Di Laut Terdalam yang Bisa Dijangkau Manusia, Ilmuwan Temukan Sampah Plastik

Selasa, 14 Mei 2019 17:27 Reporter : Pandasurya Wijaya
Di Laut Terdalam yang Bisa Dijangkau Manusia, Ilmuwan Temukan Sampah Plastik ilustrasi survei laut terdalam. ©Courtesy Discovery/Five Deeps Expedition

Merdeka.com - Sebuah wahana bawah laut buatan Amerika Serikat yang dikendarai seorang penyelam baru saja mencapai laut terdalam yang bisa dijangkau manusia. Ketika kembali ke permukaan sang penyelam membawa kabar buruk: ada sampah plastik di bawah sana.

Victor Vescovo mengarungi bawah laut hingga kedalaman 10.957 meter dengan wahana Challanger Deep di kawasan selatan Samudera Pasifik di palung laut Mariana sebagai bagian dari misi untuk mencapai lokasi laut terdalam di dunia.

Dilansir dari laman CNN, Selasa (14/5), Vescovo menjalani beberapa rute hampir sepanjang 11 kilometer menuju dasar laut, salah satunya ditempuh dalam waktu empat jam. Timnya mengatakan Vescovo membukukan rekor dalam sejarah sebagai manusia pertama yang menyelam solo di kedalaman itu. Rekor sebelumnya dicatat oleh sutradara film Titanic, James Cameron, pada 2012.

Selain empat spesies baru yang bisa memberikan informasi tentang kehidupan awal di Bumi, Vescovo juga menemukan kantong plastik dan bungkus permen di titik terdalam planet bumi itu.

Rincian perjalanan Vescovo yang berlangsung 1 Mei lalu akhirnya dirilis kemarin.

Vescovo, seorang penyandang dana berusia 53 tahun yang punya latar belakang kelautan, mengatakan kepada CNN Travel, perjalanannya ke laut dalam adalah untuk menguji ketahanan tubuh manusia sebagai bagian dari temuan ilmiah.

"Menurut saya, manusia mempunyai kecenderungan ingin menjalani hal yang ekstrem," kata Vescovo.

"Ini adalah bagian dari naluri manusia yang ingin menguji batas terjauh kekuatannya dan inilah yang menjadikan kita sebagai spesies yang seperti sekarang."

Misi ekspedisi yang dijalankan Vescovo ini meliputi pemetaan sonar di lima titik terdalam di samudera. Sebelum palung Mariana di Samudera Pasifik, Vescovo dan timnya sudah merampungkan survei di palung Puerto Rico di Samudera Atlantik, palung Sandwich selatan di selatan Atlantik, dan palung Jawa di Samudera Hindia. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini