Prancis akan selidiki pencarian MH370 setelah laporan final gagal pecahkan misteri

Jumat, 10 Agustus 2018 16:37 Reporter : Pandasurya Wijaya
Malaysia Airlines. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Prancis akan menyelidiki pencarian pesawat maskapai Malaysia Airlines MH370 setelah laporan final dari pemerintah Malaysia menyatakan mereka tidak mengetahui penyebab pesawat itu hilang pada Maret 2014.

Laporan final pencarian MH370 dirilis bulan lalu dan disimpulkan pesawat berpenumpang 239 orang itu ada kemungkinan dibajak pihak ketiga.

Dilansir dari laman Business Insider, Kamis (9/8), koran Prancis Le Parisien menyatakan badan keamanan bandara Air Transport Gendarmerie akan menggelar penyelidikan hilangnya MH370.

Tim penyelidik akan memeriksa data teknis yang dikirimkan dari MH370 termasuk data dari Immarsat, jaringan satelit Inggris yang melacak keberadaan pesawat itu. Immarsat melacak sinyal ping dari pesawat yang mengarah ke Samudera Hindia di lepas pantai Australia, lokasi yang diyakini tempat jatuhnya pesawat itu.

Prancis akan menguji kembali semua data teknis dari Immarsat untuk memastikan keaslian data-data itu.

Namun pemerintah Prancis belum secara resmi mengumumkan penyelidikan itu.

Keluarga korban MH370 mengaku sangat kecewa dengan hasil laporan final penyelidikan MH370 yang dipimpin pemerintah Malaysia dan Australia.

Dalam pernyataan dua hari lalu, mereka yang tergabung dalam Suara 370, kelompok keluarga korban MH370, menyerukan pemerintah Malaysia membeberkan semua data yang tersedia untuk diselidiki oleh tim independen.

Laporan mengungkapkan pengawas lalu lintas udara di Kuala Lumpur tidak menerapkan prosedur yang benar di malam ketika pesawat itu hilang. Hal itu membuat kepala Otoritas Penerbangan Malaysia mengundurkan diri.

Pesawat MH370 bertolak dari Kuala Lumpur menuju Beijing pada 8 Maret 2014 dengan membawa 239 penumpang. Pesawat itu kemudian hilang kontak tak lama setelah lepas landas hingga menjadi salah satu misteri terbesar hilangnya pesawat di dunia penerbangan modern. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini