Dua Korea sepakat renovasi dan modernisasi jalan tol Korea Utara

Sabtu, 30 Juni 2018 13:08 Reporter : Pandasurya Wijaya
Dua Korea sepakat renovasi dan modernisasi jalan tol Korea Utara jalan tol korea. ©Nk News

Merdeka.com - Kementerian Unifikasi Korea Selatan (MOU) dua hari lalu merilis pernyataan tentang kesepakatan antara Seoul dan Pyongyang untuk mendorong proses perbaikan modernisasi jalan tol di Korea Utara. Kedua negara juga sepakat menggelar penelitian bersama.

Pernyataan ini diumumkan setelah ada pertemuan sehari dua Korea di Desa Panmunjom di Zona Larangan Militer. Kedua pejabat negara menegaskan kembali komitmen April mereka untuk memordenisasi rute jalan tol Kyongui dan rute laut timur dekat perbatasan kedua negara.

"Makin ke depan, kami berencana untuk melanjutkan kerja sama ini secara simultan," kata pernyataan MOU, seperti dilansir laman NK News, Sabtu (30/6).

Kesepakatan ini akan memastikan kerjasama dua kedua Korea untuk memodernisasi dua jalur utama jalan tol Korea Utara: rute Kosong-Wonsan dan rute Kaesong-Pyongyang.

"Kontruksi dan standar modernisasi untuk rute laut timur dan Kyongui akan meliputi jalan, fasilitas keselamatan, manajemen fasilitas, dan struktur. Pembangunan ini akan mengikuti standar internasional dan sejalan dengan karakter di wilayah ini," kata pernyataan MOU.

Jalan tol Kaesong-Pyongyang dilaporkan sebagian sudah direnovasi. Pada April lalu di jalan tol itu terjadi kecelakaan bus yang menewaskan 32 warga China dan empat orang Korea Utara. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini