Dua WNI Jemaah Umrah Meninggal di Pesawat dalam Perjalanan Pulang ke Tanah Air

Kamis, 16 Januari 2020 18:29 Reporter : Merdeka
Dua WNI Jemaah Umrah Meninggal di Pesawat dalam Perjalanan Pulang ke Tanah Air Pesawat Lion Air. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Dua warga negara Indonesia yang sedang dalam perjalanan pulang dari ibadah umrah meninggal di pesawat Lion Air rute Jeddah-Surabaya pada Minggu malam lalu.

WNI yang meninggal itu adalah Saringa Albadiah dan Suwadi.

Lion Air pun kemudian mengalihkan penerbangannya ke Sri Lanka untuk pendaratan darurat. Kini, kedua jenazah sudah tiba di Indonesia pada Kamis pagi (16/1).

"Dua WNI jamaah umrah yang sedang dalam perjalanan pulang ke Indonesia menggunakan maskapai Lion Air telah meninggal dunia karena sakit," ujar Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu RI Judha Nugraha dalam pesan singkat kepada Liputan6.com.

Kemlu dan KBRI Kolombo telah membantu pengurusan repatriasi jenazah dan berkoordinasi dengan otoritas terkait. Dua jenazah WNI telah tiba pagi tadi di Jakarta," lanjutnya.

1 dari 2 halaman

Ketika insiden kesehatan itu terjadi, Lion Air langsung mengalihkan penerbangan ke Bandara Internasional Bandaranaike di Kolombo.

Hingga kini belum jelas penyebab kematian dua WNI itu. "Penyebab kematian masih diteliti lebih lanjut oleh Kemenkes," ujar Judha.

Begitu tiba di Indonesia, kedua jenazah langsung ditangani oleh Karantina Bandara dan Badan Kesehatan dan Penelitian Kementerian Kesehatan.

Berdasarkan rencana, kedua jenazah sedang diterbangkan ke Surabaya. Keduanya memang dijadwalkan pulang ke Surabaya via Lion Air.

2 dari 2 halaman

Pihak Lion Air menyebut pesawat berangkat dari Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah menuju Bandara Juanda di Surabaya dengan nomor penerbangan JT-085.

Pesawat itu terbang dari Jeddah pada Minggu malam kemarin waktu setempat dan dijadwalkan tiba pada Senin kemarin.

Pihak Lion Air berkata pesawat melakukan pendaratan darurat ketika ada penumpang bernama Saringa Abdillah yang butuh penanganan medis, namun tidak tertolong. Setelah mendarat, Suwadi juga dinyatakan sakit.

"Lion Air menyampaikan rasa turut prihatin dan rasa duka cita mendalam atas meninggalnya dua tamu jemaah yang dimaksud," kata pernyataan resmi Lion Air.

Reporter: Tommy Kurnia

Sumber: Liputan6.com [pan]

Baca juga:
Kisah Suami Istri Umrah dari Malang Pakai Sepeda, Doa Minta Hamil Langsung Terkabul
Umrah ke Tanah Suci, Ricky Harun Bawa Anak Serta Istri yang Sedang Hamil Besar
Kemenag akan Cabut Moratorium Pendaftaran Izin Travel Umrah
Permintaan Umrah Tanah Air Terus Naik Didorong Kemudahan Regulasi
Menag akan Bantu Korban First Travel Berangkat Umroh
BPKH Dorong Traveloka Cs Masuk Sistem Pelayanan Terpadu di Arab Saudi

Topik berita Terkait:
  1. Umrah
  2. WNI
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini