4 Lumpia istimewa ciri khas berbagai kota di nusantara, tak cuma dari Semarang

Minggu, 12 November 2017 06:06 Reporter : Tantri Setyorini
Ilustrasi lumpia. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Hassel Sinar

Merdeka.com - Siapa yang belum pernah mencicipi lumpia khas Semarang? Jajanan ini termasuk salah satu kuliner paling populer dari ibukota Jawa Tengah tersebut. Namun yang namanya lumpia ternyata tak cuma dari Semarang. Ada berbagai jenis lumpia yang tak kalah enaknya dari kota lain.

Berikut ini kami tampilkan aneka jenis lumpia yang jadi ciri khas sejumlah kota di nusantara.

Lumpia Semarang


Lumpia Semarang © Wikimedia Commons/Midori

Lumpia yang satu ini tentu sudah tak asing lagi. Dengan isian tumis rebung dan ayam yang dominan rasa manisnya. Bisa ditemui di hampir setiap sudut kota Semarang.

Sosis kecut


Lumpia dulek © Dura Nafisah

Ada yang menyebutnya lumpia dulek, lumpia delanggu, atau sosis kecut. Bagi yang belum pernah mendengar, jajanan ini berasal dari Klaten. Merupakan produk khas warga Desa Delanggu yang murah meriah.

Lumpia dulek berukuran sejari telunjuk, dengan kulit berwarna kuning dan isian tauge. Harganya pun sangat murah, satu plastik dijual dengan harga antara Rp 500,- sampai Rp 1.000,-. Pedagangnya berjualan berkeliling dengan sepeda atau menggunakan tenggok.

Dilansir Antaranews, bahan baku yang dipakai adalah tepung onggok alias tepung pati sehingga memiliki rasa yang sedikit asam.

Lumpia Yogya


Lumpia Yogya © Foody.id

Di daerah Malioboro ada satu pedagang kaki lima yang menawarkan lumpia khas. Bukan lumpia ala Semarang, tetapi lumpia racikan leluhur yang menggunakan isian berbeda dan disiram saus khusus pula.

Lumpia yang populer dengan nama lumpia Samijaya atau Mutiara ini menawarkan isi ayam, tauge, wortel, atau bengkuang. Untuk lumpia spesial ditambahkan sebutir telur puyuh yang sudah dimasak pindang.

Setelah digoreng, lumpia disajikan bersama siraman saus putih beraroma bawang, acar, dan cabai rawit hijau.

Lumpia basah


Lumpia basah © Jejakrasa.com

Sebenarnya pedagang lumpia di Semarang maupun daerah lain juga menawarkan lumpia basah alias lumpia yang tidak digoreng. Tetapi lumpia basah khas Bandung tergolong istimewa karena isinya sangat berlimpah, sehingga harus disajikan di atas piring atau daun pisang. Dimakan menggunakan sumpit.

Itulah beberapa jenis lumpia yang jadi jajanan khas di berbagai kota di Indonesia. Sudah pernah mencicipi semuanya? [tsr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.