigmentasi karena paparan sinar matahari berlebihan. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air.

9 dari 9 halaman

Masker Kentang + Air Mawar - Mengatasi Kulit Berminyak

Kupas dan parut kentang yang masih segar serta sudah dicuci. Setelah itu campur dengan air mawar atau air beras secukupnya. Tambahkan 1 sendok teh air perasan jeruk nipis dan aduk rata. Terapkan masker pada wajah yang sudah dibersihkan dari makeup.

Demikian aneka manfaat kentang untuk kecantikan dan resep yang bisa dipraktikkan di rumah. Pastikan Anda selalu menggunakan kentang yang masih segar dan sudah dicuci bersih. Gunakan juga pisau dan peralatan lain yang sudah steril agar tidak terjadi transfer kuman.

Itulah beberapa resep masker dari kentang untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Silakan dicoba di rumah untuk membuktikan sendiri khasiatnya. [tsr]

Baca juga:
Masker Kedelai untuk Kulit Senantiasa Awet Muda
Bisakah Aspirin Dimanfaatkan untuk Mengatasi Jerawat?

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini