4 Sumber Stres yang Bikin Bulu Kucing Anggora Rontok Parah

Jumat, 5 Maret 2021 07:31 Reporter : Wuri
4 Sumber Stres yang Bikin Bulu Kucing Anggora Rontok Parah 4 Sumber Stres yang Bikin Bulu Kucing Anggora Rontok Parah. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Bulu tebal dan lembut merupakan salah satu ciri fisik Anggora yang membuatnya cukup ngetop di kalangan pecinta kucing. Perlu perawatan rutin, akhir-akhir ini kamu mulai khawatir saat melihat bulunya terus-menerus rontok. Meskipun bisa dipengaruhi oleh pergantian musim atau pertumbuhan bulu baru, hal ini juga bisa dipicu oleh stres yang disebabkan oleh 4 hal ini.

Dibawa ke Dokter Hewan

4 sumber stres yang bikin bulu kucing anggora rontok parah
©Shutterstock

Bagi kucing, mungkin tidak ada yang dapat mengalahkan kecemasan yang dirasakan saat mengunjungi dokter hewan. Bukan hanya dimasukkan ke dalam kotak yang kecil dan melalui perjalanan yang baginya menegangkan, tapi indra penciumannya juga diserang oleh aroma baru dan asing baginya. Untuk membuat anabul merasa lebih nyaman dan aman, bawa serta selimut atau mainan kesukaannya untuk membantu menenangkannya.

Penghuni Rumah Baru

4 sumber stres yang bikin bulu kucing anggora rontok parah
©Shutterstock

Kucing tergolong hewan peliharaan yang punya kebiasaan tertentu, jika ada manusia atau binatang baru yang datang ke rumah, reaksinya bisa beragam. Terkadang, anabul akan bersembunyi, tapi tak jarang juga berperilaku agresif seperti mencakar dan menggigit.

Solusinya, beri kucing ruang yang cukup aman baginya untuk menenangkan diri. Hal ini akan membantunya dalam membangun kepercayaan dan memperbaiki reaksinya saat dihadapkan pada situasi yang sama.

Lingkungan Baru

4 sumber stres yang bikin bulu kucing anggora rontok parah
©Shutterstock

Kucing biasanya memiliki tempat khusus yang dianggapnya aman dan nyaman. Tapi hal itu berubah seketika saat pemiliknya membawa anabul tersebut ke rumah atau lingkungan baru misalnya saat traveling. Merasa kurang aman, jangan pernah gagal untuk meyakinkan kalau anabulmu baik-baik saja bersama orang-orang yang menyayanginya.

Suara Berisik

Tergantung pada ras yang dimiliki, kebanyakan kucing tidak menyukai suara bising yang membuatnya merasa gelisah dan rentan stres. Hal ini bisa terjadi saat kucing berada di lingkungan dengan banyak suara seperti taman atau jalan yang ramai. Begitu juga saat melakukan perbaikan rumah yang membuatnya merasa ketakutan.

Setelah menemukan penyabab stres, coba perlahan-lahan membiasakan kucing untuk menghadapinya. Misalnya memutar lagu dengan nada yang lebih tinggi dan diikuti dengan pemberian perhatian dan reward saat anabul bisa mengatasi kegelisahannya.

Selain itu, pastikan pola makan yang tepat dan seimbang, yang membantunya terbebas dari gangguan kesehatan kulit seperti Muezza yang tinggi protein, asam lemak omega, vitamin, dan mineral. Menyediakan asupan nutrisi yang tepat dan seimbang, brand makanan kucing ini pun terjamin sehat karena menggunakan bahan-bahan alami dan diolah dengan teknologi modern tanpa penambahan bahan sintetik.

4 sumber stres yang bikin bulu kucing anggora rontok parah
©2021 Merdeka.com

Bukan hanya itu saja, Muezza juga sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand yang bikin pemiliknya bebas cemas saat memegang makanan atau tanpa sengaja terkena liur kucing. Terdiri dari 4 varian rasa yang jadi favorit kucing, dapatkan Muezza dengan mudah di Shopee dan Tokopedia. (*/eth)

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia [wri]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Makanan Kucing
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini