24 Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dan permanen

Selasa, 3 Oktober 2017 23:59 Reporter : Bethari Taya
Ilustrasi pori-pori wajah. ©2017 louisakoh.com

Merdeka.com - Memiliki pori-pori wajah yang terlihat besar tentu membuat tingkat kepercayaan diri menurun apalagi jika terjadi pada perempuan. Dibandingkan dengan laki-laki, perempuan memang lebih menjaga penampilan, baik penampilan wajah maupun tubuh. Terkadang untuk mempercantik penampilan, perempuan kerap kali menggunakan make up.

Sebelum melanjutkan pembahasan mengenai make up, mari terlebih dahulu membahas tentang pori-pori yang menjadi topik utama pembahasan kali ini. Pori-pori atau titik-titik pada permukaan kulit sebenarnya merupakan folikel rambut yang terbuka. Nah tiap folikel ini mengandung kelenjar minyak. Umumnya pori-pori yang ada di wajah terutama bagian dahi dan hidung cenderung terlihat lebih besar.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya pori-pori kulit itu tidak benar-benar membesar seperti yang kita ketahui. Hal ini merupakan hal genetik. Orang dengan kulit pucat ataupun putih memiliki pori-pori yang cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan orang yang berkulit lebih gelap. Hal ini juga tergantung pada tipe kulit seseorang. Orang dengan kulit berminyak pori-porinya lebih nampak dibandingkan dengan mereka yang memiliki kulit kering.

Kembali lagi pada make up. Make up meski berguna untuk mempercantik wajah, ternyata dapat menjadi faktor pori-pori kulit terlihat lebih besar atau “membesar”. Hal ini dikarenakan make up menutupi kelenjar minyak sehingga sel kulit mati menjadi terperangkap dalam folikel. Terlihat besarnya pori-pori seseorang juga bisa disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet. Bisa juga dikarenakan kadar kolagen yang menurun yang biasanya terjadi pada orang tua.

Pori-pori yang tersumbat, terbuka, dan membesar inilah yang biasanya menjadi biang keladi dari jerawat dan komedo. Pori-pori besar, jika Anda orang yang sering keluar tentu akan menyebabkan debu, kotoran, dan bakteri menempel pada kulit sehingga pori-pori menjadi makin besar lagi.

Agar pori-pori tidak terbuka sehingga sumber komedo, jerawat, dan kulit kusam menempel pada kulit dan masuk pada pori-pori, simak yuk cara mengecilkan pori-pori wajah di bawah ini.

Cara mengecilkan pori-pori secara alami dan permanen

  1. Jeruk nipis


Ilustrasi jeruk nipis ©Shutterstock/Susan Fox

Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah lalu diamkan selama 15 menit.

  1. Lemon


Ilustrasi lemon © Istimewa

Jeruk yang kaya akan anti-oksidan dan vitamin C berikut adalah lemon. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Lemon juga dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah. Dengan mengoleskan air perasan lemon pada wajah Anda dan membiarkannya selama 15 menit akan membuat pori-pori menjadi menutup.

  1. Jeruk


Ilustrasi jeruk Shutterstock/NorGal

Jeruk yang biasa Anda makan dagingnya pun juga dapat menjadi salah satu alternatif cara mengecilkan pori-pori wajah wajah secara alami berikutnya. Alih-alih Anda memakan dagingnya, peras air jeruk lalu oleskan pada wajah Anda. Lakukan secara rutin maka pori-pori wajah Anda akan menutup sehingga nampak lebih kecil.

  1. Kulit Jeruk



Ilustrasi kulit jeruk © YouTube


Dibandingkan dengan buahnya, kulit jeruk ternyata lebih banyak mengandung vitamin C. Jadi bagi Anda yang suka sekali makan jeruk, jangan terburu dibuang kulitnya. Kulit jeruk dapat Anda pakai sebagai masker wajah yang berguna sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya adalah dengan menjemur kulit jeruk hingga benar-benar kering. Lalu tumbuk kulit jeruk hingga halus. Campurkan dengan air hingga berbentuk pasta. Setelahnya oleskan pada wajah Anda yang sebelumnya telah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Kadar anti oksidan yang ada pada kulit jeruk akan membantu kulit untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan mengecilkan pori-pori.

  1. Lidah buaya


Ilustrasi lidah buaya ©2014 Merdeka.com/shutterstock/Ilyashenko Oleksiy

Dengan menggunakan lidah buaya, Anda mendapatkan banyak manfaat sekaligus. Menyegarkan wajah, mencerahkan kulit wajah, serta mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya pun mudah saja, dengan mengambil gel lidah buaya yang ada di tengah lalu oleskan secara merata pada kulit wajah Anda. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

  1. Pepaya


Ilustrasi pepaya © Shutterstock

Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit Anda. Dengan pepaya, kulit mati menjadi hilang, membersihkan kotoran pada wajah juga, serta dapat mengecilkan pori-pori wajah. Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah Anda.

Dengan menghaluskan pepaya lalu menjadikannya sebagai masker selama 30 menit, akan membantu mengecilkan pori-pori wajah.

  1. Alpukat


Ilustrasi alpukat Shutterstock/Skumer

Alpukat bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda dari penuaan dini karena alpukat banyak mengandung karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E berguna untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari sedangkan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal. Dengan alpukat, penyebab pori-pori membesar akan dibasmi sehingga pori-pori wajah akan mengecil dan menutup dengan sendirinya. Haluskan satu buah alpukat lalu gunakan sebagai masker wajah.

  1. Pisang

Pisang kaya akan vitamin C dan tentu saja efektif untuk memutihkan wajah secara alami. Caranya mudah saja dengan menghaluskan 1 buah pisang lalu tambahkan 1 sdm madu. Campur hingga rata lalu oleskan pada wajah.

  1. Strawberry

Ellagic ada dalam buah strawberry yang bagus untuk menghilangkan kotoran dan menyingkirkan kulit mati pada wajah sehingga pori-pori meengecil. Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dengan menggunakan strawberry adalah dengan menghaluskannya lalu campurkan dengan susu hingga mengental dan gunakan sebagai masker wajah.

  1. Tomat

Senyawa anti-oksidan yaitu lycopine ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar sel kulit tidak menumpuk sehingga pori-pori wajah mengecil. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus tomat hingga menjadi bubur lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

  1. Kentang

Kandungan mineral yang ada pada kentang dapat menjadi antibiotik alami agar penuaan wajah dapat melambat dan membantu regenerasi kulit serta menyingkirkan kulit mati pada wajah sehingga pori-pori mengecil.. Anti-oksidan yang alami juga berperan penting agar noda atau flek wajah dapat tersamarkan dan hilang sempurna.

Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus kentang yang telah direbus lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

  1. Mentimun

Mentimun kaya akan mineral dan vitamin yang penting agar kesegaran wajah terjaga. Mentimun juga berguna sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah. Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dengan menggunakan mentimun adalah dengan mengiris mentimun tipis-tipis lalu tempelkan pada seluruh wajah. Diamkan selama 30 menit lalu basuh dengan menggunakan air bersih. Atau bisa juga dengan memarut mentimun dan ambil airnya. Lalu dengan menggunakan kapas, oleskan pada wajah.

  1. Bengkoang

Banyak sekali produk kecantikan yang mengandung bengkoang sebagai pemutih. Namun tidak hanya berguna sebagai pemutih wajah, bengkoang juga dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah. Hal ini dikarenakan bengkoang kaya akan vitamin B dan C agar sel kulit mati tidak menumpuk pada wajah dan mengakibatkan pori-pori wajah membesar. Caranya mudah saja. Parut bengkoang lalu peras dengan menggunakan air. Gunakan sarinya sebagai masker wajah alami

  1. Lobak putih

Lobak putih tidak hanya digunakan sebagai bahan dapur saja namun juga dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Kandungan seperti vitamin C, vitamin B complex, fosfor dan zinc pada lobak putih sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit anda. Kandungan air yang cukup banyak di dalam lobak putih juga akan membuat kulit menjadi lebih lembap dan sehat.

  1. Putih telur

Putih telur dipercaya dapat mengenyalkan wajah Anda serta sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien. Putih telur digunakan sebagai masker wajah agar wajah terlihat cerah dan berseri. Untuk menghindari bau amis, Anda bisa menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon.

  1. Susu


Ilustrasi susu © Boldsky

Dalam wajah terdapat kolagen agar kulit tetap terlihat kenyal, tidak berkerut, dan agar pori-pori wajah tidak membesar. Nah susu memiliki kandungan vitamin D yang dapat meningkatkan produksi kolagen serta vitamin B6 berperan dalam merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap.

Cara adalah dengan mencampur 2 sdm susu segar dengan 1 sdm madu lalu jadikan masker wajah selama 30.

  1. Yogurt


Ilustrasi yogurt © Calorie Secrets

Tentu Anda tahu bahwa yogurt merupakan produk olahan susu. Oleh karena itu tentu saja yogurt mengandung kalsium dan zinc. Kalsium berperan penting untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi sedangkan zinc berperan untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah. Ada juga vitamin B kompleks yang dapat menyehatkan wajah Anda dan membuatnya bersinar alami sehingga pori-pori terlihat tidak nampak.

Yang Anda perlukan agar adalah yogurt segar tanpa rasa yang kemudian digunakan sebagai masker wajah.

  1. Teh hijau


ilustrasi teh hijau ©www.completemindandbody.co.uk

Anti-oksidan yang terkandung pada teh hijau dapat menangkal radikal bebas agar kulit dapat beregenerasi dengan cepat serta juga dapat mengangkat sel kulit mati sehingga pori-pori wajah mengecil. Anda bisa menggunakan daun teh hijau segar atau bubuk teh hijau sebagai masker wajah. Jika Anda menggunakan daun teh, rendam dalam air panas selama 15 menit lalu oleskan air pada wajah. Jika dengan menggunakan bubuk, campurkan 1 sdm bubuk teh hijau tambahkan dengan air hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada wajah.

  1. Kopi dan gula

Kopi dan gula ini digunakan sebagai scrub wajah agar kulit-kulit mati yang tertinggal di wajah dapat terangkat sempurna sehingga tidak tertinggal dan menyebabkan wajah menjadi kusam. Dengan tidak adanya sel kulit mati inilah maka pori-pori wajah mengecil. Campurkan 1 sdt bubuk kopi dan 1 sdt gula lalu campurkan sedikit air hingga berbentuk pasta kemudian gosok-gosokkan pada wajah agar sel kulit mati terangkat.

  1. Air rendaman beras

Ketika hendak menanak beras, jangan terburu-buru untuk membuang airnya. Beras mengandung asam ferullic serta allantoin yang dapat melindungi kulit dan mengecilkan pori-pori wajah. Cukup biarkan air beras agar mengendap, lalu gunakan endapan air beras sebagai masker wajah alami.

  1. Minyak zaitun


Ilustrasi minyak zaitun ©2015 Sociolla/123rf

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit wajah, kulit agar tidak muncul keriput pada usia dini. Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. KArena itulah minyak zaitun merupakan cara mengecilkan pori-pori wajah yang efektif. Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu lalu gunakan sebagai masker wajah.

  1. Cuka apel


Ilustrasi cuka apel ©Shutterstock/IngridHS

Cuka apel memang asam, namun justru asam ini dapat membantu regenerasi kulit serta mengikis dan mengangkat sel kulit mati. Cuka apel berfungsi sebagai toner alami bagi kulit wajah Anda. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sdm cuka apel dengan segelas air lalu celupkan kapas dan oleskan pada wajah Anda.

  1. Madu


ilustrasi madu www.silverframehoney.co.uk


Pelembap alami wajah selanjutnya adalah madu yang sekaligus dapat mencerahkan kulit karena kaya akan anti-oksidan dan juga dapat mengangkat kulit mati. Anda cukup mengambil 1 sdm madu lalu oleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

  1. Es Batu


Ilustrasi es batu shutterstock

Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami yang terakhir adalah dengan menggunakan es batu. Es batu merupakan cara instan yang dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dan permanen. Caranya juga tergolong sangat mudah yaitu dengan mengoleskan sebongkah es batu yang diselimuti dengan sapu tangan atau handuk wajah. Lakukan selama 15 menit agar pori-pori wajah mengecil

Itulah ke 24 cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dan permanen. Semoga bermanfaat [mg2]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.