Wapres JK Ingatkan Kepala Daerah Tak Perlu Lobi Proyek ke DPR

Kamis, 9 Mei 2019 19:15 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Wapres JK Ingatkan Kepala Daerah Tak Perlu Lobi Proyek ke DPR Jusuf Kalla. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Wakil Presiden, Jusuf Kalla meminta kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro agar menyusun keuangan daerah dengan adil. Harapannya agar daerah tidak perlu melobi-lobi proyek kepada pihak DPR.

"Bappenas selalu menyusun keuangan yang adil. Tak usah lagi daerah lobi terus menerus di DPR atau menambah DAK-nya sebagainya," kata JK saat menutup kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019 di Shangri-La Hotel , Jakarta, Kamis (9/5).

Dia meminta kepada para kepala daerah untuk mengutarakan atau melobi langsung kepada para menteri. Agar dalam proyek tersebut tidak disalah gunakan oleh pihak-pihak tertentu.

"Patut disadari bahwa puluhan Bupati, berada ditangkap KPK karena itu. Jadi bicara keraslah dalam pertemuan para menteri, tapi setelah itu diterima dengan baik apa yang ada," kata JK.

"Karena apabila satu daerah ditambah maka ada cara lain yang dikurangi. Itu artinya kalau lobi penting, bicara proyek yang potensial, tapi tak usah lewati lobi dengan calo-calo membayar kepada teman-teman di DPR, sehingga berakibat hukum yang tidak baik," lanjut JK.

Hal tersebut kata JK bertujuan agar para kepala daerah tidak lagi terjerat KPK. Terlihat kata dia terdapat 20 Gubernur yang sudah masuk Sukamiskin dan 9 Menteri.

"Ini untuk menjaga kalian juga itu termasuk ke DPRD agar juga mempunyai hal seperti itu. Tidak ada negara yang sebanyak itu di negara. Mudah-mudahan itu kita tidak bertambah lagi lah, karena itu kita harapkan daerah menjaga harkat dan kejujurannya menjaga hal-hal seperti itu," ungkap JK. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini