Rudal Korea Utara bikin maskapai ketar-ketir

Kamis, 7 Desember 2017 17:15 Reporter : Aryo Putranto Saptohutomo
uji coba balistik korea utara. ©2017 REUTERS/KCNA

Merdeka.com - Uji rudal antarbenua dilakukan Korea Utara membikin sejumlah maskapai ketar-ketir akan keselamatan awak dan penumpangnya. Alhasil, mereka memutuskan mengubah jalur penerbangan dari Semenanjung Korea menuju kawasan lain.

Dilansir dari laman BBC, Kamis (7/12), maskapai penerbangan dunia terpaksa mengubah jalur penerbangan itu antara lain Lufthansa (Jerman), Air France (Prancis), Singapore Airlines (Singapura), Swiss Airlines (Swiss), dan Japan Airlines (Jepang).

Menurut pernyataan resmi Singapore Airlines, mereka mulai menggeser jalur penerbangan sejak Korea Utara menguji rudal sejak Juli lalu. Sedangkan Air France memutuskan meluaskan zona larangan terbang di Semenanjung Korea setelah mengetahui kalau posisi rudal Korea Utara sedang diuji cuma berjarak seratus kilometer dari jalur penerbangannya.

Menurut penjelasan maskapai Lufthansa, mereka sudah mengubah jalur penerbangan selama setahun ke wilayah Korea Selatan dan Jepang, demi menghindari rudal Korea Utara. Penyebabnya adalah Korea Utara tidak pernah mengumumkan terlebih dulu kalau hendak menguji rudal, sebagaimana lazimnya dilakukan oleh negara lain. Hal itu berarti jalur rudal tidak diketahui dan bisa membahayakan penerbangan pesawat komersial.

Malah menurut maskapai Japan Airlines, mereka selalu melakukan evaluasi setiap hari, dan harus siap sewaktu-waktu buat mengubah jalur penerbangan menuju Korea Selatan, demi menghindari rudal Korea Utara. [ary]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.