11 Abad warga Nordlingen tak tahu kota mereka dibangun dari 72.000 ton berlian

Senin, 4 Desember 2017 10:44 Reporter : Tantri Setyorini
11 Abad warga Nordlingen tak tahu kota mereka dibangun dari 72.000 ton berlian Nordlingen, kota yang terbuat dari berlian di Jerman. © Education Images/Getty Images

Merdeka.com - Sekilas pandang, Nordlingen tampak seperti pemukiman biasa nan lesu. Tak ada yang menyangka kalau nyaris seluruh bangunan di kota ini terbuat dari berlian. Bahkan penduduknya pun baru mengetahui fakta tersebut setelah 11 abad sejak pendirian kota.

Total 72.000 ton berlian membangun seluruh kota

Nordlingen merupakan sebuah kota Bavaria yang unik di Jerman. Hampir setiap bangunan di sana dibangun dari batu istimewa yang mengandung partikel berlian. Dilansir BBC Travel, para ahli geologi lokal memperkirakan kalau tembok kota dan bangunan-bangunan di dalamnya memuat sekitar 72.000 ton berlian.

Nordlingen, kota yang terbuat dari berlian di Jerman © Getty Images/Lothar Theobald

Salah satu bangunan tua yang membuktikan hal ini adalah sebuah gereja Gothic berikut menaranya. Bangunan ini tampak berkilauan saat diterpa sinar matahari. "Di dalamnya ada berlian-berlian kecil," kata Horst Lenner, penjaga menara tersebut. "Untungnya berlian-berlian itu sangat kecil. Kalau tidak menaranya pasti sudah dirobohkan."

Ukuran berlian yang terkandung di dalam bangunan-bangunan Nordlingen memang tak sampai 0,2 mm, menjadikannya terlalu sulit untuk didulang. Dilihat dengan mata telanjang saja sulit.

Sejarah berharga yang tersembunyi selama 11 abad

Tak banyak yang mengetahui kalau kota Nordlingen begitu kaya akan berlian. Bahkan para warganya pun baru mengetahui fakta tersebut beberapa puluh tahun terakhir. Tadinya, mereka pikir kilauan pada batu-batu tersebut merupakan mineral biasa. Sekarang pun mereka tak terlalu ambil pusing meskipun hidup di antara jutaan berlian mini.

"Kami melihatnya setiap hari, jadi bagi kami tidak ada istimewanya sama sekali," kata salah satu penduduk di sana.

Nordlingen, kota yang terbuat dari berlian di Jerman ©2017 BBC/Julie Ovgaard

"Mereka tidak tertarik dengan hal itu. Mereka malah heran kenapa orang mau jauh-jauh ke sini untuk melihatnya," tutur Lenner yang termasuk warga pendatang.

Nordlingen adalah sebuah kota yang berdiri di atas cekungan raksasa seluas 26 kilometer. Ketika penduduk pertama Nordlingen mulai membangun pemukiman pada abad 9, mereka mengira kalau cekungan tersebut adalah kawah gunung berapi yang sudah mati. Namun ternyata itu adalah kawah yang terbentuk karena hantaman asteroid 15 juta tahun lalu.

Panas dan tekanan intens membuat karbon di dalam lapisan bebatuan berubah bentuk menjadi berlian renik. Terbentuklah batuan suevite yang lantas digunakan penduduk untuk membangun rumah, fasilitas umum, dan tembok kota.

Berikutnya: Dua ahli geologi membuat isi buku sejarah direvisi [tsr] SELANJUTNYA

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini