Modal besar Singapura habiskan miliran untuk pertemuan Trump dan Kim Jong Un

Selasa, 12 Juni 2018 03:20 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Modal besar Singapura habiskan miliran untuk pertemuan Trump dan Kim Jong Un Kim Jong-un bertemu PM Singapura. ©REUTERS/Edgar Su

Merdeka.com - Singapura menjadi tuan rumah dalam KTT Amerika Serikat dan Korea Utara pada 12 Juni 2018. Sebelum pertemuan terjadi, Singapura sudah mempersiapkan segalanya hingga matang, mulai dari tempat pertemuan sampai keamanan.

Seperti diketahui, Singapura mempersiapkan pertemuan ini hingga mengeluarkan dana mencapai USD 20 juta atau setara dengan Rp 278 miliar. Untuk apa saja dana tersebut?

1 dari 3 halaman

Keamanan pertemuan KTT AS-Korut

Pasukan Gurkha. ©2018 AFP Photo/Ted Aljibe

Pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un diawasi dengan penjagaan ketat. Menurut PM Singapura Lee Hsein Loong, sekitar 50 persen dari anggaran itu diperuntukkan bagi pengamanan.

2 dari 3 halaman

Fasilitas untuk delegasi asing

Kim Jong-un bertemu PM Singapura. ©REUTERS/Edgar Su

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengatakan, kemungkinan pihaknya dapat menanggung sebagian biaya penyelenggaraan KTT. Sementara, sisanya dibebankan pada Washington dan Pyongyang.

Sumber dari Kementerian Komunikasi dan Informasi mengatakan bahwa biaya yang dibutuhkan untuk memfasilitasi sekitar 2.500 delegasi asing, termasuk pengaturan pusat media, adalah sekitar USD 5 juta, atau setara Rp 69,7 miliar.

3 dari 3 halaman

Singapura diduga danai biaya kamar hotel Kim Jong Un

Kim Jong-un tiba di Singapura. ©Kementerian Komunikasi dan Informasi Singapura/Handout via REUTERS

Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Hen mengungkapkan kesediaan pemerintahnya untuk menanggung biaya terkait keamanan dan logistik. "Biaya yang bersedia kami tanggung untuk memainkan bagian kecil dalam pertemuan bersejarah ini," kata dia, meski belum jelas pihak yang akan menanggung biaya penginapan itu.

Seperti diketahui, hotel tempat menginap Jong Un di Singapura terbilang mahal. Jong Un memilih hotel bintang lima Fullerton di Singapura, dengan kamar Presidential Suite dengan harga USD 6.000 atau Rp 83 juta per malam. Harga tersebut sangat fantastis mengingat ekonomi Korea Utara yang memburuk, dan itu membebani bank Korea Utara. [has]

Baca juga:
Pasukan elit Gurkha, pengawal pertemuan Trump-Kim Jong-un di Singapura
Modal besar Singapura habiskan miliran untuk pertemuan Trump dan Kim Jong Un
Apa yang akan dibahas dalam pertemuan Trump dan Kim di Singapura?
Ekspresi Trump ketika disambut PM Singapura
Paus Fransiskus: Semoga pertemuan Trump dan Kim membawa kedamaian dunia
Pengaturan lalu lintas diberlakukan, jelang pertemuan Trump dan PM Singapura
Ketatnya pengawalan Kim Jong-un saat menuju Singapura

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini