Filipina ungsikan ribuan orang jelang Topan Besar Mangkhut

Jumat, 14 September 2018 17:48 Reporter : Teresa Rachel
topan mangkhut. ©CNN

Merdeka.com - Filipina mengevakuasi ribuan orang, mengerahkan tentara dan bersiap menyatakan keadaan darurat karena akan ada Topan Besar Mangkhut yang mengancam lebih dari 4 juta orang di sebelah utara Filipina. Badai besar, setara dengan angin topan kategori lima itu membuat warga di seantero Asia timur dan tenggara harus waspada.

Dikutip dari CNN, Jumat (14/09), Mangkhut lebih kuat daripada Badai Florence yang kini tengah menerjang Amerika. Mangkhut diperkirakan mencapai Pulau Luzon besok. Sekarang, kecepatan angin mencapai 285 km per jam.

Mangkhut telah memporak-porandakan Pulau Guam dan Marshall di Pasifik, menyebabkan banjir yang meluas dan listrik padam. Hingga Kamis pagi sebagian Guam masih gelap gulita.

Di Filipina, Topan Mangkhut mengingatkan orang akan keganasan Topan Haiyan pada 2013, yang telah menewaskan lebih dari 6.000 orang.

Kami siap menghadapi yang terburuk, ucap Lanelyn Carrillo, juru bicara World Vision, sebuah organisasi kemanusiaan. Ada ketakutan nantinya kami akan mengadapi badai seburuk Haiyan maupun Haima, kata dia saat berada di Kota Ilangan, Isabela, Provinsi Luzon, sebelah utara Ibu Kota Manila.

Provinsi di Luzon dan Pulau Visayas telah mengeluarkan peringatan untuk Topan Mangkhut, warga lokal menyebutnya Ompong. Badan Astronomi, Atmosfer, dan Geofisika Filipina mengatakan akan ada peningkatan bahaya menjelang kedatangan Topan Mangkhut.

Warga telah diperingati akan adanya gangguan listik dan telepon. Warga yang berada di dataran rendah maupun tinggi juga diperingatkan mengenai kemungkinan terjadinya banjir dan tanah longsor. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini