Wujudkan 1 juta rumah, pemerintah siapkan Rp 17 T untuk hunian murah

Jumat, 24 Februari 2017 19:00 Reporter : Faiq Hidayat
Wujudkan 1 juta rumah, pemerintah siapkan Rp 17 T untuk hunian murah Pembangun rumah KPR. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Pemerintah telah menyiapkan anggaran Rp 17 triliun untuk program fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) pada tahun ini. Pada 2014 biaya untuk program FLPP secara nasional Rp 4 triliun, pada 2015 naik menjadi Rp 9 triliun, dan pada 2016 naik lagi menjadi Rp 12 triliun.

"Kalau dari sisi anggaran, untuk program FLPP ini terus meningkat setiap tahun," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dikutip dari Antara, Semarang, Jumat (24/2).

Dia mengatakan, pada 2015, dengan anggaran tersebut mampu terealisasi 700.000 rumah sederhana untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan pada 2016 naik menjadi lebih dari 800.000 rumah sederhana.

"Mudah-mudahan di tahun ini tembus hingga satu juta rumah, memang anggaran ini kami tingkatkan dalam rangka mendukung terealisasinya program satu juta rumah," katanya.

Menteri Basuki mengatakan untuk merealisasikan target tersebut, pemerintah menggandeng sejumlah asosiasi pengembang perumahan, di antaranya Real Estate Indonesia (REI) dan Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi).

Dia mengatakan program FLPP merupakan program pemerintah untuk memberikan akses kepada MBR agar memiliki rumah sendiri. Dia mengapresiasi langkah berbagai pihak yang telah berperan dalam menyukseskan pemberian akses untuk MBR agar memiliki rumah sendiri. [bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini