India Sukses Luncurkan Satelit Mata-mata ke Orbit Bumi

Selasa, 2 April 2019 18:07 Reporter : Pandasurya Wijaya
India Sukses Luncurkan Satelit Mata-mata ke Orbit Bumi satelit mata-mata india. ©ISRO

Merdeka.com - Badan antariksa India, Organisasi Penelitian Antariksa (ISRO), sukses meluncurkan satelit pengawasan ke orbit bumi bersama 28 satelit mikro milik industri swasta.

Laman Russia Today melaporkan, Selasa (2/4), roket terdiri dari empat bagian itu diluncurkan dari Pusat Antariksa Dhawan Satish pukul 09.27 waktu setempat. Roket itu memuat peralatan militer dan komersil.

Dengan berat 436 kilogram, satelit EMISAT itu akan menjadi perlengkapan intelijen bagi Angkatan Bersenjata India. Satelit ini bisa mengeluarkan spektrum elektromagnetik yang sudah dikembangkan selama kurang lebih lima tahun oleh Organisasi Penelitian dan Perkembangan Pertahanan India (DRDO).

Satelit canggih itu termasuk proyek India yang paling rahasia pembuatannya dan dijaga ketat. Dengan satelit ini angkatan bersenjata India mampu mendeteksi radar musuh.

EMISAT akan mempertahankan orbitnya pada ketinggian 749 kilometer sementara satelit komersil lainnya akan berada di ketinggian yang bervariasi.

Sedikitnya 20 perangkat kecil di satelit itu milik perusahaan Amerika Serikat, Planet Labs, dan akan memberikan citra Bumi dengan resolusi yang bisa membedakan objek hingga jarak tiga meter dari permukaan bumi.

Peluncuran satelit mata-mata ini hanya berjarak lima hari dari klaim India yang mengatakan sukses menguji coba senjata anti-satelit ASAT. India menjadi negara keempat di muka Bumi dengan kemampuan semacam itu. [pan]

Topik berita Terkait:
  1. India
  2. Satelit
  3. Intelijen
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini