Malaysia Akan Kembalikan 3.000 Ton Sampah Plastik ke Negara Asal

Selasa, 28 Mei 2019 20:02 Reporter : Pandasurya Wijaya
Malaysia Akan Kembalikan 3.000 Ton Sampah Plastik ke Negara Asal sampah plastik di malaysia. ©Bernama

Merdeka.com - Menteri Lingkungan Hidup Malaysia Yeo Bee Yin hari ini mengatakan negaranya akan mengirimkan kembali 3.000 ton sampah plastik ke negara asal. Dia juga menyebut orang yang mengimpor sampah-sampah plastik itu secara ilegal adalah 'pengkhianat' negara.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Selasa (28/5), Yin menuturkan ada 60 kontainer sampah plastik yang sudah diimpor secara ilegal.

"Kontainer-kontainer ini dibawa ke negara kita secara ilegal dengan dokumen palsu dan berbagai pelanggaran lain yang jelas melanggar hukum lingkungan hidup kita," kata dia kepada wartawan usai memeriksa sejumlah kontainer di Port Klang.

Menurut Yin orang yang bersalah adalah para eksportir dan rekanan mereka di Malaysia.

"Setiap kontainer yang diimpor pasti ada pemain orang sini. Sebab kalau tidak mereka tidak akan bisa mengekspornya ke sini, itu sebabnya saya menyebut mereka pengkhianat."

Sang menteri mengatakan dia tidak bisa mengungkap ada berapa banyak perusahaan lokal yang terlibat karena kasus ini masih dalam penyelidikan. Semua pelanggar hukum akan dibawa ke pengadilan, kata Yin.

Malaysia tahun lalu menjadi negara tujuan utama bagi sampah-sampah plastik setelah China melarang impor sampah plastik. [pan]

Topik berita Terkait:
  1. Malaysia
  2. Sampah Plastik
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini