7 Cara pintar mengatur uang

    Reporter : Destriyana | Kamis, 8 November 2012 10:28

    7 Cara pintar mengatur uang
    Ilustrasi menabung. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/Bevan Goldswain

    Merdeka.com - Mengatur uang lebih dari sekadar membuka rekening tabungan. Kepiawaian Anda dalam mengatur uang harus mencakup hal-hal kecil yang terkadang tidak terpikir. Apa saja? Berikut adalah tujuh cara pintar mengatur uang, seperti dilansir Allwomenstalk.


    1. Jangan terlalu sering pergi

    Anda mungkin akan terkejut ketika tahu berapa uang yang telah Anda habiskan ketika hang out. Jadi, batasi acara jalan-jalan Anda keluar, semisal sekali seminggu.

    2. Memotong kebutuhan yang tidak perlu

    Periksa semua tagihan yang Anda dapatkan setiap bulan. Adakah kebutuhan yang tidak terlalu penting? Misalnya, Anda memasang WiFi di rumah dan ternyata jarang menggunakannya. Maka, sebaiknya berhenti berlangganan dan simpan uang Anda untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

    3. Membuka rekening tabungan

    Salah satu cara terbaik untuk mengatur uang adalah dengan membuka rekening tabungan. Kemudian Anda bisa menyisihkan sedikit uang dari gaji bulanan untuk ditabung ke bank.

    4. Menghindari pembelian kecil

    Hindari pembelian barang-barang kecil yang sebetulnya tidak Anda butuhkan, seperti membeli camilan, ngopi, dan tetek bengek lainnya. Ini mungkin sulit pada awalnya, tetapi Anda harus bersabar.

    5. Berpikir sebelum membeli

    Sebelum membeli suatu barang, tanyakan ini pada diri Anda "Apakah saya benar-benar membutuhkannya?". Atau jika tidak, ulangi pertanyaan ini "Mampukah saya membelinya sekarang?" Berpikirlah sebelum Anda membeli sebuah barang.

    6. Meninggalkan kartu kredit di rumah

    Meninggalkan kartu kredit di rumah adalah cara paling bijaksana untuk menghemat pengeluaran. Bawalah kartu kredit ketika itu memang dibutuhkan. Jika tidak, biarkan saja itu tersimpan dengan aman di rumah.

    7. Mencari diskon

    Ini tips terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menghemat keuangan. Ketika berbelanja, pastikan Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk menunggu diskon. Biasanya, bulan-bulan tertentu, seperti tahun baru dan hari raya besar, memberikan banyak penawaran sale dengan harga cukup miring. Lumayan!

    Anda harus lebih pintar dalam mengatur keuangan, jika ingin berhemat. Lalu, apa yang Anda lakukan dalam mengatur keuangan? Yuk bagi tips Anda kepada sahabat merdeka lainnya!

    [des]

    Rekomendasi Pilihan

    KUMPULAN BERITA
    # Top List

    Komentar Anda



    BE SMART, READ MORE