Tiket Pesawat Mahal, Pemudik Lewat Jalur Darat Diprediksi Naik 10 Persen

Selasa, 7 Mei 2019 20:17 Reporter : Dwi Aditya Putra
Tiket Pesawat Mahal, Pemudik Lewat Jalur Darat Diprediksi Naik 10 Persen Lion Air. ©2018 humas lior air

Merdeka.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) memprediksi akan terjadi kenaikan volume kendaraan untuk jalur darat pada masa mudik Lebaran 2019. Menurutnya, peningkatan ini terjadi karena harga tiket pesawat yang masih tinggi.

Kepala Sub Bidang Operasional dan Pemeliharaan II BPTJ, Joko santoso mengatakan, mahalnya tiket pesawat tersebut justru membuat masyarakat beralih dan menggunakan moda transportasi darat. Sebab, jika hitung-hitung biaya pengeluaran akan jauh lebih hemat, ketimbang melalui penerbangan udara.

"Prediksinya naik 10 persen (jalur darat) dari yang lalu karena ada dampak dari kenaikan tarif pesawat sebenarnya, jadi akan ada peningkatan beralih ke penggunaan kendaraan pribadi," katanya saat ditemui di Jakarta, Rabu (7/5).

Seperti diketahui, polemik harga tiket pesawat saat ini masih menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah Joko Widodo. Badan Pusat Statistik (BPS) pun mencatat kenaikan harga tiket telah berdampak pada penurunan penumpang domestik sebesar 21,94 persen dari 7,73 juta Maret tahun lalu menjadi 6,03 juta Maret tahun ini.

Sebelumnya juga, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memperkirakan jumlah penumpang angkutan udara pada masa mudik Lebaran 2019 akan berkurang karena masih tingginya harga tiket pesawat terbang.

"Ya kalau tahun lalu angkutan udara kira-kira tumbuhnya 4 persen ya, dan kalau tahun ini sekitar 10 persen pindah ke angkutan lain, seperti laut dan darat juta kereta api untuk menampungnya," kata Budi Karya di lingkungan istana kepresidenan Jakarta, Jumat (3/5). [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini