Theresa May sebut tak ada alasan anti Yahudi

Selasa, 18 September 2018 17:29 Reporter : Farah Fuadona
Theresa May sebut tak ada alasan anti Yahudi Perdana Menteri Inggris Theresa May. REUTERS

Merdeka.com - Perdana Menteri Inggris Theresa May meyakinkan warga Yahudi Inggris untuk tidak terhasut pernyataan Pemimpin Oposisi Jeremy Corbyn, yang menyebut bahwa kaum Zionis tidak memahami 'ironi Inggris'.

Dilansir dari The Times of Israel, Selasa (18/9), masyarakat Yahudi Inggris merasa takut dengan kehadiran Corbyn yang disebut-sebut anti Yahudi.

Sebelumnya, Corbyn muncul dengan video yang mengungkapkan bahwa kaum Zionis tidak memahami 'ironi Inggris' meski sudah lama berada di Inggris. Sebuah pernyataan yang dianggap rasis. Namun saat diminta klarifikasi, dia menyangkal bahwa ungkapan tersebut mengarah pada orang Yahudi.

Dalam jamuan makan makan malam badan amal Yahudi, May mengungkapkan tidak ada alasan untuk anti Yahudi. Dia juga berkomitmen untuk turut menjaga keamanan Israel.

Walau tak menunjuk secara langsung, May mengaku muak dengan ucapan Pemimpin Oposisi Jeremy Corbyn yang telah bersikap rasis terhadap umat Yahudi Inggris.

Sebuah lembaga survei menyebutkan 40 persen warga Yahudi Inggris memilih untuk berimigrasi bila Corbyn menjadi Perdana Menteri.

May menegaskan untuk mempertahankan nilai-nilai baik dalam masyarakat, kita harus memberi tempat bagi anak-anak dan remaja untuk bangga dengan identitas mereka, baik itu Inggris, Yahudi, maupun Zionis. Untuk melawan rasisme, kita harus melawan anti Yahudi yang sudah mulai ada ditengah masyarkat, ungkapnya juga.

"Di bawah kepemimpinan saya, Inggris akan selalu menjadi rekan nyata dan terpercaya bagi Israel, mendukung keamanan dan kemakmuran Israel, tidak hanya ucapan namun juga aksi nyata", ujarnya. [frh]

Topik berita Terkait:
  1. Yahudi
  2. Theresa May
  3. Inggris
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini