TNI bakal kirim Kopassus ke Afghanistan

Rabu, 20 Desember 2017 18:35 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menlu Retno Marsudi. ©2017 Merdeka.com/Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Kementerian Luar Negeri menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk keamanan di Kabul, Afghanistan. Nantinya TNI akan mengirim Komando Pasukan Khusus (Kopassus) ke Kabul. Tim pengamanan akan dikirim pada awal 2018.

"Ini pembicaraan cukup lama sudah dari sejak 2016. Alhamdulillah hari ini bisa tandatangan," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri Jakarta, Rabu (20/12).

Pemilihan Kabul sebagai tempat pengiriman tim Kopassus karena daerah itu terbilang rawan dan berbahaya.

"Terkait TNI, dari penilaian kita, ada keperluan pengamanan ekstra di daerah tersebut karena itu kita bicara dengan TNI dan MoU-nya ada dan kita pakai adalah Kabul," kata Retno.

Menurut Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Cecep Herawan, kementerian luar negeri Afghanishtan juga sudah memberikan izin lisan bagi penempatan personel TNI yang ada di Kedutaan Besar Republik Indonesia Kabul.

"Besar harapan kami pembahasan perjanjian dan kerjasama di antara kedua instansi dapat segera kita selesaikan, sehingga pengiriman tim pengaman TNI di KBRI Kabul dapat dilaksanakan pada awal 2018" kata Cecep.

Retno mengatakan ini bukan pertama kalinya Kemlu dan TNI bekerjasama.

"Dulu waktu saya masih jadi dubes di Belanda ada 4 Kopassus yang bertugas di sana. Sekarang kita fokus di wilayah rawan konflik atau berbahaya," kata dia. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini