Venezuela memanas, KBRI Caracas bersiap evakuasi

Jumat, 28 Juli 2017 16:11 Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro
Venezuela memanas, KBRI Caracas bersiap evakuasi Bentrok panas di Venezuela. ©REUTERS/Carlos Garcia Rawlins

Merdeka.com - Memanasnya situasi di Venezuela membuat korps diplomatik di negara tersebut ketar-ketir, terlebih hari ini, Jumat (28/7), pemadaman listrik jangka panjang diberlakukan di ibu kota Caracas. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan pihaknya telah menyiapkan rencana evakuasi bila situasi semakin memburuk.

Arrmanatha menuturkan untuk saat ini, Kedutaan Besar RI di Caracas masih dibuka.

"KBRI Caracas masih buka dengan segala keterbatasannya," tutur Arrmanatha dalam jumpa pers di Kementerian Luar Negeri, Jakarta.

"Pada hari ini, kita mengadakan rapat khusus menyiapkan rencana apabila (keadaan) memburuk, akan kita lakukan evakuasi," imbuhnya.

Sementara itu, Amerika Serikat memberikan perintah untuk menarik seluruh staf dan keluarga diplomatnya dari negara tersebut. Dilansir dari Reuters, perintah ini diambil lantaran protes terus merebak dan memakan korban jiwa.

Krisis ekonomi yang tengah membelit Venezuela membawa negara tersebut pada 'neraka'. Protes merebak di mana-mana meminta sang presiden, Nicholas Maduro turun dari jabatannya.

Korban berjatuhan akibat protes yang sudah berlangsung lebih dari dua bulan. Sementara itu, sang pemimpin tetap bergeming tanpa ada kejelasan pasti bagaimana krisis tersebut akan berakhir.

Maduro tahun lalu menuturkan krisis ekonomi di negaranya terjadi didalangi oposisi. Keadaan semakin kacau kala warga Venezuela mulai menjarah supermarket dan menyeberangi perbatasan ke Kolombia hanya demi makanan pokok dan kebutuhan sehari-hari.

Warga negara Indonesia yang berada di Venezuela berjumlah 63 orang. [pan]

Topik berita Terkait:
  1. Venezuela
  2. KBRI
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini