5 Kuliner Hits yang Viral di Tahun 2019

Selasa, 3 Desember 2019 00:06 Reporter : Tantri Setyorini
5 Kuliner Hits yang Viral di Tahun 2019 Kuliner viral 2019. ©Instagram/xiboba.indonesia/baksoaduhai.id/panco.id

Merdeka.com - Jejaring sosial Instagram yang sudah tak lagi terhitung muda rupanya tak juga menyurutkan tren kuliner, terutama kuliner kekinian. Setiap tahun, para pecinta kuliner disuguhi variasi makanan jenis baru. Semuanya serba unik dan pastinya viral.

Popularitas es kepal, cheese tea, dan tokebi sudah meredup sejak tahun 2018 berakhir. Kini giliran makanan-makanan baru yang merajai Instagram. Apa saja makanan enak yang viral di sepanjang tahun 2019? Berikut ini beberapa di antaranya.

1 dari 5 halaman

1. Boba Cake

 /></em></p>
<p style=Instagram/banban.tea

Bubble tea memang sudah lama ada di Indonesia. Sampai saat ini pun popularitasnya belum surut. Berbagai racikan minuman kekinian dengan tambahan boba alias pearl hitam berbahan tapioka masih jadi salah satu jajanan favorit generasi milenial.

Uniknya, tahun ini boba tenar kembali dengan variasi yang berbeda. Boba tak cuma hadir sebagai topping minuman, namun juga sebagai topping hidangan penutup.

Satu variasi yang populer di tahun ini adalah boba cake atau boba pancake. Paduan pancake atau japanese souffle pancake yang fluffy dengan topping boba ternyata banyak digemari.

2 dari 5 halaman

2. Minuman Brown Sugar

 /></em></p>
<p style=Instagram/tiger.boba

Brown sugar juga lagi digemari di tahun 2019. Popularitas kedai-kedai kopi kekinian yang tak kunjung surut telah melahirkan berbagai racikan minuman baru. Salah satunya adalah brown sugar. Rasa brown sugar yang unik dan tak terlalu manis di dalam kopi atau milk tea ternyata cocok di lidah anak muda.

3 dari 5 halaman

3. Japanese Souffle Pancake

 /></p>
<p style=Instagram/myfunfoodiary

Setelah japanese cotton cheese cake dan Tokyo banana sempat jadi hidangan penutup favorit, kini giliran souffle pancake ala Jepang yang mulai digemari di Indonesia. Sama seperti para pendahulunya, pancake gaya Jepang ini juga mengambil pakem souffle yang lembut, fluffy, dan mengembang seperti kapas.

Japanese souffle pancake biasanya disajikan sebagai hidangan penutup. Disajikan bersama berbagai topping manis favorit, termasuk boba yang juga lagi viral itu.

4 dari 5 halaman

4. Rokupang (Roti Kukus Panggang)

 /></p>
<p style=Instagram/jajanan_makassar

Setelah long john menjadi kuliner berbahan dasar roti yang laris manis di tahun 2018, tongkat estafet diteruskan oleh rokupang alias roti kukus panggang. Sebenarnya makanan ini mulai viral sejak akhir tahun 2018. Namun popularitasnya di dunia kuliner semakin menanjak di tahun 2019.

Rokupang umumnya terbuat dari roti pandan yang dimasak dengan cara dikukus. Setelah itu dibelah dan diisi dengan berbagai bahan makanan bercita rasa manis atau asin. Misalnya keju, cokelat, dan meat patty. Setelah itu roti kukus dipanggang hingga permukaannya berwarna kecoklatan dan menghasilkan aroma semangit khas.

5 dari 5 halaman

5. Bakso Seafood

 /></p>
<p style=Instagram/bulnak_gresik

Bakso dengan lauk tambahan seafood utuh viral di Instagram lantaran penampilannya yang mencolok. Sepanci bakso daging dengan kepiting utuh, lobster, kerang, dan potongan gurita jelas bikin ngiler para pecinta kuliner.

Bakso Bulnak dari Gresik memperkenalkan racikan bakso berkuah pedas dengan cumi, gurita, kepiting, dan lobster utuh yang langsung viral di Instagram. Kemudian disusul dengan kehadiran Bakso Aduhai di Surabaya yang juga menawarkan bakso pedas dengan konsep serupa.

Itulah deretan makanan dan minuman kekinian yang viral di sepanjang tahun 2019. Sudah coba semuanya? Atau jangan-jangan fotonya sudah bertengger manis di Instagram milikmu! [tsr]

Baca juga:
Kafe di New York Tawarkan Kopi Sewarna Tinta dengan Krim Hitam Pekat
Perusahaan di Brooklyn Produksi Vodka Berbahan Udara dan Sinar Matahari
Melihat Pembuatan Bakso Unik Berbentuk Bidak Catur
Kepiting Termahal di Dunia Terjual 647 Juta Rupiah

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini